Biografi Syaikh Sa’id Ramadhan Al-Buthi

 
Biografi Syaikh Sa’id Ramadhan Al-Buthi
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi Laduni.ID

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.    Karya-Karya
5.    Chart Silsilah Sanad
6.    Referensi

1.Riwayat Hidup dan Ke;uarga

1.1 Lahir
Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi yang mempunyai nama lengkap Muhammad Sa’id ibnu Mula Ramadhan ibnu Umar Al-Buthi lahir pada tahun 1929 di Desa Jilka, Pulau Buthan (Ibn Umar), sebuah kampung yang terletak di bagian utara perbatasan antara Turki dan Irak. beliau berasal dari suku Kurdi, yang hidup dalam berbagai tekanan kekuasaan Arab-Irak selama berabad-abad.

1.2 Wafat
Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi wafat diserang bom bunuh diri tepat saat beliau mengisi Taklim di Masjid Jami' Al-Iman di Kota Damaskus, Suriah, ba'da Maghrib hari Kamis, 21 Maret 2013. Beliau Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi adalah salah seorang tokoh ulama dunia yang menjadi sumber rujukan masalah-masalah keagamaan.

Ketika kritikan terhadap tradisi Maulid dan dzikir berjamaah, misalnya, dilontarkan para pengklaim “muslim sejati”, Al-Buthi hadir menjawab kritikan itu. Tak tanggung-tanggung, dalil yang digunakan sama persis dengan dalil yang diambil para pengkritik itu.

Kata Al-Habib Ali Al-Jufri, "Aku telah menelefonnya dua minggu lepas dan beliau (Dr. Ramadhan Al-Buti) berkata pada akhir kalamnya, Tidak tinggal lagi umur bagi aku melainkan beberapa hari yang boleh dikira’. Sesungguhnya aku sedang mencium bau syurga dari belakangnya. Jangan lupa wahai saudaraku untuk mendoakan aku"

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi mendapatkan Pendidikan agama pertama dari sang ayah. Belaiu mempelajari tentang aqidah, sirah nabi, ilmu alat, nahwu, dan Sharaf. Beliau sanggup menghafal kitab Alfiyah Ibnu Malik dan mampu menghafal 1.000 bait sya’ir kitab tersebut, padahal usia beliau masih 4 tahunan. Dan pada usia 6 tahun beliau sudah khatam Al-Qur'an.

Syaikh Said Ramadhan Al-Buthi juga menempuh pendidikan di Ma’had At-Taujih Al-Islamy Damaskus, di bawah bimbingan al-‘allamah Syaikh Hasan Habannakeh rahimahullah, dan pada tahun 1953 M beliau menyelesaikan pendidikannya. Di usia beliau yang belum melewati 17 tahun, beliau telah mampu naik mimbar untuk menjadi khatib.

Pada tahun tersebut menuju Cairo Mesir dan meneruskan studinya dengan spesialisasi ilmu Syariah hingga memperoleh Ijazah Licence. Pendidikan Diplomanya (setingkat S2) beliau ikuti di Fakultas Bahasa Arab. Pada tahun 1965, beliau menyelesaikan program Doktornya di Universitas Al-Azhar dengan predikat Mumtaz Syaf ‘Ula. Disertasi beliau, “Diawabit al-Mashlahah fi asy-Syari’at al-Islamiyyah” mendapatkan rekomendasi Jami’ah Al-Azhar sebagai “Karya tulis yang layak dipublikasikan”.

2.2 Guru-Guru
1. Syekh Mula Ramadhan (ayah)
2. Syekh Hasan Habannakah.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
Selulusnya dari Al-Azhar, Al-Buthi kembali ke Damaskus. beliau pun diminta untuk membantu mengajar di Fakultas Syari’ah pada tahun 1960, hingga ber­turut-turut menduduki jabatan struktural, dimulai dari pengajar tetap, menjadi wa­kil dekan, hingga menjadi dekan di fakul­tas tersebut pada tahun 1960.

Lantaran keluasan pengetahuannya, beliau dipercaya untuk memimpin sebuah lembaga penelitian theologi dan agama-agama di universitas bergengsi di Timur Tengah itu. Tak lama kemudian, Al-Buthi diutus pimpinan rektorat kampusnya untuk melanjutkan program doktoral bidang ushul syari’ah di Al-Azhar hingga lulus dan berhak mendapatkan gelar doktor di bidang ilmu-ilmu syari’ah.

Aktivitasnya sangat padat. beliau aktif mengikuti berbagai seminar dan konfe­rensi tingkat dunia di berbagai negara di Timur Tengah, Amerika, maupun Eropa. Hingga saat ini beliau masih menjabat salah seorang anggota di lembaga pene­li­tian kebudayaan Islam Kerajaan Yordania, anggota Majelis Tinggi Pena­sihat Yayasan Thabah Abu Dhabi, dan anggota di Majelis Tinggi Senat di Universitas Oxford Inggris.

4. Karya-Karya
Syaikh Sa’id Ramadhan Al-Buthi adalah seorang penulis yang sangat produktif. Karyanya menca­pai lebih dari 60 buah, meliputi bidang syari’ah, sastra, filsafat, sosial, masalah-masalah kebudayaan, dan lain-lain. Be­berapa karyanya yang dapat disebutkan di sini, antara lain:
1. Al-Mar‘ah Bayn Thughyan an-Nizham al-Gharbiyy wa Latha‘if at-Tasyri’ ar-Rabbaniyy,
2. Al-Islam wa al-‘Ashr,
3. Awrubah min at-Tiqniyyah ila ar-Ruhaniyyah: Musykilah al-Jisr al-Maqthu’,
4. Barnamij Dirasah Qur‘aniyyah,
5. Syakhshiyyat Istawqafatni,
6. Syarh wa Tahlil Al-Hikam Al-‘Atha‘iyah,
7. Kubra al-Yaqiniyyat al-Kauniyyah,
8. Hadzihi Musy­ki­latuhum,
9. Wa Hadzihi Musykilatuna,
10. Kalimat fi Munasabat,
11. Musyawarat Ijtima’iyyah min Hishad al-Internet,
12. Ma’a an-Nas Musyawarat wa Fatawa,
13. Manhaj al-Hadharah al-Insaniyyah fi Al-Qur‘an,
14. Hadza Ma Qultuhu Amama Ba’dh ar-Ru‘asa‘ wa al-Muluk,
15. Yughalithunaka Idz Yaqulun,
16. Min al-Fikr wa al-Qalb,
17. La Ya‘tihi al-Bathil,
18. Fiqh as-Sirah,
19. Al-Hubb fi al-Qur‘an wa Dawr al-Hubb fi Hayah al-Insan,
20. Al-Islam Maladz Kull al-Muj­tama’at al-Insaniyyah,
21. Azh-Zhullamiyyun wa an-Nuraniyyun
.

5. Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru Syekh Sa’id Ramadhan Al-Buthi dapat dilihat DI SINI.

6. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: kmamesir.org


Artikel ini sebelumnya diedit pada tanggal 24 Agustus 2022 dan kembali diedit kembali dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 21 Maret 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya