Kisah Inspiratif: Sifat Alami Kambing

 
Kisah Inspiratif: Sifat Alami Kambing
Sumber Gambar: Ilustrasi/Pradipta Paramita

Laduni.ID, Jakarta – Seorang pria tengah berjalan di sebuah kebun, tiba-tiba ia mendengar suara hewan yang nyaring merintih. Ia menghampiri asal suara tersebut dan didapatilah seekor kambing yang terjerat oleh jebakan petani.

Kambing tersebut terlihat kesakitan terjebak entah sejak berapa lama. Pria itu lalu menolong kambing yang ia temui dengan membuka jerat pada kaki kambing tersebut. Setelah dilepas, kambing tersebut lalu menyeruduk si pria dan kembali kabur. Nahasnya, tidak lama kemudian kambing tersebut terjerat lagi oleh jebakan petani lain di lokasi yang berbeda.

Si pria menghampiri kambing itu dan kembali melepas jebakannya. Setelah dilepas kambing itu kembali menyeruduk si pria, lalu seseorang yang melihat itu kemudian bertanya,

“Mengapa kamu masih mau menolong kambing itu, padahal kamu sudah diseuduk olehnya?” kata orang tersebut.

Si pria kemudian menjawab, “Kambing itu menyerudukku karena sifat alaminya, sedangkan menolong adalah sifat alamiku.”

Sahabat, bukan karena seseorang menyakiti dirimu atau perasaanmu, lantas dapat merubah sifat alamimu. Jangan pernah hilangkan sifat kebaikan dalam dirimu, tetapi bijaksanalah dan belajarlah dari pengalaman.

Apa yang orang lain pikirkan dan katakan tentangmu, bukanlah masalah buatmu. Selalu berpikir positif dan berusahalah tetap berada di jalan kebenaran, sebab hanya ketaqwaanlah yang akan kita bawa menghadap Allah SWT.


Editor: Daniel Simatupang