Filosofi Hidup Adalah Seperti Kopi

 
Filosofi Hidup Adalah Seperti Kopi
Sumber Gambar: Dominika Roseclay dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Banyak orang ketika sedang bersantai, secangkir kopi biasanya selalu menemani. Tak jarang juga, ketika sambil duduk saat bekerja sambil menyeruput minuman ini. Bahkan ketika sedang merasakan pusing dengan berbagai macam problem pun menenangkan lewat secangkir kopi.

Penikmat kopi bukan hanya laki-laki saja melainkan perempuan pun banyak yang menyukainya. Selain itu, kopi juga banyak sekali manfaat bagi tubuh seperti dilansir dari Healthline kopi dapat turunkan risiko kanker, tingkatkan energi dan pungsi otak, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Kopi bukan hanya minuman saja, melainkan terdapat makna filosofi di dalamnya seperti kehidupan. Hidup kita seperti kopi. Cangkirnya adalah pekerjaan, jabatan dan harta benda yang kita miliki.

Cangkir bukanlah yang utama, kualitas kopilah yang terpenting. Tak membiarkan cangkir mempengaruhi kopi yang dinikmati.

Kunci menikmati kopi bukanlah seberapa bagus cangkirnya tapi seberapa bagus kualitas kopinya.

Memilih hal yang terbaik adalah wajar dan manusiawi. Persoalannya, ketika tidak dapat cangkir yang bagus, perasaan mulai terganggu. Secara otomatis pula melihat cangkir yang dipegang orang lain dan mulai membandingkanya. Pikiran terfokus pada cangkir, padahal yang dinikmati adalah kopinya.


Editor: Nasirudin Latif