Ziarah Makam KH. Fathurrahman Kafrawi, Menteri Agama ke-2

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Fathurrahman Kafrawi, Menteri Agama ke-2
Sumber Gambar: Capture Youtube Suaidi Bakhtiar

Laduni.ID, Jakarta – KH. Fathurrahman Kafrawi adalah seorang Menteri Agama ke-2 dari NU, beliau Menteri Agama tersingkat yang pernah ada, yaitu menjabat selama 10 bulan (2 Oktober 1946-26 Juli 1947). KH Fathurrahman Kafrawi lahir di di Tuban, Jawa Timur pada 10 Desember 1901. Beliau merupakan anak dari pasangan KH Kafrawi, seorang penghulu Tuban di masa penjajahan Belanda, dengan Nyai Aisyah.

KH Fathurrahman memulai pendidikannya di Pondok Pesantren Jamseran, Solo, setelah itu beliau melanjutkan pendidikan di Mekkah dan Mesir selama 10 tahun, hingga akhirnya memutuskan melanjutkan studi di Leiden, Belanda, di Perancis, juga di Inggris. Tak ayal, KH Fathurrahman dikenal sebagai seorang polyglot, atau orang yang mahir berbagai Bahasa.

Walau menjabat sebagai Menteri Agama dalam waktu singkat, KH Fathurrahman telah berhasil membuat kebijakan, yang beberapa diantaranya masih dipakai hingga saat ini. Diantara peninggalan beliau adalah peratiran terkait Pencatatan Nikah, Talak, dan Rujuk (NTR) yang ditetapkan dalam UU. No. 22 Tahun 1946, mewajibkan mata pelajaran agama di semua sekolah negeri dan swasta, serta Maklumat Kementerian Agama No. 5 Tahun 1947.

Beliau adalah sosok yang sederhana dan terbuka, dikenal dekat dengan rakyat kecil, serta mudah menerima perbedaan.

Lokasi Makam

KH. Fathurrahman Kafrawi wafat pada 2 September 1969 di Jakarta, beliau dimakamkan di Makam Islam Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsang, Yogyakarta. Di makam Karangkajen sendiri banyak para tokoh pahlawan nasional yang dimakamkan di sini, diantaranya KH. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas Lc., M.Ag (tokoh Muhammadiyah), Lafran Pane (pendiri HMI), termasuk KH. Fathurrahman Kafrawi (Menteri Agama ke-2).


Editor: Daniel Simatupang