Munas-Konbes NU 2021 Digelar Hari Ini, Kiai Said Beri Masukan ke Pemerintah Terkait Penanganan Covid

 
Munas-Konbes NU 2021 Digelar Hari Ini, Kiai Said Beri Masukan ke Pemerintah Terkait Penanganan Covid
Sumber Gambar: Dokumentasi/Istimewa

Laduni.ID, Jakarta – Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) mulai dilaksanakan hari ini di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Seluruh peserta yang hadir dalam Munas-Konbes NU 2021 telah menjalani berbagai serangkaian protokol kesehatan, mulai dari menunjukkan bukti vaksinasi hingga tes usap antigen yang dilakukan bersamaan dengan registrasi peserta.

Ketua Pelaksana Munas-Konbes NU 2021, Juri Ardiantoro mengatakan bahwa protokol kesehatan juga diterapkan di setiap lokasi munas.

“Meskipun tidak dilakukan sebagaimana biasanya (Munas-Konbes NU 2021 sebelum masa pandemi), mudah-mudahan tak mengurangi makna penting dari forum kali ini,” ujarnya.

KH Said Aqil Siradj, Ketua Umum PBNU dalam sambutannya juga menegaskan bahwa pembatasan yang dilakukan selama Munas-Konbes ini merupakan bagian dari ikhtiar mengurangi dampak buruk dari pandemi covid 19.

“Mengawal pilar penting dalam Islam, yang menjadi salah satu maqashidis syariah (prinsip syariat), yakni hifdhun nafs (menjamin keselamatan jiwa),” kata beliau.

Beliau juga memberi masukan terkait penanganan covid di Indonesia serta menyampaikan bahwa NU siap mengawal program vaksinasi guna terbentuknya kekebalan kelompok dan Indonesia dapat keluar dari masa pandemi.

“Pemerintah perlu membatasi akses masuk bagi tenaga kerja asing, sampai situasi pandemi terkendali. Di sisi lain, masyarakat tidak boleh euforia dengan berbagai pelonggaran kegiatan masyarakat,” paparnya.


Editor: Daniel Simatupang