Kita Shalat Ied di Mana?

 
Kita Shalat Ied di Mana?
Sumber Gambar: Kiai Husein Muhammad (Foto: Dok Kiai Husein Muhammad)

Laduni.ID, Jakarta- Dalam forum pengajian aku ditanya: Shalat Ied di mana? Aku bilang : Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad yang tidak diberikan kepada nabi-nabi yang lain adalah tanah manapun di bumi ini bisa dijadikan masjid (tempat sujud). Di bagian bumi manapun muslim berada saat datang waktu shalat, lakukanlah di di situ. 

Jabir bin ‘Abdillah menyampaikan Rasulullah SAW bersabda :
وَجُعِلَتْ لِىَ الأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا ، وَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِى أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلِّ
"Seluruh bumi dijadikan sebagai tempat salat dan untuk bersuci. Siapa saja dari umatku yang mendapati waktu salat, maka salatlah di tempat tersebut" (HR. Bukhari no. 438 dan Muslim no. 521).

أكدت دار الإفتاء المصرية، أن صلاة العيد سنة مؤكدة وليست بواجبة، ويجوز أداؤها فى الجماعة ومن فاتته يسن له أن يصليها منفردًا.
Lembaga fatwa Mesir menegaskan bahwa shalat Id adalah sangat dianjurkan dan tidak wajib. Ia boleh dikaksanakan berjamaah. Bila ketinggalan bisa dilaksanakan sendirian.
أصدرت هيئة كبار العلماء بالأزهر برئاسة الإمام الأكبر أحمد الطيب شيخ الأزهر، الأحد، بيانا للمسلمين حول العالم بشأن الأحكام المتعلقة بصلاة العيد، في ظل استمرار تفشي فيروس كورونا المستجد. .إنه يجوز أداء صلاة عيد الفطر المبارك في البيوت، بالكيفية التي تُصلى بها في المساجد والساحات، وذلك لقيام العذر المانع من إقامتها في المسجد 
..ويجوز أيضا أن يصليها الرجل جماعة بأهل بيته، كما يجوز أن يؤديها المسلم منفردا، وذلك انطلاقا من أن أعظم مقاصد شريعة الإسلام حفظ النفوس وحمايتها ووقايتها من كل الأخطار والأضرار".

Lembaga ulama besar Al Azhar yang dipimpin oleh Dr. Ahmad Thayyib, Syeikh al Azhar dalam penjelasannya terkait dengan hukum shalat Ied dalam situasi Pandemi Covid19, mengatakan : "Shalat Ied bisa diadakan berjamaah di rumah-rumah dengan cara sebagaimana di masjid atau di lapangan. Hal ini karena ada udzur atau kondisi yang membahayakan jika diadakan di masjid. Boleh juga shalat berjamaah dengan keluarga di rumahnya. Boleh juga salat sendirian. Ini berdasarkan kaidah bahwa tujuan utama syariat Islam adalah menjaga dan melindungi jiwa dari segala ancaman yang mengkhawatirkan dan bahaya".

Sementara itu
أعلنت الإمارات عبر المتحدث الرسمي باسم الهيئة الوطنية لإدارة الطوارئ والأزمات والكوارث أن صلاة عيد الأضحى ستقام في المنازل

Uni Emirat Arab mengumumkan sebagaimana disampaikan oleh juru bicara, yg mewakili komite nasional untuk penanganan keadaan darurat, krisis dan bencana bahwa shalat Id (hari raya) Adha, diselenggarakan di rumah- rumah.

Oleh       : Husein Muhammad (Fahmina Institute). Tulisan disadur dari FB Husein Muhammad. 
Editor     : Ali Ramadhan