Ingin Memelihara Kucing? 14 Ras Kucing Ini Mungkin Bisa Jadi Pertimbangan Kamu!

 
Ingin Memelihara Kucing? 14 Ras Kucing Ini Mungkin Bisa Jadi Pertimbangan Kamu!
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Selain anjing, kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Bahkan, Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang sangat disayangi bernama Muezza.

Berbeda dengan anjing, kucing merupakan hewan yang suci dan jauh dari najis. Oleh sebab itu, kucing menjadi hewan peliharaan favorit umat Islam. Hal itu juga sangat sejalan dengan Nabi Muhammad SAW yang sangat menyayangi kucing.

Pernah dikisahkan ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu.

Nah, jika kalian ingin memelihara seekor kucing, kalian wajib tahu 18 ras kucing tercantik dan paling banyak dipelihara di dunia.

  1. Kucing Exotic Shorthair

Kucing pertama yang paling cantic dan banyak diminati adalah Exotic Shorthair. Kucing ini sangat diminati oleh kalangan atas dan sangat popular di Amerika Serikat.

Exotic Shorthair adalah salah satu ras kucing yang merupakah hasil dari persilangan antara ras Persia dengan ras American Shorthair. Exotic Shorthair memiliki karakter, kepribadian, dan ciri fisik yang sama dengan ras Persia. Memiliki bulu yang pendek dan sifat yang berbeda dengan ras Persia.

  1. Kucing Siam

Kucing ini diakui sebagai kucing oriental dan salah satu ras kucing tertua di dunia. Fakta menarik dari kucing ini adalah warna bulunya dapat berubah ketika dipengaruhi oleh suhu tubuhnya. Warna bulu kucing ditentukan oleh beberapa set gen dan pola bulunya ditentukan oleh gen pengubah. Nah, kucing Siam memiliki gen pengubah khusus yang menghambat pigmen berkembang di bulunya, mengakibatkan albinisme.

Kucing ini banyak ditemui di Thailand, yang dulunya negara ini disebut Negara Siam. Oleh karena itu, kucing ini dinamakan Siamese Cat.

  1. Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail atau biasa disebut dengan ekor ekor bundel Jepang merupakan ras kucing yang unik dan kucing ini dipercaya sudah ada sejak abd ke-6. Ekor kucing Japanese Bobtail layaknya sidik jari manusia, ia memiliki tulang ekor tidak lebih dari tiga inci atau 7,6 cm, dan memiliki bentuk yang bermacam-macam.

Secara genetic, kucing ini berbeda dengan kebanyakan kucing yang ada di Jepang. Dikutip dari idntimes, Ekor pendek Japanese Bobtail merupakan hasil dari sebuah mutasi genetik alami. Mutasi ini juga dialami oleh ras kucing Manx. Namun, berbeda dengan Japanese Bobtail yang memiliki tubuh tinggi dan ekor pendek, ras kucing Manx bertubuh besar dan bulat dengan ekor pendek, bahkan tak berekor.

Menurut Cat Fanciers, gen Japanese Bobtail bersifat resesif, atau jarang muncul dan akan hilang dalam beberapa generasi saja. Oleh karena itu, anak dari dua kucing Japanese Bobtail tidak selalu berekor pendek. Kucing ini merupakan salah satu ras kucing kuat dan sehat, kebal penyakit, dan memiliki tingkat kematian anak kucing terendah.

Cat Fanciers’Association mendeskripsikan kepbribadian Japanese Bobtail sebagai penuh energi, suka bermain, penuh kasih sayang, dan ceria. Mereka suka berinteraksi dengan orang lain, terutama pemiliknya.

Hillspet menyebutkan bahwa Japanese Bobtail termasuk kucing yang cerdas. Mereka mengenali nama mereka sendiri dan akan merespon bila dipanggil.

  1. Kucing Abisinia

Abyssinian adalah salah satu jenis kucing kuno di dunia, karena kucing ini banyak ditemui dalam lukisan-lukisan dari zaman Mesir Kuno. Muminya juga banyak ditemukan dalam makam-makam bangsa Mesir Kuno.

Secara keseluruhan, kucing Abisinia tergolong sebagai kucing yang sehat. Namun, beberapa diantaranya memiliki penyakit keturunan yaitu defisiensi piruvat kinase. Piruvat adalah enzim yang mereka perlukan untuk metabolisme sel darah merah. Ketika mereka kekurangan enzim esensial ini, kucing sering mengalami anemia intermittent. Kondisi ini bisa ditemukan pada kucing Abisinia berusia enam bulan. Jika kalian berniat untuk memelihara kucing ini, hal diatas dapat dijadikan pertimbangan untuk mengadopsinya.

  1. Kucing American Curl

Keunikan kucing ini terletak pada telinganya yang melengkung, hal ini merupakan mutase genetik alami. Seorang ahli genetika kucing bernama Roy Robinson menemukan bahwa gen yang membuat telinga kucing ini melengkung adalah sifat dominan, sehingga kucing dengan hanya satu salinan gen akan terlahir dengan telinga melengkung.

American Curl adalah kucing yang ramah, penuh kasih sayang, dan jinak yang suka ikatan dengan pemiliknya. Namun, terlepas dari kasih sayang mereka, American Curl tidak cukup suka disentuh-sentuh — mereka hanya senang duduk di sebelah pemiliknya dan bersantai, atau bermain dengan mainan mereka.

  1. Kucing Toyger

Kucing Toyger merupakan satu-satunya spesies kucing di dunia yang memiliki corak seperti harimau. Toyger merupakan salah satu kucing Hybrid, atau spesies kucing baru yang dihasilkan dari persilangan dua spesies kucing berbeda.

Toyger memiliki ukuran fisik yang sama dengan kucing domestik lainnya. Namun kucing ini lebih berotot, tulang besar, dan bahu tinggi. Dikutip dari idntimes, hewan ini sering terkena penyakit murmur jantung yang dikaitkan dengan hypertrophic cardiomyopathy. Selain itu, kegemukan atau obesitas juga membuat kesehatan kucing toyger menjadi memburuk. Agar kondisi kesehatan kucing toyger selalu fit, kucing ini dituntut untuk selalu aktif bergerak.

  1. Kucing Ragdoll

Kucing ini masuk ke dalam rekor dunia sebagai kucing terbesar di dunia versi Guiness Book of Record. Sekilas kucing ini memang mirip dengan Kucing Siam, namun jika dilihat secara keseluruhan kedua kucing ini memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Anda akan langsung jatuh hati ketika pertama kali bertemu, bagaimana tidak, selain sifatnya yang gemas kucing ini sangat manja dan suka dielus dan mengelus kaki majikannya. Sekali saja Anda mengelusnya maka kucing ini akan merasa sudah dekat dengan Anda.

  1. Kucing Anggora

Ras alami Kucing Anggora berasal dari Turki pada awal abad ke-15. Kucing ini bisa cepat beradaptasi pada lingkungan dengan penuh cinta dan perhatian.

Kalua bosa, kucing ini akan mencoba untuk mencuri perhatian dengan menjatuhkan barang-barang karena memang sifat alaminya yang enerjik. Jadi, jangan biarkan dia sendirian. Kucing ini bisa meyayangi siapapun, pemiliknya, orang lain, anak-anak, bahkan bisa sangat akrab dengan hewan peliharaan lain.

  1. Kucing British Shorthair

British Shorthair adalah ras kucing tertua di Inggris dan dikenal dengan kemampuan berburunya yang hebat. Kucing ini memiliki bulu yang halus, tubuh yang gagah dan kuat, serta penampilan yang menggemaskan.

Kucing ini memiliki sifat yang menyukai ketenangan, kedamaian, dan kucing yang mandiri. Karena sifatnya yang sangat menyukai keheningan, kucing ini sangat bisa untuk ditinggal sendiri.

  1. Kucing Russian Blue

Kucing Ini memiliki penampilan yang gagah, oleh karenanya kucing ini sering dijadikan model dalam iklan maupun film. Russian Blue punya hobi yang unik, yaitu gemar berjemur di bawah sinar matahari.

Sifat utama dari kucing ini adalah pemalu. Yap, ketika pertama kali bertemu dengan pemiliknya, kucing ini akan merasa malu-maul. Namun tenang, keitak pertemuan selanjutnya ia akan menjadi sangat ramah dan aktif dengan pemiliknya. Sehingga bisa bersahabat dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya

  1. Kucing Scottish Fold

Scottish Fold adalah kucing yang menggemaskan. Bagaimana tidak, dengan kuping yang terlipat dan wajahnya yang seperti burung hantu, kucing ini mampu membuat luluh siapa saja yang melihatnya. Kebiasaan alami kucing ini juga sopan, patuh dan sangat penuh kasih sayang.

  1. Kucing Siberia

Kucing Siberia adalah kucing yang lincah, pintar, ceria, dan penuh kasih saying. Kucing ini bisa bergaul dengan anak-anak dan hewan peliharan lainnya. Kucing Siberia ini sangat menaruh curiga pada orang asing, bahkan kucing ini sangat tidak suka bila dibelai oleh oaring yang tidak dikenal.

  1. Kucing Persia

Kucing persia pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang gemuk, besar, dan tambun. Selain itu, yang menjadi khas juga dalam kucing persia ini adalah bentuk hidungnya yang pesek, wajahnya terlihat bulat, dan memiliki bulu yang panjang. Jika diamati dari samping, dahi, hidung, dan dagu terlihat sangat datar. Kucing persia juga memiliki sifat yang manja.

Kucing persia hasil persilangan dengan ras kucing lainnya biasanya beberapa ciri-cirinya hilang. Ada yang mempunyai warna bulu baru, hidung yang sedikit mancung, bentuk tubuh yang lebih ramping dari kucing Persia pada umumnya, dan ada pula yang mempunyai bulu yang lebih pendek

  1. Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah kucing terbesar dari ras kucing domestik, kucing ini juga sangat kuat, perkasa, dan dapat beradaptasi dengan iklim yang berat. Kucing Maine Coon memiliki tempramen yang lembut dan menyenangkan. Mereka juga setia dan penuh kasih sayang dengan pemiliknya.

Maine coon adalah kucing berbadan besar dan tinggi dengan berat jantan sekitar 6-9 kg dan betina sekitar 4-6 kg. Tubuhnya dapat mencapai ketinggian hingga sekitar 1 meter. Maine coon merupakan kucing yang kuat dan berotot. Kucing ini memiliki pertumbuhan dewasa yang lama, yaitu sekitar 3-5 tahun.

 

Semoga ini bisa menjadi pertimbangan jika anda memutuskan untuk memelihara kucing.

https://jalantikus.com/ragam/kucing-tercantik-di-dunia-indonesia/?fbclid=IwAR35aCL82PqNxLSR9HUv04MVpFjI_5fnsghAb4ddlTbrTSSB1-lYC9axPis