Tata Cara Shalat Sunnah Lailatul Qadar

 
Tata Cara Shalat Sunnah Lailatul Qadar
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta -  Salah satu peristiwa yang memiliki banyak keistimewaan dan hikmah pada bulan Ramadhan adalah malam lailatul qadar. Pasalnya, pada malam tersebut dianggap lebih baik daripada beribadah di bulan lain sekalipun selama seribu bulan. Hal tersebut hingga membuat banyak orang berlomba lomba dalam meraihnya.

Salah satu cara yang ditempuh adalah bisa dengan mengamalkan ibadah sebanyak-banyaknya, termasuk shalat sunnah Lailatul Qadar.

Baca Juga: 3 Tanda Orang Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Sulthonul Auliya As Syaikh Abdul Qodir Jaelani

Shalat malam Lailatul Qadar adalah shalat yang diamalkan pada bulan Ramadhan, utamanya saat datangnya malam Lailatul Qadar. Barang siapa yang mendirikan shalat lailatul qadar Allah akan mengampuni dirinya dan kedua orang tuanya dan Allah Ta’ala akan mengutus Malaikat untuk menanam (untuknya) pepohonan di Surga.

عن ابن عباس عن النبي عليه الصلاة والسلام انه قال من صلي في ليلة القدر ركعتين يقرأ في كل ركعة بفاتحة الكتاب مرة
 والاخلاص سبع مرات فإذا سلم يقول استغفر اللـه واتوب إليه فلا يقوم من مقامه حتى يغفر الله له ولأبويه ويبعث الله تعالي ملائكة إلى الجنان يغرسون له الاشجار و يبنون القصورو يجرون الانهار ولايخرجون من الدنيا حتى يرى ذلك كله

Dari Nabi Muhammad Saw, bahwasannya beliau bersabda: “barangsiapa yang menjalankan shalat pada malam lailatul qadar sebanyak 2 (dua) rakaat, di dalam setiap rakaatnya setelah membaca Al Fatihah (1) satu kali, kemudian membaca surat Al-Ikhlas 7 (tujuh) kali dan setelah salam membaca Astaghfirullahal azhiim wa atubu ilaih 70 (tujuh puluh) kali, maka selama dia mendirikannya Allah akan mengampuni dirinya dan kedua orang tuanya dan Allah Ta’ala akan mengutus Malaikat untuk menanam (untuknya) pepohonan di Surga, membangun gedung-gedung dan mengalirkan sungai-sungai didalamnya, dan dia ( orang yang menjalankan shalat lailatul qadar ) tidak akan keluar dari dunia sehingga dia pernah melihat seluruhnya. (HR. Ibnu Abbas).

Baca Juga: Keistimewaan dan Amalan Malam Lailatul Qadar

Adapun cara melakukan shalat sunnah lailatul qadar tersebut adalah sebagai berikut:

Dilaksanakan dengan sedikitnya 2 Rakaat 1 kali salam atau 4 raka’at satu kali salam tanpa tasyahud awal, hingga 12 rakaat.

Niatnya jika 2 Raka’at:

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

“Ushalli Sunnata lailatil Qadri Rak’ataini Lillahi Ta’aalaa”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah lailatil qadr dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Niatnya jika 4 Raka’at:

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلّٰهِ تَعَالٰى

“Ushalli Sunnata lailatil Qadri Arba’arakaatin Lillahi Ta’aalaa”

Baca Juga: Amalan Doa Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Sunah Nabi

Artinya: “Saya niat shalat sunnah lailatil qadr empat rakaat karena Allah Ta’ala”

Laksanakan seperti syarat rukun shalat, dengan bacaan tiap rakaat, setelah membaca fatihah, kemudian membaca surat ikhlas 7 x atau At-Takatsur 1 x kemudian Al ikhlas 3 x atau Al-Qadr (inna anjalnahu fii lailatul Qadr, hingga Akhir surat) sebanyak 3 x.

 

صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ