Tips Mengatasi Pusing Saat Berpuasa

 
Tips Mengatasi Pusing Saat Berpuasa
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Banyak orang yang mengeluhkan pusing ketika menjalani puasa di bulan Ramadhan. Biasanya diakibatkan oleh tekanan darah yang terlalu rendah sehingga mengakibatkan pusing saat menjalankan ibadah puasa.

Pusing merupakan hal yang wajar ketika sedang menjalani puasa Ramadhan di siang hari. Bisa disebabkan oleh kekurangan cairan, kekurangan darah, kekurangan energi atau masalah dalam kesehatan.

Baca Juga: Tips Mengenali Aib Diri Sendiri dari Imam Al Ghazali

penyebab pusing dalam menjalani ibadah puasa biasanya disebabkan oleh faktor perubahan yang terjadi dari kebiasaan sehari hari. Berpuasa membuat perubahan yang drastis seperti makan dan minum menjadi berubah. Tentu hal tersebut harus diimbangi dengan pola makanan sehat untuk meminimalisir terjadinya pusing saat menjani puasa Ramadhan disiang hari.

Berikut Laduni.ID rangkum dari berbagai sumber tips mengatasi pusing saat berpuasa.

Baca Juga: Cara Mencegah Bau Mulut Pada Waktu Berpuasa

Pertama makan sahur dengan gizi seimbang
Pada saat melakukan ibadah sahur agar mengkonsumsi makanan yang bergizi. Mulai dari karbohidrat kompleks, protein hewani, protein nabati, dan serat dari sayur dan buah. Dalam mengkonsumsi makan sewajarnya saja jangan berlebihan dan jangan kurang.

“Makan berlebihan ketika sahur dapat mengakibatkan mempercepat lapar dan berpotensi darah rendah sehingga mengakibatkan kepala pusing ujar Dokter Umum Zul Achmad Fauzan”.

Kedua konsumsi kandungan salsilat
Dengan mengkonsumsi kandungan salsilat pada buah kurma dipercaya dapat menjaga tahan tubuh dan dapat meredam dan menghilangkan sakit kepala, nyeri dan demam saat menjalankan aktivitas puasa disiang hari.

Ketiga Cegah dehidrasi
"Otak manusia sebagian besar terdiri dari air dan sangat sensitif terhadap jumlah air yang tersedia untuk itu. Ketika otak mendeteksi bahwa persediaan air terlalu rendah, ia mulai memproduksi histamin," " kata Dr Shevel.

Baca Juga: Kiat Puasa Agar Tidak Hanya Mendapatkan Lapar dan Dahaga

Hal tersebu berarti menandakan tubuh memulai semua proses penjatahan dan konservasi air untuk melindungi otak. Histamin secara langsung menyebabkan rasa sakit dan kelelahan - tanda sakit kepala dan energi rendah. Dr Dhevel menyarankan agar minum air banyak saat sahur dan berbuka puasa.