Karir atau Menikah Muda

 
Karir atau Menikah Muda
Sumber Gambar: Koleksi Laduni.ID

Assalamu’alaikum mbak Nur,
Mbak, saya ingin bertanya. Umur saya 19 tahun, baru tamat SMK tahun ini . Ibu saya menyuruh cepat-cepat menikah mbak, sedangkan saya masih ragu untuk segera menikah dan juga belum memiliki calon suami.

Saya juga ingin bekerja dulu mbak. Bagaimana solusi yang baik agar tidak membuat ibu saya tersinggung ? Terima kasih ya mbak, atas solusinya.
Wassalamualaikum.

W Solo

 

Tanggapan :
Wa’alaikum salam yang baik.
Memang, kalau seorang ibu sudah berbicara terkait masa depan yang akan kita jalani sedangkan di satu sisi kita ingin mengambil keputusan yang lain, bisa membuat galau. Coba Tanya pada dirimu sendiri, apakah kamu saat ini sudah siap untuk menikah?Kesiapan seseorang untuk menikah tidaklah diukur dari ingin atau tidaknya menikah, tetapi dimulai dari memperbaiki dan memantaskan diri menjadi pendamping hidup walaupun belum bertemu jodohnya.

Baca juga: Merasa Depresi Karena Tidak Ada yang Menyukai, Saya Harus Bagaimana?

Sampaikanlah kepada ibu, sikap yang ingin diambil  jika ingin menunda pernikahan beserta alasan yang jelas. Penundaan pernikahan dengan diiringi mempersiapkan mental dan ilmu merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan agar kelak bisa menjalani pernikahan dengan harmonis.  

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS Al Hujurat : 13)

Baca juga: Menikah, Ini yang Harus Kamu Pahami Supaya Pernikahan Langgeng

Berikan target umur menikah, sehingga ibu lebih tenang. Bukalah pertemanan seluas-luasnya untuk memperbesar kesempatanmu mendapatkan calon pasangan. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah agar diberikan pasangan yang sholeh dan bisa menjadi pemimpin di keluargamu kelak.
Semoga ibu berkenan menerima penjelasan  dan ikhlas mendoakan demi kebaikan.
Salam semangat.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun