Rawat Tradisi, GP Ansor Sukaluyu Cianjur Peringati Isra' Mi'raj

 
Rawat Tradisi, GP Ansor Sukaluyu Cianjur Peringati Isra' Mi'raj

LADUNI.ID, Jakarta - Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) Kecamatan Sukaluyu Cianjur mengadakan pengajian dalam rangka memperingati Isro Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan ini berlangsung di Kampung Cicantu Girang RT 02 RW 03 Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur, Rabu (24/2/2021) malam.

Mengawali pengajian Isro Mi'raj tersebut, para jamaah dari lingkup masyarakat sekitar dibagi masker serta disuguhi dengan sajian pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan Sholawat kader PAC Ansor Kecamatan Sukaluyu meski diliputi hujan gerimis.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Sukaluyu Aap menyampaikan, peringatan Isro Mi’raj ini dilaksanakan rutin tiap tahun. Kegiatan tersebut salah satunya bertujuan untuk mengekspresikan rasa kecintaan para jamaah terhadap Rasulullah SAW.

"Kegiatan ini merupakan pertanda bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW serta cara kita dalam merawat tradisi Ahlusunnah Waljamaah Annahdliyyah," ujar Aap, sebagaimana disampaikan kepada Laduni.id, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Rois Syuriah MWC NU Sukaluyu Ajengan Ayi Juanda, Ketua MUI Desa Hegarmanah KH Husna, Ketua Karang Taruna Desa Hegarmanah Agus Bahtiar, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Sukaresmi, Ketua PAC GP Ansor Cikalong Kulon, Satgas Ansor Peduli Covid-19, Kepala Desa Hegarmanah KH Ayi Abdullah beserta jajarannya.

“Kini telah terjadi fenomena dimana ada kelompok kecil tapi berisik yang gencar membid'ah-bid'ahkan tradisi dan amaliah yang biasa dilakukan jamaah Nahdlatul Ulama. Maka kita jadikan momentum acara ini sebagai bentuk penguatan pemahaman amaliah kita,” ucap Aap.

Lebih jauh, Aap mengingatkan akan peran serta gerakan pemuda Ansor dalam upaya menjaga nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan oleh para alim ulama sebagai pewaris para nabi terhadap kita sebagai umatnya.

Penceramah yang mengisi pengajian pada kegiatan tersebut adalah Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Haurwangi ajengan Erik Basyir. Dalam tausiahnya, ia menyampaikan akan perlunya menjaga tradisi Isro Mi'raj sebagai wujud dan upaya memperkuat ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah Wathoniyah dan ukhuwah Basyariah, serta bisa mengambil pelajaran diturunkannya perintah shalat lima waktu bagi umat Islam.(*)

***

Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Mihrob