Biografi Nyai Hj. Hadinijah Hadi Ngabdulhadi, Anggota DPR RI 1955

 
Biografi Nyai Hj. Hadinijah Hadi Ngabdulhadi, Anggota DPR RI 1955

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Menjadi Pengajar
3.2  Kiprah di Nahdlatul Ulama
3.3  Terjun ke Politik

4.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Nyai Hj. Hadinijah Hadi Ngabdulhadi lahir pada tanggal 5 Januari 1928 M, di Purwokerto.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Nyai Hj. Hadinijah Hadi Ngabdulhadi memulai pendidikkannya dengan belajar di Muallimat dalam Sekolah Guru Putri Islam. Kemudian, setelah belajar di Muallimat beliau pindah ke Barabai, Kalimantan Selatan.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Menjadi Pengajar
Di Barabai tersebut, Nyai Hadinijah aktif mengajar di Sekolah Rakyat Islam Haruyan sejak 1945 hingga 1947 M. Kemudian pindah mengajar di Muallimat Barabai hingga 1949 M.

Selain sibuk mengajar, Nyai Hadinijah juga terlibat dalam organisasi kewanitaan. belia pernah menjabat Ketua Cabang Perwani (Persatuan Wanita Indonesia) Barabai. Beliau juga pernah menjadi Wakil Ketua Cabang Gappika (Gerakan Pemuda Pemudi Kalimantan) Barabai.   

Pada 1950 M, Nyai Hadinijah pindah ke Desa Balong, Kecamatan Kandat, Kediri, Jawa Timur. Di tempat baru ini, beliau kembali mengajar di Sekolah Rakyat Islam di kampung barunya tersebut.

3.2 Kiprah di Nahdlatul Ulama
Pada 1950 M, Nyai Hadinijah Hadi Ngabdulhadi aktif dalam kepengurusan Konsul Muslimat NU Jawa Timur.

3.3 Terjun ke Politik
Dari tiga partai yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 1955 M, Partai NU memiliki jumlah terbesar dalam keikutsertaan perempuan.

PNI dan Masyumi yang sama-sama mengantarkan 57 tokohnya sebagai anggota, hanya empat orang perempuan yang ikut. Sedangkan NU yang mengantarkan 45 orang di parlemen, satu di antaranya adalah Nyai Hadinijah Hadi Ngabdulhadi.

Nyai Hadinijah Hadi Ngabdulhadi terpilih secara tidak langsung dalam Pemilu 1955 M, karena pada saat itu beliau menggantikan Hj. Fatah Jasin yang berhalangan tetap sebagai anggota parlemen. Karena berhalangan hadir itulah Nyai Hadinijah Hadi Ngabdulhadi terpilih menjadi anggota parlemen dari Dapil Jawa Timur.  Posisinya sebagai Ketua Konsul Muslimat NU Jawa Timur. 

4. Referensi
Nu Online

Artikel ini sebelumnya dibuat pada tanggal 23 Februari 2021 dan diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 5 Januari 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya