Biografi H. Muhammad Laily Mansur

 
Biografi H. Muhammad Laily Mansur
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Daftar Isi Biografi H. Muhammad Laily Mansur

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Mengajar di Lembaga Pendidikan
  6. Salah Satu Pendiri PMII

Kelahiran

H. Muhammad Laily Mansur lahir pada 6 Juni 1937, di Desa Pematang Benteng Alabio, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Beliau merupakan putra terakhir dari tujuh bersaudara, dari ayah yang bernama H. Mansur bin H. Seman bin Abu Kasim, seorang ulama (tuan guru) terkenal di Alabio yang hidup tahun 1845 sampai 1959.

Saudara-saudara beliau di antaranya adalah Siti Sapura, HM Afenan, Zubaidah, Adawiyah, Salahuddin, Muhammad Ali, dan terakhir Laily Mansur.

Wafat

H. Laily Mansur meningal dunia pada hari Selasa tanggal 4 Agustus 1988 sekitar pukul 11.00 WITA siang. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman Alkah Kerukunan Warga Amuntai Banjarmasin (KWAB) di Jalan A. Yani km. 22 Banjarbaru.

Keluarga

Setelah berhasil menempuh pendidikan di Mesir tahun 1967, Laily Mansur kembali ke kampung halaman. Setelah berada di kampung halaman, beberapa bulan kemudian, Laily menikah dengan gadis yang masih tergolong tetangganya, yaitu Siti Asiah puteri KH. Baderun, seorang ulama terkemuka di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang juga mantan Qadli di Amuntai, dan karenanya masyarakat sering menyebut beliau dengan gelar “Tuan Qadli”.

Dari perkawinannya itu, beliau dikaruniai enam orang anak yang terdiri atas tiga putra dan tiga putri yaitu Hadiannor, Muzainah, Irfannoor, Nida Fitria, Mona Rahmawati, dan Ahmad Zaki.

Pendidikan

Ayah beliau, H. Mansur dikenal sebagai ulama yang terkenal hidup sederhana atau bahkan tergolong ekonomi lemah. Meski demikian, kondisi lemah ekonmi tersebut tak mengurangi semangat Laily untuk menuntut ilmu pengetahuan. Hal ini terlihat dengan kemauannya mencari ilmu sejak di kampung halaman, hingga ke luar daerah kendati tanpa dukungan dana yang memadai dari orang tuanya.

Sebelum  kuliah di Solo, pendidikan yang pernah ditempuh bermula dari Sekolah Rakyat yang ada di kampungnya ketika  berusia enam setengah tahun. Setelah menempuh kurang lebih 6 tahun dan menamatkan sekolah ini tahun 1952. Setelah itu, melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Islam Pertama (SMIP) di Alabio.

Setelah tamat SMIP di Alabio,  berkeinginan meneruskan sekolah ke luar daerah yakni ke Jawa. Walaupun dana dari orang tua sangat minim untuk menunjang keinginannya itu, namun berkat bantuan dari beberapa anggota keluarga dan juga masyarakat yang berkemampuan, keinginan itupun akhirnya dapat terealisasi. Laily Mansur remaja dengan bekal seadanya berangkat ke Semarang dan memasuki pendidikan di Sekolah Menengah Atas Bagian C (ekonomi).

Pada tahun 1958,  meneruskan pendidikan di Fakultas Hukum Islam atau Kuliyatul Qadla di UNU Surakarta.

Pada tahun 1962, Laily Mansur remaja berangkat kuliah di Jurusan Filsafat Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar, Mesir. Setelah belajar beberapa tahun dan memperoleh gelar Lission of Philosofi (L.Ph) pada tahun 1967.

Mengajar di Lembaga Pendidikan

Laily dewasa mengabdikan diri di masyarakat dengan mengajar di Madrasah Tsanawiyah Swasta di desa Sungai Tabukan Alabio. Selain itu juga mengajar di PGA Alabio dan sekarang diubah namanya menjadi Pesantren As-Syafi’iyah. Pada kedua sekolah/madrasah ini, mengajar selama dua tahun yaitu tahun 1968 dan 1969. pada tahun kedua juga mulai ikut memberi kuliah di Fakultas Ushuluddin di Amuntai.

Pada tahun 1971,  diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil pada Fakultas Ushuluddin Amuntai. Dengan diangkatnya sebagai pegawai, mengharuskan untuk berdomisili ke Amuntai dan berhenti mengajar pada kedua madrasah tadi. Kemudian dengan tak diduga sebelumnya, pada tahun 1973,  diangkat menjadi pejabat Kepala Kantor Perwakilan Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara, walaupun pangkatnya baru Penata Muda (III/a). Jabatan ini tidak lama dipegangnya sekitar satu tahun.

Sebagai tokoh ulama, HM Laily Mansur juga aktif mengisi ceramah di berbagai forum. Hal ini didukung oleh kedalaman ilmu keislamannya dalam beberapa aspek terutama ilmu kalam, filsafat dan tasawuf. Performa sebagai ulama merupakan paduan antara ulama tradisional dengan modern. Sebagai ulama tradisional ditandai kedekatannya dengan pengajian kitab-kitab kuning (klasik) dan tidak asing memakai sorban dan jubah jika diperlukan, dan beliau pakarnya dalam faham dan pemikiran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja).

Pada tahun 1974  diangkat menjadi Dekan Fakultas Ushuluddin Amuntai. Jabatan ini berlangsung hingga tahun 1977. Karirnya dalam pemerintahan terus meningkat, kemudian diangkat menjadi Wakil Rektor II IAIN Antasari Banjarmasin dari tahun 1977 sampai tahun 1983. Jabatan ini membidangi masalah kepegawaian dan keuangan. Kemudian menjadi Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari Banjarmasin. Jabatan ini dipegangnya selama dua periode yaitu dari 1983 sampai 1990.

Setelah masa jabatan Dekan tersebut berakhir, kemudian tahun 1996, Departemen Agama di Jakarta memberi kepercayaan mengangkat  menjadi Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Kalimantan Selatan. Jabatan ini dipegangnya dua tahun, sampai tahun 1997.

Salah Satu Pendiri PMII

Pada tahun 1958, menorehkan sejarahnya sebagai salah satu dari 13 pendiri PMII. Menjelang berdirinya PMII tahun 1960, Laily ikut aktif bersama Mustahal Ahmad dan kawan-kawannya di PTAINU dalam perkumpulam Keluarga Mahasiswa NU Surakarta. Sebelumnya, komunitas tersebut dirintis Mustahal Ahmad, seorang mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Cokroaminoto Surakarta, pada tahun 1955.

Bersama Nuril Huda Suaidi, Laily Mansur menjadi utusan dari Surakarta untuk mengikuti musyawarah mahasiswa NU se-Indonesia di Surabaya pada April 1960, yang kelak menghasilkan keputusan terbentuknya PMII.

Ketika PMII benar-benar lahir, Solo menjadi salah satu deklarator, ada juga tiga universitas yang ikut menyokong berdirinya PMII di Solo, yaitu Universitas Cokroaminoto (Pada tahun 1975 dileburkan menjadi AAN sebelum menjadi Universitas Sebelas Maret atau UNS), PTAINU, dan Universitas Islam Indonesia (sekarang SMA al-Islam Solo). PMII Solo akhirnya dideklarasikan di Loji Wetan pada akhir November 1960. []


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 11 Februari 2021, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa tanggal 06 Juni 2023.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya