Biografi KH. Mahfudz Cholil Lasem

 
Biografi KH. Mahfudz Cholil Lasem

Daftar Isi Profil KH. Mahfudz Cholil Lasem

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Melawan Penjajah
  4. Teman Seperjuangan

Kelahiran

KH. Mahfudz Cholil atau yang kerap disapa dengan panggilan Gus Fud lahir pada tahun 1920, di Lasem. Beliau merupakan putra dari KH. Qayyum bin KH. Cholil Lasem salah satu pendiri NU.

Dari garis ibu juga ada pertalinan kerabat dengan KH. Abdullah Salam Kajen dan KH. Syansuri Badawi Denanyar. 

Wafat

KH. Mahfudz Cholil wafat tahun 1973, pada usia 53 tahun. Makam beliau berada di sebelah selatan Makam Mbah Sambu, hanya berjarak 6 meter. Mudah ditemui, jika berjalan menuju pintu masuk makam Mbah Sambu, sebelumnya peziarah akan menemukan makam Kiai Mahfudz.

Melawan Penjajah

Jiwa pejuang KH. Mahfudz Cholil menurun dari kakek jalur ibu yaitu bernama Kiai Mahfudz ayah dari KH Sahal Mahfudz Kajen Pati, yang gugur dalam Perang Palagan Ambarawa melawan penjajah, wilayah perjuangan Panglima Besar Jendral Soedirman. 

Pasca perjuangan fisik, di masa damai mengundurkan diri dari militer kembali ke pesantren atau pengabdian di masyarakat berpangkat Letnan, sebagian teman beliau mengurus status veteran, ada pula yang melebur/ masuk TNI melalui proses seleksi pangkat, tes baca tulis dan lain-lain. Sebagaimana tertulis dalam sejarah Laskar Mujahidin Hizbullah, PETA, BKR, TKR sampai pembentukan TNI.

Tahun 1966 beliau menjadi Kordinator Latihan Tutup Tahun Wisuda AKABRI dulu bernama AMN, Posko latihan berpusat di Soditan Lasem. Berupa latihan darat, laut dan terjun payung di Pemotan, Sedan dan Lapangan sekarang jadi Pasar Lasem.  Saat itu gihadiri langsung Jenderal Ahmad Taher selaku Gubernur AKMIL, pemerintah kemudian memberikan Piagam Penghargaan atas suksesnya latihan tersebut. Ahmad Taher kemudian menjadi menteri, termasuk Jenderal Agum Gumelar menantunya dan anaknya.

Teman Seperjuangan

Teman seperjuangan KH. Mahfudz Cholil antara lain KH. A Hamid Syarif Pohlandak, KH. Zubair ayah KH. Maemun Zubeir Sarang, dan Kolonel Suyono mantan Bupati Jember.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya