Biografi KH. Harits Dimyathi Tremas

 
Biografi KH. Harits Dimyathi Tremas
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Harits Dimyathi Tremas

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Mengasuh Pesantren
  6. Teladan
  7. Karya-Karya
  8. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Harits Dimyathi lahir pada tahun 1932, di Tremas. Beliau merupakan putra bungsu dari delapan bersaudara, dari pasangan KH. Dimyathi Abdullah dan ibunya Nyai Khotijah.

Wafat

Kiai Harits Dimyathi wafat pada tahun 1995. Pesarean beliau berada di makam gunung Lembu Desa Tremas, bersama dengan para sesepuh Tremas lainya. Dan tiap hari makamnya selalu ramai diziarahi oleh para santri. 

Wasiat terakhirnya yakni agar Pesantren Tremas tetap selalu menjaga jatidirinya sebagai pesantren salaf seperti ketika pesantren ini didirikan pertama kalinya oleh KH Abdul Manan Dipomenggolo pada tahun 1830 M. 

Keluarga

Kiai Harits Dimyathi menikah dengan salah satu putri Hadratusyyekh KH. Hasyim Asy'ari Tebuireng, yang bernama Fathimah. Namun mahligai rumah tangganya bersama putri pendiri NU itu tidak berlangsung lama. Kemudian, Kiai Harits menikah kembali dengan Nyai Hadiyah yang berasal dari Jatimalang, Arjosari, Pacitan. Dari pernikahan itu, Kiai Harits dikarunia empat orang putra-putri; Kiai Hammad Al Alim, Nyai Jihan Al Janin, Kiai Luqman Al Hakim, dan Gus Mu'adz.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya