Biografi KH. Dahlan Kholil, Pengasuh Pesantren Darul Ulum Rejoso

 
Biografi KH. Dahlan Kholil, Pengasuh Pesantren Darul Ulum Rejoso

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Menjadi Pengasuh Pesantren
3.2  Masa Penjajahan

4.    Chart Silsilah Sanad
5.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Dahlan Kholil diperkirakan lahir pada 12 Sya'ban 1317/15 Desember 1899 M (jika dikonversikan), di Rejoso. dengan nama bayi Khusni. Beliau merupakan anak pertama dari Kyai Kholil Al-Juraemi dan Nyai Siti Fatimah binti Tamim Irsyad.

1.2 Keluarga
KH. Dahlan Kholil menikah dengan Nyai Siti Fatimah, putri Kyai Ahmad Corogo, Jombang. Dari pernikahannya, beliau dikaruniai 3 putra dan 2 putri. Anak-anak beliau di antaranya:
1. Kyai Muhammad,
2. Nyai Siti Aisyah,
3. Nyai Mahmud,
4. Nyai Hafshah,
5. Kyai Abdul Hamid.
Dua putra terakhir wafat di usia mereka menginjak remaja.

15 tahun kemudian, sekitar tahun 1950 M, Nyai Siti Fatimah meninggal dunia. Sehingga hal ini membuat KH. Dahlan menikah lagi dengan cucu KH. Hasyim Asyari yang bernama Nyai Zubaidah (Sholihah). Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai tiga anak, yakni:
1. Kyai Kholil Dahlan,
2. Kyai Chozin Dahlan,
3. Nyai Cholishah Dahlan.

1.3 Wafat
​KH. Dahlan Kholil wafat pada tahun 25 Syaban 1377 H atau berteparan 16 Maret 1958 M. Banyak ulama maupun santri merasa kehilangan atas kepergian beliau.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
KH. Dahlan Kholil memulai pendidikannya dengan belajar langsung kepada ayahnya. Setelah usia menginjak 12 tahun, beliau diajak ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji, ini sesungguhnya memang dipersiapkan untuk memberi wawasan dan semangat padanya agar kelak beliau nyantri di negara ini.

Menurut catatan harian yang beliau tulis sendiri, beliau mulai nyantri di Makkah pada tahun 1343 H/1923 M. Tahun ini bertepatan dengan munculnya peristiwa pergolakan kaum Wahabi suatu gerakan keagamaan yang dipimpin secara langsung oleh Raja Saud, sang pendiri kerajaan Saudi Arabia, di mana gerakan ini dalam perkembangannya digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab untuk menghancurkan situs-situs sejarah Islam.

Selama tinggal di Makkah, karir pendidikannya berjalan amat cepat, sehingga beberapa waktu kemudian beliau dapat menempati posisi sebagai guru besar di majelis taklim Syafi'iyah dan tilawatil Qur'an di Masjid Al Haram. Tentunya hal itu diperolehnya setelah beliau hafal Al-Qur’an. Demikian pula di Lembaga Madrasah Darul 'Ulum Makkah. Satu lembaga pendidikannya yang dikelola olehnya bersama masyarakat Indonesia dan Malaya beliau telah di percaya sebagai Kepala Guru yang mengatur jalannya manajemen kulikulir.

Setelah bertahan selama tiga belas tahun nyantri di tanah suci, akhirnya, pada tahun 1931 M. KH. Dahlan kembali ke Tanah Air, beliau melanjutkan pendidikannya dengan memperdalam ilmu hadis kepada KH. Hasyim Asyari di Tebuireng, Jombang.

2.2 Guru-Guru
1. Kyai Kholil Al-Juraemi (ayah),
2. KH. Hasyim Asyari, Pesantren Tebuireng Jombang.

3. Penerus

3.1 Murid-Murid
- Kyai Masduqi Abdurrahman Perak Jombang,
- Kyai M. Yusuf Masyhar Tebuireng,
- Kyai Ghozali,
- Kyai Mujahid Tumpang Malang.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Menjadi Pengasuh Pesantren
KH. Dahlan Kholil merupakan pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, beliau selalu menggunakan waktunya dengan kegiatan ajar-mengajar, terutama mengajar apa yang selama ini menjadi spesialisasi keilmuannya baik tatkala beliau belajar dari ayahnya, KH. Hasyim Asyari, maupun dari para ulama Makkah yaitu Al-Qur’an, ilmu tafsir, dan ilmu Hadis. Spesialisasi keilmuan inilah yang kemudian membuat ia selalu disegani di Lajnah Tashihul Mushaf Al-Qur’an di Indonesia.

3.2 Masa Penjajahan
Pada masa transisi kemerdekaan, KH. Dahlan Kholil juga aktif dalam perlawanan melawan penjajah. Kala itu, Darul Ulum menjadi markas Laskar Hisbullah dan Laskar Hizbul Wathon. Bahkan adik beliau, Bisri Kholil juga turut bergabung menjadi bagian dari Laskar Hizbullah.

4. Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Dahlan Kholil Rejoso dapat dilihat DI SINI.

5. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
tafsiralquran.id
syeikhyasinalfadani.blogspot.com


Artikel ini sebelumnya diedit pada tanggal 5 September 2022, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 16 Maret 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya