Kisah Habib Ja’far Alkaf Menunjukkan Kewaliannya

 
Kisah Habib Ja’far Alkaf Menunjukkan Kewaliannya

LADUNI.ID, Jakarta - Suatu saat kami dan rombongan berziarah ke beberapa makam para wali, khususnya yang di daerah Demak, Kudus dan Jepara. Di Jepara menziarahi makam Al-Wali Sayid Abubakar di Pulau Panjang.

Sepulangnya dari Pulau Panjang, kami berencana untuk bersilaturahmi kepada Al-Habib Jafar bin Muhammad Alkaf. Waktu itu beliau tinggal di Hotel Palm Beach Jepara. Sekitar jam 5 sore kami sampai di tempat beliau. Waktu itu tamu beliau sangat banyak. Mereka menunggu di depan Cottage yang ditempati Habib Ja'far. Beliau punya kebiasaan, jika belum bersedia menerima tamu maka pintu kamarnya di kunci.

Tidak lama menunggu, tiba-tiba pintu kamar terbuka. Dan langsung berkata “Novel karo rombongan mlebu disek” (Novel dan rombongannya masuk terlebih dahulu). Agak terkejut. Datang paling akhir tapi disuruh masuk terlebih dahulu. Masukklah kami.

Sesampainya di dalam kamar, beliau langsung berkata kepadaku, “Aku ngerti kowe bar ziarah wali, mongko tak disekno” (Aku tau engkau habis ziarah wali, makanya aku dahulukan). Mak Degg. Habib Jafar tahu kalau kami habis berziarah. Subhanallah.

Alhamdulillah di dalam kamar disambut suka cita. Beliau tertawa-tawa. Bahkan kopi pun diseduhkan langsung oleh beliau. Sambil mengaduk kopi beliau berkata, “Kae wali, iki yo wali” (Itu wali dan ini juga wali). Sambil menunjuk diri beliau sendiri. Maksudnya, yang kami ziarahi itu adalah waliyullah dan beliau sendiri juga waliyullah.

Lalu beliau berkata, “Mau Sayid Abubakar mrene, kon ndisekno kowe karo rombongan” (Tadi Sayid Abubakar ke sini dan menyuruhku untuk mendahulukan kamu). Maksudnya, Sayid Abubakar Pulau Panjang yang kami ziarahi datang secara ruhani kepada beliau dan berkata hal tersebut.

Sambil menunjuk tamu-tamu yang di luar, beliau berkata, “Kae mrene ora ziarah wali sek” (mereka datang ke sini tidak berziarah wali terlebih dahulu).

Dua jam lebih kami berada di dalam kamar. Dan banyak hal yang beliau bicarakan serta seluruh rombongan didoakan oleh beliau. “Lancar Berkah Manfaat”. Itulah inti doa beliau.

Inilah salah satu keistimewaan ziarah kepada wali yang sudah wafat lalu menuju wali yang masih hidup. Untuk para wali dan khususnya Habibana Ja'far bin Muhammad Alkaf, Lahumul Fatihah.(*)

***

Penulis: Nauval Mutahar
Editor: Muhammad Mihrob