Pesantren Nurul Huda Al Islami Pekanbaru

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Nurul Huda Al Islami Pekanbaru

Profil

Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami berdiri pada tahun 1997, hingga saat ini berarti Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami sudah berjalan dua puluh enam tahun. Nomor statistik Madrasah (NSM) Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami (Madrasah Tsanawiyah) Nurul Huda Al-Islami telah berdiri sejak tahun 1997 dengan Nomor Statistik Madrasah (NSM) 212147101019, keberadaan Madrasah yang berada ditingkat pertama inilah yang menjadi salah satu alasan yang mengilhami berdirinya lembaga pendidikan yang setingkat lebih tinggi, sehingga diharapkan abiturent yang telah menamatkan pendidikan di jenjang pertama yang notabene baru selesai dari wajar 6 tahun dapat terus melanjutkan pendidikannya ditingkat lanjutan menengah pertama.

Proses pendirian madrasah ini memakan waktu lebih kurang tiga tahun. Selain untuk menampung lulusan dari siswa yang telah menamatkan ditingkat Dasar, pendirian Madrasah ini juga didasari atas adanya dorongan dari orang tua murid yang anaknya menamatkan pendidikan ditingkat Madrasah Dasar untuk dapat meneruskan pendidikan dijenjang selanjutnya, sehingga selain dapat meneruskan pendidikan formal di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami juga terus melanjutkan pendalaman materi keagamaan melalui pengajian (mondok) di Yayasan pondok pesantren ini, selain dari itu juga merasa kehadiran lembaga pendidikan dirasa dapat membantu ketertiban lingkungan baik pada jangka pendek atau panjang karena anak-anak di sekitar lingkungan yayasan dapat terkonsentrasi pada pendidikan yang ada.

Sedangkan masyarakat sekitar dapat menemukan tempat sandaran bagi persoalan-persoalan keagamaan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari untuk diselesaikan menurut kaidah agama di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami yang kelak memiliki berbagai jenjang pendidikan. Juga karena keberadaan yayasan ini dirasa telah terbukti ikut partisipasi aktif dalam upaya turut mencerdaskan sumberdaya manusia yang berilmu dan berakhlakul karimah, yakni perpaduan antara pengetahuan duniawiyah yang diramu dengan ilmu agama untuk bekal ukhrawiyah.

Sebagaimana misi yayasan yang menjadi sebuah payung dari lembaga pendidikan, maka Madrasah Tsanawiyah ini tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di sebuah lembaga penyelenggara pendidikan, yakni Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda alIslami (YPPNH) yang dipimpin oleh KH. Maqsudi Jamsari yang bergerak dibidang pendidikan formal maupun non formal. Yayasan ini sendiri mulai berdiri secara moral atau cikal bakal sejak tahun 1982, tetapi baru dijadikan legal formal dihadapan Notaris pada tanggal 22 Juni 1999 yang dipatenkan melalui sartifikat Notaris No. 67 atas nama Tito Utoyo, SH.

Tingkat pendidikan yang akan dicapai oleh yayasan ini, sebagaimana tercantum dalam akte pendirian yayasan disebutkan bahwa yayasan akan mendirikan lembaga pendidikan mulai dari tingkat TamanKanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi Islam. Menindak lanjuti hal inilah, maka yayasan terus berbenah diri mengembangkan sayapnya dengan mendirikan jenjang pendidikan setingkat lanjutan yang diberi nama Madrasah Tsanawiyah Miftahul Hidayah.
Pendiri
KH. Maqsudi Jamsari
Pengasuh
KH. Maqsudi Jamsari

Pendidikan

Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Pekanbaru memiliki dua jenjang pendidikan yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), dan
masing-masung jenjang ini terdapat dua lembaga; yakni formal dan nonformal dengan nama yang berbeda, yaitu: Madrasah Tsanawiyah Miftahul Hidayah(Formal), Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda (Nonformal), Madrasah Aliyah Miftahul Hidayah (Formal), dan Madrasah Aliyah Nurul Huda (Nonformal). 
Unit Pendidikan 
1. RA Atqiya
2. MI Atqiya
3. Madrasah Tsanawiyah Miftahul Hidayah(Formal)
4. Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda (Nonformal)
5. Madrasah Aliyah Miftahul Hidayah (Formal)
6. Madrasah Aliyah Nurul Huda (Nonformal). 

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler di Pesantren Nurul Huda Al Islami yang bisa diikuti santri antara lain:
1. Tahsin dan Tahfidz Al-Qur'an
2. Kajian Kitab
3. Muhadharah
4. Manaqib
5. Barjanzi
6. Pramuka
7. Silat Pagar Nusa
8. Tilawatil Qur'an
9. PMR
10. Jurnalistik
11. Seni Hadrah Al Habsyi
12. Nasyid
13. Komputer
14. Olahraga: Sepakbola, Senam, Voli, Basket, Tenis Meja
15. Ketrampilan hidup/Life Skill: Kursus  komputer, Sablon, pertanian, Pertukangan, Kerajinan, Menjahit.



Hadrah di Pesantren Nurul Huda Al Islami


Silat di Pesantren Nurul Huda Al Islami

Fasilitas

Fasilitas di Pesantren Nurul Huda Al Islami   :
1. Gedung Pesantren dan Sekolah
2. Masjid
3. Gedung Asrama
4. Perpustakaan
5. Koperasi Pesantren
6. Labotarium IPA
7. Labotarium Komputer
8. Labotarium Bahasa
9. Klinik Kesehatan
10. Kantor
11. Kantin
12. Lapangan Olahraga
13. MCK
14. Sanitasi


Gedung Pesantren di Pesantren Nurul Huda Al Islami


Gedung Sekolah di Pesantren Nurul Huda Al Islami

Alamat

 


 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.