Ustadz Ma’ruf Khozin: Kalimat Azan Sudah Pakem dari Rasulullah SAW

 
Ustadz Ma’ruf Khozin: Kalimat Azan Sudah Pakem dari Rasulullah SAW

LADUNI.ID, Jakarta - Belakangan ini, beredar video seorang dengan jamaahnya mengumandangkan azan atau shalat dengan penambahan kalimat “Hayya ‘ala al-Jihad”. Sontak, video yang tidak lazim ini mengundang komentar dari berbagai ulama di Indonesia, tak terkecuali Ustadz Ma’ruf Khozin.

Ustadz Ma’ruf Khozin yang juga Ketua Pengurus Wilayah (PW) Aswaja NU Center Jawa Timur ini menjelaskan bahwa kalimat azan sudah pakem diajarkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

“Kalimat azan sudah pakem diajarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Kalaupun ada sahabat Bilal menambah Azan saat Subuh itupun karena Nabi masih hidup dan menyetujui,” jelas Ustadz Ma’ruf Khozin melalui akun facebook pribadinya, Ma’ruf Khozin, Senin (30/11/2020) sore.

Lebih dari itu, menurut Ustadz Ma’ruf Khozin, penambahan kalimat kebaikan sebagaimana kalimat “Mari menuju pada amal terbaik” saja, bisa dihukumi makruh. Hal ini sebagaimana dalil sebagai berikut.

ﻳﻜﺮﻩ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﻓﻲ اﻷﺫاﻥ ﺣﻲ ﻋﻠﻰ ﺧﻴﺮ اﻟﻌﻤﻞ

Artinya: “Makruh mengucapkan dalam azan ‘Mari menuju pada amal terbaik’.”.

Selain itu, Ustadz Ma’ruf Khozin juga menyampaikan sebuah referensi kitab ulama, Al-Majmu’, yang menjelaskan bahwa Al-Baihaqi tidak suka dengan penambahan kalimat dalam azan karena hal itu tidak ada dalam riwayat hadis.

 ﻗﺎﻝ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻟﻢ ﺗﺜﺒﺖ ﻫﺬﻩ اﻟﻠﻔﻈﺔ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻨﺤﻦ ﻧﻜﺮﻩ اﻟﺰﻳﺎﺩﺓ ﻓﻲ اﻻﺫاﻥ ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ

Al-Baihaqi berkata: "Tidak ada riwayat Sahih redaksi ini dari Nabi shalallahu alaihi wasallam. Kami tidak suka dengan tambahan dalam azan" (Al-Majmu' 3/98).

Di samping itu, Ustadz Ma’ruf Khozin juga menerangkan bahwa di zaman Nabi Muhammad Rasulullah SAW sudah ada jihad, tetapi Nabi tidak pernah memakai jihad dalam Azan. Oleh karena itu, Ustadz Ma’ruf Khozin menyarankan pada yang mau jihad agar dibekali ilmu terlebih dahulu.

“Kalau mau jihad mbok ya dibekali dengan ilmu dulu...,” pungkasnya.

 


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara ketik LAKDM kirim SMS ke 1212
Tarif: Rp. 9900 / bulan khusus pengguna Telkomsel