Hikmah Membaca Shalawat Sebelum Makan Nasi

 
Hikmah Membaca Shalawat Sebelum Makan Nasi

LADUNI.ID, Jakarta - Betapa banyak faedah dan manfaat dari membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Bahkan, hikmah tersebut juga terjadi ketika kita membiasakan diri dalam membaca shalawat sebelum memakan nasi.

ويسنّ الاكثار عنداكله من الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم لانّه كان جوهرا في الجنّة أودع اللّه فيه نور محمّد صلى اللّه عليه وسلّم فلما خرج منه النور المحمّدى تفتّت فخلق منه الارز

Disunnahkan perbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW ketika makan nasi, karena nasi itu adalah mutiara surga yang Allah titipkan atau letakkan di dalamnya nur Nabi Muhammad SAW. Maka ketika nur Nabi Muhammad SAW keluar maka mutiara itu pecah berkeping-keping, maka Allah ciptakan nasi dari mutiara surga.

وفي البركة عن النبي صلى اللّٰه عليه وسلم أنه قال : كُلُوْا اْلأَرُزَّ فَإِنَّهُ بَرَكَةُ

Di dalam kitab Al-Barokah dari Nabi Muhammad S.A.W bersabda: makan lah kalian akan nasi karena sesungguh nya nasi itu adalah barokah. Dan sayyidina. 'Aliy bin Abi Tholib pun berkata:

عن على ابن ابي طالب كرّم اللّه وجهه انّ كلّ ما انبته الارض فيه دواء و داء الّا الارزّ فانّه شفاء لاداء فيه

Dari Sayidina Ali bin Abi Tholib karomallahu wajhah:

“Sesungguhnya setiap sesuatu yang tumbuh di bumi itu mengandung obat dan penyakit, kecuali nasi bahwa sesungguhnya nasi mengandung obat dan tidak ada penyakit di dalamnya.".

Dari keterangan di atas ternyata nasi ini diciptakan oleh Allah dari nur Nabi Muhammad SAW maka dari itu kita di sunnah kan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

كتاب شرح الستين مسألة ص ١٣٤

(Sumber kitab: Syarah Sittin Mas'alah hal. 134).

***

Hal senada juga disebutkan dalam kitab Al-Bajuri oleh Al-Alamah al-Fadhil Assyeih Ali bin Qosim al-Bajuri diterangkan:

وتسنّ الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم عند اكله لانّه خلق من نوره

Dan disunnahkan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW ketika memakan nasi karena nasi diciptakan dari nur Nabi Muhammad SAW.

كتاب حاشية البجورى ج ١ ص ٢٦٤

(Sumber kitab: Hasiyah al-Bajuri Juz 1hal. 264)

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

Semoga bermanfaat. Aamiin. Wallahu a'lam Bishowab…