Pesantren Putri Aris Kaliwungu Kendal

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Putri Aris Kaliwungu Kendal

Profil

Pesantren Putri Aris Kaliwungu Kendal yang pada awalnya madrasah yang didirikan di kampung Poting Tengah (sekarang Pandean Bonsari) didirikan oleh KH. Ahmad Dum  Irfan pada tahun 1369 H. sebagai sebuah institusi formal yang menfokuskan diri pada murid orang-orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Sehingga pada waktu itu Madrasah itu terkenal dengan sebutan Madrasah Jenggot. 

Pada tahun 1957 M, KH. Ahmad Ru’yat (Pengasuh Ponpes APIK Kauman Kaliwungu) memanggil KH. Ahmad Dum Irfan, KH. Abdul Aziz Irfan, KH. Humaidullah Irfan, KH. Ibadullah Irfan dan KH. Asror Ridwan. Mbah Ru’yat mempunyai gagasan untuk mendirikan Pondok Pesantren Putri dan menunjukan Pondok ARIS (yang semula pondok putra) untuk dijadikan Pondok Pesantren Putri. 3 santri putri orang Pemalang yang sementara dititipkan ditempat KH. Abdul Aziz (sekarang Pondok Pesantren Al-Aziziyah). Lalu ada juga orang dari Tegal dan Weleri yang menyerahkan putrinya kepada KH. Ahmad Dum dan dititipkan kepada K. Fadhol (sekarang Ponpes Darussalam).

Sebelum gagasan Mbah Ru’yat teralisir, KH. Ahmad Dum keburu sakit dan meninggal dunia pada tahun 1959 M, dalam usia yang relatif muda (29 tahun). Selanjutnya, pada tahun 1968, Mbah Ru’yat menikahkan KH. Cholil Hasan (asal Nganjuk, Jatim) dengan Nyai Hj. Muzayyanah, janda dari KH. Ahmad Dum. Kemudian, dibentuklah kepanitiaan pendirian Pondok Pesantren Putri ARIS yang terdiri dari KH. Cholil Hasan, KH. Humaidullah Irfan, KH. Ibadullah Irfan dan KH. Asror Ridwan.

Kepanitiaan berhasil melaksanakan upaya membebaskan tanah seluas 3.500 meter persegi serta meletakkan batu pertama sebagai pondasi Pondok Pesantren ARIS, sampai selesai pada tahun 1978, sekaligus dibuka untuk menerima santri putri bersamaan dengan pengajian kilat/pasaran bulan Ramadhan 1399 H bertepatan dengan tanggal 12 Agustus 1978 M dengan menerima santri sebanyak 48 orang.

Barulah, pada tanggal 28 Agustus 1978 M, Pondok Pesantren ARIS diresmikan sebagai Pondok Pesantren Putri dan dilatar belakangi oleh para ulama Kaliwungu.

Perjuangan Al-Mukarrom KH. Ahmad Dum Irfan yang diteruskan oleh KH. Cholil Hasan, penuh dengan cobaan dan tantangan yang bertubi-tubi, benar kata pepatah “ Tak ada gading yang tak retak “ walaupun KH. Cholil Hasan sudah mempertahankan, memaksimalkan untuk mencetak wanita sholehah sebagai kader – kader Islam yang mampu mengangkat panji-panji Islam. Kini, kepengasuhan Ponpes ARIS diteruskan oleh KH. Hafidhin Ahmad Dum (Putra pertama KH. Ahmad Dum Irfan dengan Nyai Hj. Muzayyanah).

Masa kelam berlanjut dengan wafatnya Nyai Hj. Muzayyanah pada tahun 1997 yang meninggalkan 2 putra dengan KH. Ahmad Dum Irfan dan 3 Putri 2 putra dengan KH. Cholil Hasan. KH. Hafidhin Ahmad Dum adalah putra pertama KH. Ahmad Dum Irfan dengan Hj. Muzayyanah yang sampai sekarang (2014) menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Putri ARIS yang semakin tahun semakin berkualitas dalam segi ilmu pengetahuan agamanya.

Pendiri
KH. Ahmad Dum Irfan

Pengasuh

  1. KH. Ahmad Dum Irfan
  2. KH. Cholil Hasan 
  3. Nyai Hj. Muzayyanah 
  4. KH. Hafidhin Ahmad Dum

Pendidikan

Kurikulum di pondok pesantren putri Aris Kaliwungu Kendal disesuaikan dengan perencanaan dan pelaksanaan kurikulum yang digunakan di pondok pesantren. Materi ajarnya disesuaikan dengan tingkatan kelas dan juga metodenya. Metode yang digunakan yaitu metode klasik, seperti sorogan, bandongan, lalaran, namun juga terdapat metode diskusi, ceramah, tanya jawab.

Pendidikan non Formal
1. Tahfidzul Qur'an
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler di Pesantren Putri Aris antara lain:

1.      Tahfidzul Qur'an
2.      Baca kitab kuning
3.      Mujahadah
4.      Bahasa asing ( arab dan inggris )
5.      Khitobah / muhadharah
6.      Hadroh / seni rebana
7.      Karya tulis
8.      Olahraga:  Voli, Basket, Senam
9.      Bela Diri

 


Muthola'ah Kitab para santri di Pesantren Putri Aris


Ziarah di Pesantren Putri Aris

Fasilitas

Fasilitas di Pesantren Putri Aris   :

  1. Masjid 
  2. Gedung Sekolah
  3. Asrama Pesantren
  4. Perpustakaan
  5. Aula
  6. Gudang
  7. MCK
  8. Dapur
  9. Kantin
  10. Poskesehatan
  11. Koperasi
     


Gedung Pesantren di Pesantren Putri Aris


Gedung pesantren di pesantren Putri Aris

Alamat

Saribaru, Krajan Kulon, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah
Kode Pos:  51372
Telepon: (0294) 381877 
WA     : 0895350272277

KUNJUNGI JUGA



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.