Pesantren Mislakhul Muta'alimin Pemalang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Mislakhul Muta'alimin Pemalang
Sumber Gambar: YAMIM, Ilustrasi Laduni.ID

Profil
Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin Karangtengah, Warungpring, Pemalang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ikut berperan serta dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional. Dapat dikatakan bahwa pondok pesantren telah melaksanakan fungsinya dengan membangun pribadi warga Negara dan bangsa.

Pesantren Mislakhul Muta'alimin memakai kurikulum pesantren dan kurikulum kemenag hal ini juga memiliki pendidikan formal yaitu MTs Salafiyah dan MA Salafiyah. Pesantren Mislakhul Muta'alimin berlokasi di jalan Santri no 24, RT 04 RW 04, Karangtengah, Kecamatan Warungpring, Pemalang.

Sejarah
Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin merupakan salah satu Pesantren tertua di Kabupaten Pemalang, yang didirikan oleh KH. Syahmarie bin Kyai Syarif pada tahun 1946 M. Pada awalnya, pondok pesantren ini berlokasi di Dusun Tegalharja, Desa Warungpring, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang.

Kemudian pada tahun 1949, KH. Syachmarie bersama istrinya Nyai Khoeriyah (Ibunda KH. Abdul Aziz Syachmarie) kembali ke Karangtengah. Sejak saat itu sampai sekarang, Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin berlokasi di Dusun Karangtengah, Desa Warungpring, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang.

Kemudian setelah di Karangtengah, KH. Syachmarie mendidik santrinya sendirian, baru setelah tahun 1951 beliau dibantu oleh KH. Nasori (yang menjadi mertuanya KH. Abdul Aziz).

Sejak pesantren didirikan dari Tegalharja sampai ke Karangtengah sistem yang digunakan oleh KH. Syachmarie adalah “Tarbiyah Watta’lim” masih menggunakan sistem Pondok Pesantren Kempek Cirebon yaitu sistem Sorogan.

Kemudian setelah putra beliau yang paling tua, KH. Abdul Aziz pulang dari Pesantren Ploso, Mojo, Kediri pada tahun 1974 dan menetap bersama istrinya Nyai Hj. Fasikhah binti KH. Nasori, maka mulai tahun itu KH. Abdul Aziz langsung membantu ayahnya mengasuh pondok pesantren dan mendirikan Madrasah Diniyah Wustho yang kurikulum/sistem pendidikannya dipadukan dengan sistem dari Pondok Pesantren Ploso, Mojo Kediri dan Pesantren Kempek Cirebon.

Kemudian pada tahun 1975, KH. Abdul Aziz mendirikan Madarasah Tsanawiyah, sehingga mulai saat itu pesantren mulai berkembang, setiap tahun santri bertambah banyak, bukan hanya santri putra, tetapi juga santri putri. Sehingga pada tahun 1979, KH. Abdul Aziz mohon kepada ayahnya yaitu KH. Syachmarie untuk didirikan Pondok Pesantren putri.

Setelah berbagai pertimbangan dan istikhoroh, maka pada akhirnya KH. Syachmarie memberi izin kepada KH. Abdul Aziz untuk mendirikan pondok pesantren putri pada tahun 1979 yang ditempatkan di belakang rumah KH. Abdul Aziz yang sekarang ditempati rumahnya KH. Farichin.

Setelah MTs menamatkan beberapa kali dan banyak wali murid yang mengusulkan agar Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin ini didirikan Madrasah Aliyah, maka pada tahun 1982 KH. Abdul Aziz atas izin ayahanda bersama dengan muridin muridat Thoriqoh Syathoriyah mendirikan Madrasah Aliyah Salafiyah.

Kemudian disusul pada tahun 1985 didirikan Madrasah Ibtidaiyah. Karena Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin memiliki banyak lembaga, maka pada tahun 1984 KH. Abdul Aziz Syachmarie mendirikan Yayasan Mislakhul Muta’allimin (YAMIM), untuk menaungi lembaga-lembaga yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin. Dan menunjuk putranya Gus H. Ahmad Nahdludin sebagai Ketua Yayasan Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin sampai sekarang.

Setelah KH. Syachmarie wafat pada tanggal 23 Jumadil Akhir 1405 H/1985 M. Pondok Pesantren ini di asuh oleh Putra beliau, KH. Abdul Aziz Syachmarie dan dibantu oleh adik-adiknya salah satunya KH. M. Farichin Syachmarie. Kemudian setelah beliau wafat pada tanggal 23 Ramadhan 1440 H/2019 M. pondok pesantren ini di asuh oleh putra beliau, Gus H. Ahmad Nahdludin Aziz dan dibantu oleh saudara-saudaranya.

Pendiri
KH. Syachmarie Syarief

Pengasuh

  1. KH. Syachmarie Syarief
  2. KH. Abdul Aziz Syachmarie
  3. KH. Ahmad Nahdludien

BACA JUGA:  Najis yang Dimaafkan dan yang Tidak Dimaafkan

Pendidikan
Pendidikan Formal

  1. TK Salafiyah,
  2. MI Salafiyah (B),
  3. MTs Salafiyah (A),
  4. MA Salafiyah (A).

BACA JUGA:  Pesantren Al Hidayah Karangsuci Banyumas

Kegiatan Tambahan dan Tahunan
Harian

  1. Aurad Subuh
  2. Mujahadan/Nariyahan
  3. ​Musyawarah/Caosan

Mingguan

  1. Khitobah
  2. Pembacaan Kitab Maulid
  3. Ziarah Masyayikh
  4. Lalaran Bersama
  5. Ro'an Akbar
  6. Ekstrakulikuler

Bulanan

  1. Mujahadah Akbar

Tahunan

  1. Haul Masyayikh
  2. Khotmil Qur'an Bilghoib dan Juz'amma Binnadzhor
  3. Haflah Akhirussanah Madin
  4. Halal Bihalal Santri dan Alumni
  5. Ziarah Wali Nusantara

Muthola'ah kitab santri dibimbing pengasuh di Pesantren Mislakhul Muta'alimin Pemalang



Ziarah para santri di makam masyayikh Pesantren Mislakhul Muta'alimin Pemalang

Fasilitas

  1. Asrama Pesantren 3 lantai
  2. Ruang Kelas 2 Lantai
  3. Majelis Putra
  4. Majelis Putri
  5. Aula Kanzu Dzikir
  6. Kamar Mandi Terpisah
  7. klinik Kesehatan Mislakhul Muta'alimin
  8. Gedung BLKK MIM
  9. Media Pondok Pesantren
  10. Lapangan Olahraga



Gedung Pesantren di Pesantren Mislakhul Muta'alimin Pemalang 


Gedung Sekolah MA Salafiyah dibawah naungan Pesantren Mislakhul Muta'alimin Pemalang 

BACA JUGA: Hukum Menjamak Shalat Karena Tuntutan Pekerjaan Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

Alamat
Jalan Santri no 24, RT 04 RW 04, Karangtengah, Kecamatan Warungpring, Pemalang, Jawa Tengah
Kode Pos: 52354
Telepon: 0821-3385-1275

Referensi
Facebook: Pondok Pesantren Mislakhul Muta'allimin

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya