Mengenal Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam: Pengarang Kitab Syajaratul Ma’arif

 
Mengenal Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam: Pengarang Kitab Syajaratul Ma’arif

LADUNI.ID, Jakarta - Penulis bernama Imam ‘Alam Sultan Ulama Abdul Aziz bin Abdus Salam bin Abdul Qasim bin Hasan bin Muhammad Al-Muhadzdzab Ad-Dimasyqi Asy-Syafii, yang dikenal dengan sebutan Al-‘Izz bin Abdus Salam. Dilahirkan pada tahun 577 H.  Dia belajar fikih dan menuntutnya pada Fakhruddin bin Asakir, Abul Qasim bin Asakir, Saifuddin Al-Amidi, Abdul Lathif Al-Baghdadi, Qadhi Abdul Shamad bin Muhammad Al-Harastani dan lainnya.

Beberapa ulama meriwayatkan darinya, di antaranya Syaikh Daqiq Al-Iid, Ibnu Firkah, Abu Muhammad Al-Dimyathi dan lain-lain.

Dia sangat menonjol dalam dalam madzhab yang dianutnya dan banyak mengungguli teman-teman sejawatnya. Dia mampu menggabung dalam dirinya sekian banyak disiplin ilmu, baik tafsir, fikih, ushul fikih, bahasa Arab dan lainnya hingga mencapai derajat ijtihad dan bisa menjadi salah satu simpul utama madzhab Asy-Syafii. Dia banyak mengajar di berbagai sekolah di Damaskus dan banyak dimintai fatwanya dari segenap penjuru.

Dia ditetapkan sebagai khatib resmi di Damaskus dan menghapus beberapa bid’ah yang dilakukan oleh para khatib. Dia tidak memakai pakaian hitam-hitam, dan membuat khutbah bersajak-sajak, dia mengucapkan dengan apa adanya. Dia senantiasa menjauhi tindakan memuji-memuji pada para raja, namun demikian dia tetap mendoakan yang baik buat mereka.

  • Baca juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN