Sering Overthinking, Harus Bagaimana?

 
Sering Overthinking, Harus Bagaimana?

Assalamu’alaikum wr wb
Mbak Nur, saya mahasiswi tingkat akhir di sebuah PTS di Surakarta. Akhir-akhir ini saya sering sekali memikirkan sesuatu sampai membuat saya tidak bisa tidur. Akibatnya pada pagi harinya saya mengantuk dan tidak bersemangat dalam beraktivitas.

Saya tidak pernah menceritakan permasalahan yang saya alami pada orang lain, saya memikirkannya sendiri karena kuatir merepotkan orang lain.
Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi overthinking ini ya mbak Nur ? Mohon sarannya.
Sebelumnya saya sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Meta – Surakarta

Tanggapan :

Wa’alaikumsalam wr wb.
Haiii Meta, mbak Nur respek atas keberanianmu untuk mengungkapkan hal yang sedang mengganggu pikiranmu saat ini. Nhah sebelum kita bahas tips – tips mengenai cara mengatasi overthinking, sebaiknya kita perlu tahu dulu ya, apa itu overthinking agar pembaca yang lain juga turut memahaminya. Overthinking adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan, sehingga dapat mengganggu istirahat dan mungkin akivitas kita yang lain.

Baca juga: Tak Bersemangat Melakukan Apapun, Bagaimana Sebaiknya?

Memikirkan segala sesuatu itu baik ya, itu artinya kita mempertimbangkan segala kemungkinan sebelum bertindak. Keadaan bisa menjadi merugikan apabila kita terlalu berlebihan, bisa membuat kita cemas, membuang waktu dan energi.
Berikut ini mbak Nur bagi tips – tips mengatasi overthinking :

1. Tulis apa yang kamu pikirkan
Terus memikirkan sesuatu akan menjadi beban pikiran semakin menumpuk. Tuliskan apa yang kamu pikirkan dan pilah mana yang harus kamu prioritaskan. Menulis juga dapat membuatmu berpikir lebih tenang, membantumu fokus untuk menemukan solusi yang lebih tepat.

2. Kendalikan pikiran negatif
Sadari bahwa saat ini kamu sedang overthinking, dan belajarlah untuk mengendalikan pikiran yang negatif. Tanamkanlah dalam pikiran bahwa hal tersebut hanya membuang waktu dan energimu saja.

Baca juga: Cinta Berakhir karena tidak Bisa Memahami Pasangan, Apa yang Harus Kulakukan?


3. Lakukan Distraksi
Distraksi merupakan pengalihan saat overthinkingmu datang. Berolah raga, membaca buku, bersosialisasi atau bisa juga melakukan hobi positif lainnya merupakan cara yang efektif untuk meredam overthinkingmu.

4. Refleksi Diri
Lakukan refleksi,  kemudian jawab pertanyaan apakah yang sedang  kamu pikirkan ini mempengaruhi masa depanmu. Kamu boleh memikirkannya selama 10 – 20 menit.  Jika tidak, segera hentikan.

Baca juga:Termasuk People Pleaserkah Saya, Bagaimana Mengatasinya?

5. Mendekatkan diri kepada Allah
Mendekatkan diri kepada Allah dapat membuat kita lebih tenang dan damai. Sholat dapat menjadi obat dan penolong kita. Seperti firman Allah dalam QS. Al Baqarah ayat 153

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai  penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Apabila pikiran kita sedang gundah, kalut sebaiknya segera ambil air wudhu dan laksanakan sholat sunnah seraya memohon petunjuk dari Allah. Selain sholat, berdzikir juga dapat memberikan ketentraman dalam berpikir, karena kita menghadirkan Allah dalam aktivitas kita.

Semoga bermanfaat ya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun