Panti Asuhan Sinar Melati 7, Sleman

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Sinar Melati 7, Sleman

Profil

Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Putri Al-Quddus, Sinar Melati 07 berdiri di atas tanah wakaf seluas 525m2. PA dan PP putri Al-Quddus ini mempunyai santri sebanyak 43 orang dan semuanya adalah putri, yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia, ada yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, Magetan, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Santri-santri tersebut (43 orang) berasal dari keluarga miskin dan kurang mampu sehingga berstatus anak asuh, hanya 2 orang yang mempunyai tujuan mengikuti pondok. Sebanyak 43 santri ini telah menuntut ilmu hingga perguruan tinggi sebanyak 19 orang. Perguruan Tinggi tersebut diantaranya adalah UIN SUNAN KALIJAGA, STIM, YKPN, STIENUS, AMIKOM, dan INTAN. Sebanyak 20 orang masih berada di bangku SMA/SMK, dan 4 orang lainnya masih SD. Mobilitas yang dilakukan oleh para santri ini kebanyakan menggunakan sepeda yang dibeli sendiri maupun hasil donasi.

Kamar yang ada sebanyak 8 buah dan masing-masing kamar diisi oleh 5-6 santri. Terdapat 1 kamar yang bocor, sehingga santri yang seharusnya tinggal dikamar tersebut sementara harus tinggal di mushala. Kegiatan yang ada di santri ini seperti kurikulum pondok yang lain, ada materi hafalan, bahasa arab, dan juga bahasa inggris. Keadaan panti secara fisik sedang ada pembangunan 1 kamar madi, untuk kamar mandi yang sudah ada masih dalam keadaan setengah jadi. Keadaan sosial ekonomi Alhamdulillah belum ada masalah yang berarti.

Metode Pengasuhan dan Pendidikan
Anak-anak di Panti Asuhan Sinar Melati diasuh dalam sebuah asrama dengan suasana kekeluargaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologis dan agama. Pendekatan Agama yang digunakan adalah Agama Islam, maka Panti Asuhan Sinar Melati 7 juga kerap disebut Pesantren Putri Al-Quddus.

Pengasuh
Ayah Asuh : Nor Yahya
Ibu Asuh : Hermiyanti
Pengasuh Pembantu : Erham Budi
Eko S Triwibowo

Alamat
Jl. Lempongsari Raya, Sari Harjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 
Kode Pos: 55581
No Telepon HP: 08122925943. (Nor Yahya)