Pesantren Al Hikmah Pedurungan Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Hikmah Pedurungan Semarang

Profil

Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan lor Semarang adalah suatu lembaga pendidikan nonformal yang berbentuk pesantren di kota Semarang yang orientasi utama pendidikannya adalah bagaimana para santri yang belajar di pondok itu dapat belajar ilmu diniyah dan mengaji Al-qur’an dengan fasih dan tartil, pondok pesantren al-Hikmah Pedurungan Lor dirintis oleh KH. Drs. M. Qodirun Nur beserta istrinya Ibu Nyai Hj. Nur Mardiyah, AH. Sekitar tahun 1985, dan sampai saat ini beliau masih menjabat sebagai pengasuh Pondok Pesantren al-Hikmah Pedurungan lor.

Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan lor Semarang terletak kurang lebih 100 m dari jalan raya Pedurungan–Penggaron, yang tepatnya di jalan Pesantren No. 03 Pedurungan Lor Semarang . 

Lokasi pondok pesantren Al-Hikmah ini stategis dan ideal sebagai sarana belajar mengajar, karena mudah dijangkau. Di sekitar pondok pesantren Al-Hikmah terdapat Sekolah Dasar Harapan Bunda, SMP dan SMA At-Thohiriyyah, SMP dan STM Pandanaran, STM Majapahit dan Madrasah Aliyah Negeri I (MAN I) Semarang. Pondok Pesantren Al-Hikmah adalah pesantren yang bukan terdiri dari satu komplek yang terpisah dari lingkungan masyarakat, akan tetapi menyatu dengan rumah-rumah masyarakat di sekitarnya. 

Sejarah
Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan lor Semarang adalah suatu lembaga pendidikan nonformal yang berbentuk pesantren di
kotaSemarang yang orientasi utama pendidikannya adalah bagaimana para santri yang belajar di pondok itu dapat belajar ilmu diniyah dan
mengaji Al-Qur‟an dengan fasih dan tartil. Pondok pesantren al-Hikmah Pedurungan Lor dirintis oleh KH. Drs. M. Qodirun Nur beserta istrinyaIbu Nyai Hj. Nur Mardiyah, AH.

Sekitar tahun 1985 dan sampai saat inibeliau masih menjabat sebagai pengasuh Pondok Pesantren al-Hikmah Pedurungan lor. Pada awalnya pondok pesantren al-Hikmah Pedurungan lor didirikan karena keinginan masyarakat sekitar untuk dapat mengaji ilmu agama dan mengaji Al-Qur‟an pada tahun 1986, Pondok pesantren alHikmah belum memiliki asrama khusus untuk menampung santrinya.

Hal ini dikarenakan para santri masih bolak-balik (ngelajo-bahasa jawa). Dan pelaksanaan pengajian hanya dilaksanakan pada waktu sore setelah Ashar Semula yang mengaji adalah para santri di Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 Mranggen Demak dipagi harinya, kemudian pada sore harinya mereka
ingin mendalami lebih jauh tentang ilmu Bahasa Arab yaitu pelajaran Nahwu dan Sharaf serta kitab-kitab kuning lainnya.

Tidak lama kemudian banyak para remaja yang berdatangan dengan tujuan untuk dapat mengaji Al-Qur‟an serta menghafalkannya kepada Ibu Nyai. Pondok pesantren al-Hikmah yang pada waktu itu di lingkungan kelurahan Pedurungan lor pertama kali mengkhususkan dirinya sebagai pondok tahfidzul Qur‟an. Melihat semakin banyaknya santri yang datang mengaji dan tinggal di kediaman beliau, maka pada tahun 1988, beliau mendirikan sebuah bangunan untuk asrama putri. Sedangkan kegiatan-kegiatan pengajian masih dilakukan di rumah beliau.

Dengan berdirinya pondok pesantren alHikmah jumlah santri semakin bertambah dan meningkat, baik dari dalam maupun luar daerah, maka
pada tahun 1990, asrama putri ditambah local baru berlantai dua dan satu aula untuk kegiatan mengaji. Dan pada tahun 1992, pondok pesantren al-
Hikmah tidak hanya mengasuh santri putri saja, tapi juga sudah mulai mengasuh santri putra yang mulai tinggal menetap di asrama.

Dan akhirnya santri pondok pesantren al-Hikmah berkembang tidak hanya pada masyarakat sekitar saja yang menjadi santri di Pondok Pesantren ini. Pada saat ini banyak para santri yang berdatangan dari luar kota seperti Demak, Grobogan, Kendal dan Tegal. Pondok pesantren yang berasaskan Islam ala Ahli Sunnah Wal Jama‟ah ini lebih berorientasi pada pengajian Al-Qur‟an baik itu bil-nadlor (melihat), bil-ghoib (menghafal) serta qiraat sab‟ah (tujuh macam bacaan).

Di samping itu para santri juga dibekali ilmu-ilmu agama seperti nahwu, sharaf, fiqih, akhlak dan hadits agar dapat menumbuhkan generasi yang Islami yang berakhlakul karimah. Di pondok pesantren al-Hikmah juga diadakan pengajian umum yaitu sima‟atul Qur‟an yang dilaksanakan setiap ahad
pagi oleh Ibu Nyai yang diikuti oleh para santri dan warga sekitar. Dan pengajian jum‟at pagi oleh Abah KH. Drs. Muhammad Qodirun Nur yang mengkaji kitab Ihya‟ Ulumuddin dan Hikam yang diikuti santri dan warga sekitar (wawancara dengan Ulfa pengurus pondok putri senin, 7 Oktober 2019).

Pendiri
1. KH. Drs. M. Qodirun Nur
2. Nyai Hj. Nur Mardiyah, AH

Pengasuh
1. KH. Drs. M. Qodirun Nur
2. Nyai Hj. Nur Mardiyah, AH

Pendidikan

Pendidikan Formal
1. SMP
Pendidikan Non formal
1. TPA
2. Madrasah Diniyah
3. Majelis Taklim

Ekstrakurikuler

Pesantren Al Hikmah memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5. Seni Musik
6. Khitobah
7. Kursus Kaligrafi
8. Kursus Komputer
9. Pramuka
10. English Club
11. Mading


Santri sedang sholawatan diiringi hadrah di pesantren Al Hikmah

Pengajian rutin para santri di pesantren Al Hikmah

Fasilitas

Pesantren Al Hikmah memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5. Perpustakaan
6. MCK/WC
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Lapangan
12. Kantor
13. Posko Kesehatan 


Gedung Pesantren di pesantren Al Hikmah


Asrama santri di pesantren di pesantren Al Hikmah

Alamat

Kelurahan Pedurungan Lor RT 01 RW 05 Pedurungan Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos:  50192
Telepon   :  (024) 6716657

 

KUNJUNGI JUGA

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.