Kenapa Peran Agama Selama Ini Berkurang?

 
Kenapa Peran Agama Selama Ini Berkurang?

LADUNI.ID, Jakarta - Suatu waktu, ketika Prof Dr HM Quraish Shihab ke Abu Dhabi, beliau membicarakan tentang agama dan peranannya. Hal itu penting dibahas karena ketika dihadapkan pada kenyataan yang terjadi di dunia saat ini, semua orang mungkin sadar bahwa peranan agama kini sedang mengalami pengecilan dan berkurang,

Bahkan, ketika beberapa kali Prof Quraish Shihab kunjungan ke luar negeri oleh Mejelis Al-Hukama’, persoalan agama dan peranannya bukan hanya dibahas di kalangan umat Islam. Banyak kelompok agama di dunia juga membahas hal yang sama. Di Geneva misalnya, terdapat pertemuan dengan orang-orang Kristen Protestan di Italia dan dengan orang Kristen Katolik. Bahkan, ketika di Abu Dhabi terdapat pertemuan dengan Anglikan Ortodoks. Semua umat beragama merasa bahwa ada kekurangan dalam peranan yang seharusnya dimainkan atau dilakukan oleh agama.

Dalam forum tersebut, Prof Quraish Shihab mendapat tugas membahas peranan agama dalam memantapkan nilai-nilai akhlak dan ide kebangsaan. Di dalamnya terdapat penjelasan mengenai adakah peranan agama dalam memantapkan nilai-nilai akhlak? Kemudian, adakah perananan agama dalam mengukuhkan rasa nasionalisme? Di Abu Dhabi, hal ini disebut sebagai muwathanah. Saya ingin bicara soal agama dalam peranannya itu.

Dalam pandangan Prof Quraish Shihab, ketika kita ingin mendefinisikan agama, maka akan sangat sulit (untuk tidak mengatakan mustahil). Sebab, jika kita mau mendefinisikan sesuatu, maka kita harus tahu segala sesuatu yang berkaitan dengan yang didefinisikan itu, dan mengeluarkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan yang kita definisikan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN