Pesantren al-Asyirah al-Qur’aniyah Jakarta

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren al-Asyirah al-Qur’aniyah Jakarta

Profil
Dari berbagai pengamalannya dalam berinteraksi dengan jama’ah dan  problematika/kemelut kehidupan yang melanda, terutama dengan globalisasi, kondisi dan gejala dimana Al-Qur’an sebagai pedoman hidup ummat tidak lagi mendapat tempat secara utuh di lembaga-lembaga formal, Abuya KH. Saifuddin Amsir menyimpulkan bahwa solusi yang  tepat adalah dengan menerapkan/membentuk “Asyirah Qur’aniyah (keluarga Qur’any)”, yaitu keluarga yang seluruh perilakunya bersandarkan pada ajaran Al-Qur’an.

Untuk itu Abuya KH. Saifuddin Amsir memulai dengan membangun Pesantren yang  memiliki fondasi hafalan Qur’an bagi para santrinya. Bagi beliau pesantren Al-Asyirah Al-Qur’aniyah merupakan kebutuhan juga kewajiban yang selayaknya didukung ulama dan umara yang  tetap berada pada khittat perjuangan ulama di dunia Islam.

PP Al-Asyirah Al-Qur’aniyah ditujukan bagi siapa saja yang mau menghafal Al-Qur’an dan memahaminya sesaui dengan aqidah Ahli Sunnah Wal Jamaah dan Ma’had Aly Zawiyah Jakarta adalah sebuah Ma’had Islam setingkat dengan kelas Sarjana/perkuliahan. Ma’had ini menyelenggarakan perkuliahan bagi  mereka yang sudah mengetahui dan memahami ilmu-ilmu keislaman (basic Arabic language and foundational Islamic sciences).

Sedangkan Zawiyah Jakarta merupakan sebuah wadah belajar dan diskusi bagi para santri Betawi dan yang ada di Betawi untuk lebih mendalami Aqidah dan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah, dengan bersandarkan pada tradisi salaf. Disamping itu lembaga ini menitikberatkan pada pemahaman akan sendi-sendi Al-Qur’an dan Al-hadits, ilmu pengetahuan, praktek, keadaan sosial kemasyarakatan, izzah sebagai muslim, dan diperkokoh dengan nilai-nilai Ekonomi Syari’ah sehingga lebih berdaya guna dan menyesuaikan zaman.

Perpaduan kedua institusi ini (al-Asyirah al-Qur’aniyah dan Zawiyah Jakarta) diharapkan dapat mendidik generasi pencinta dan penghafal Al-Qur’an, dan insya Allah menerapkan kurikulum baru dengan menggabungkan kurikulum berbasis perpaduan antara ilmu dan amal yang dititikberatkan pada I’jazul Qur’an, Aurad, dan Do’a-do’a Qur’ani. Kurikulum komprehensif ini didasarkan pada nilai-nilai ketauhidan (berpusat pada tuhan dalam segala aspek) dalam isi dan pendekatannya. Diharapkan hal ini dapat menjadi inspirasi dan mentransformasi peserta didik sehingga mereka dapat secara positif mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan. Perubahan ini tidak akan terwujud tanpa usaha dan waktu yang dicurahkan dengan kesungguhan.

Pengasuh
Abuya KH. Saifuddin Amsir

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. S1
2. S2

Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Takhrij Hadits
3. Bahasa Arab
4. Daurah dan Workshop
5. Ziarah
6. Pesantren Muhasabah
7. Hadrah/Marawis
 


Para santri sedang kajian kitab


Para santri sedang mentola'ah kitab


Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gudang
4.  Perpustakaan
5.  MCK/WC
6.  Ruang tamu
7. Kopontren
8. Dapur
9. Aula
10. Kantor
11. Posko Kesehatan


Mushola


Ruang kuliah

Alamat
Jl. Budi Harapan No. 40 Cipinang Melayu, JakartaTimur, DKI Jakarta
Kode Pos:   13620
Telepon: (021) 88601516
Untuk Keterangan dan Informasi Pendaftaran silahkan hubungi : https://www.zawiyahjakarta.or.id/


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.