5 Ijazah Amalan Kiyai Abdul Hamid Pasuruan agar Hidup Penuh Keberkahan dan Keajaiban

 
5 Ijazah Amalan Kiyai Abdul Hamid Pasuruan agar Hidup Penuh Keberkahan dan Keajaiban
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - KH. Abdul Hamid Pasuruan masyhur dikenal oleh banyak orang sebagai seorang waliyullah. Sebagai sosok yang dekat kepada Allah, maka tidak sedikit orang yang sowan dan mengambil berkah darinya.

Umat Islam sangat akrab dengan Kiyai Hamid, mulai dari kalangan elit sampai masyarakat awam. Beliau juga dikenal sangat dekat dan memuliakan para dzurriyyah Nabi Muhammad SAW. Sehingga tak jarang para habaib yang juga sangat ta’dhim kepadanya. Bahkan, maqbarah Kiyai Hamid bersanding dengan maqbarah para habaib.

Kiyai Hamid adalah sosok yang sangat meneduhkan. Karenanya banyak orang yang mencintainya. Beliau selalu ada di hati umat Islam, khususnya masyarakat Indonesia, baik ketika masih hidup maupun ketika sudah wafat. Kemasyhurannya tak ada yang meragukan sama sekali.

Tidak sedikit orang yang mendapatkan ijazah amalan dari Kiyai Hamid. Ijazah amalan ini menjadi media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Biasanya, beliau memberikan ijazah wirid kepada siapa saja yang menginginkan atau membutuhkan. Terkadang ijazah diberikan secara langsung, tapi juga pernah memberi ijazah melalui orang lain.

Di antara ijazah Kiyai Abdul Hamid yang masyhur beredar di tengah-tengah masyarakat Islam Indonesia adalah berikut ini:

1. Membaca Surat Al-Fatihah 100 kali tiap hari. Menurut Kiyai Hamid, orang yang membaca ini bakal mendapatkan keajaiban-keajaiban yang tak terduga. Bacaan ini bisa dicicil setelah sholat Shubuh 30 kali, selepas sholat Dzuhur 25 kali, setelah Ashar 20 kali, setelah Maghrib 15 kali dan setelah Isya’ 10 kali

2. Membaca حَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ sebanyak 450 kali sehari semalam

3. Membaca sholawat 1000 kali. Banyak yang mengatakan bahwa yang sering diamalkan Kiyai Hamid adalah shalawat Nariyah dan Munjiyat

4. Membaca secara istiqomah kitab sholawat Dala’ilul Khairat. Kitab yang berisi kompilasi sholawat yang dikarang oleh Syaikh Muhammad bin Sulaiman Al-Jazuli

5. Wirid rutin Al-Wirdul Lathif dan Ratib Al-Haddad. Dua wirid yang diajarkan oleh Kiyai Hamid dan diwariskan hingga sekarang kepada para santri dan keluarganya.

Demikian lima amalan Kiyai Abdul Hamid Pasuruan yang masyhur diketahui oleh banyak orang dan biasanya diijazahkan secara umum kepada para murid dan muhibbinnya. Wallahu A’lam. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 22 Mei 2020. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim