Pesantren Ushuluddin Magelang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Ushuluddin Magelang

PROFIL

Pondok Pesantren Ushuluddin terletak di Dusun Bawang, Desa Ngadirejo,Kec. Salaman, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Lokasi yang terletak di Pegunungan Manoreh.

Pesantren Ushuluddin yang didirikan di atas lahanseluas ± 6 ha telah penuh dengan bangunan-bangunan seperti mushola putra dan putri, asrama putra dan putri, klinik tanaman, pabrik MOCAF (Modified CassavaFlavour) dan sisanya adalah lahan pertanian yang ditanami dengan beberapa komoditas pangan, hortikultura, tanaman hias, dan beberapa palawija. Jumlah santri saat ini terdiri dari santri putri sekitar 28 orang dan santri putra sebanyak 30 orang di bawah asuhan Kyai H. Muh. Mansyur Hadziq.

Kegiatan di Pondok meliputi pengajian kitab-kitab kuning sebagai kegiatan utama. Disamping itu ada kegiatan ekstra yaitu kegiatan pertanian secara luas, hal ini dilakukan karena pesantren ini mengampu pendidikan non formal sehingga untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing, santri dibekali dengan kegiatan-kegiatan ekstra seperti pertanian.

Akan tetapi pada tahun 2008 telah diadakan Program Paket C untuk santri-santri Ushuluddin.Madrasah di Pondok Pesantren Ushuluddin selain diikuti oleh santri mukim juga diikuti oleh “santri kalong” yaitu santri dari masyarakat sekitar yang tidak tinggal diasrama Ponpes. Hal ini tentu saja menjadikan komunitas ponpes semakin akrab dengan masyarakat.

Oleh karena itu, pondok pesantren tidak menutup diri hanya dengan para santri saja namun juga membuka peluang bagi masyarakat untuk menimba ilmu melalui pengajian-pengajian umum yang sering diselenggarakan oleh Pondok Pesantren, yaitu pengajian selapanan (pengajian setiap 35 hari sekali) setiap hari Rabu Pon yang diikuti oleh jama’ah pengajian di sekitar Kabupaten Magelang.

Seiring perjalanannya, pondok pesantren Ushuluddin melebarkan sayapnya dengan mendapatkan program yang dinamakan lembaga mandiri yang mengakar di masyarakat dan koperasi pondok pesantren (Kopontren) dibawah payung Ushuluddin yang diperoleh pada tahun 2006 berupa bantuan dari Depertemen Pertanian dan Departemen Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk mengembangkan agribisnis secara luas.

Dengan adanya kegiatan LM3 ini maka sangat terbuka luas untuk membangun jaringan yang lebih banyak. Dalam perjalanannya telah banyak program yang dilakukan. Magang ini bertujuan untuk mengikuti proses-proses yang ada dalam klinik tanaman serta peran pondok pesantren dalam pengembangan bidang pertanian.

Pendiri dan Pengasuh
KH. Muh. Mansyur Hadziq

UNIT PENDIDIKAN

  1. Tahfidz Al-Qur'an
  2. Kurikulum Pesantren
  3. Madrasah Diniyah
  4. Program Paket C

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Ushuluddin memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

  1. Tahfidzul Qur’an
  2. Ta’limul Qur’an
  3. KajianKitab Kuning
  4. Ziarah
  5. Hadrah
  6. Khitobah
  7. Kursus Kaligrafi
  8. Bahasa Arab 
  9. Bahasa Inggris
  10. Olahraga: Senam, Sepakbola, Voli, Basket, Beladiri
  11. Ketrampilan Hidup/Kerja: Peternakan, Pertanian

 
Sholawatan diiringi hadrah di pesantren Ushluhuddin


Mutholaah kitab kuning di pesantren Ushluhuddin

FASILITAS

Pesantren Ushuluddin memiliki fasilitas meliputi:

  1. Masjid
  2. Asrama santri
  3. Rumah pengasuh
  4. Gedung madrasah
  5. Perpustakaan
  6. Ruang tamu
  7. Kopontren
  8. Dapur
  9. Aula
  10. Lapangan
  11. Kantor
  12. MCK/WC
  13. Lahan pertanian
  14. Lahan perkebunan


Masjid di pesantren Ushluhuddin


Gedung pesantren di pesantren Ushluhuddin

ALAMAT

Dusun Bawang, Desa Ngadirejo,Kec. Salaman, Kab. Magelang, Jawa Tengah
Kode Pos   : 56162
Telepon      : 0853-2539-0000

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.