Biografi KH. Masyhuri Ali Umar

 
Biografi KH. Masyhuri Ali Umar

Daftar Isi Profil KH. Masyhuri Ali Umar

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)
  6. Karier

Kelahiran

KH. Masyhuri Ali Umar adalah putra dari pasangan KH. Ali Umar dan Ibu Nyai Hj. Mas’atin, keduanya merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikmah Langkapan. KH. Masyhuri Ali Umar lahir di dusun Langkapan, Maron, Srengat Blitar pada tanggal 19 Mei 1943. Beliau putra ke-5 dari 7 bersaudara, yaitu

  1. Abdul Rohman
  2. Nafisatun
  3. Amsahil Huda
  4. Masruroh
  5. Masyhuri
  6. Marhamah
  7. Alfiyah

Wafat

KH. Masyhuri Ali Umar berpulang ke Rahmatullah pada tahun 2001. Beliau dimakamkan di Dongkelan, bersebelahan dengan makam KH. Abdul Qodir, KH. Ali Maksum, dan KH. Munawwir.

Keluarga

KH. Masyhuri Ali Umar pada usia 21 tahun, beliau melepas masa lajangnya dengan menikahi putri KH. R. Abdul Qodir Munawwir, Nyai Umi Salamah yang berusia 15 tahun. Buah dari pernikahannya, mereka dikaruniai 6 orang putra-putri, yaitu:

  1. Ibu Nyai Atiq Alifah, menikah dengan Sujandi dan berdomisili di Demak, memiliki 2 putra.
  2. Ibu Nyai Hj Azahil Fana, menikah dengan KH. Muhtarom Ahmad dan berdomisili di Krapyak, Yogyakarta. Beliau memiliki 3 putra.
  3. Agus M. Nabih menikah dengan Maziyah (lulusan komplek R2) dan berdomisili di Blitar, meneruskan estafet kepemimpinan pondok pesantren milik kakeknya. Buah dari pernikahannya, dikarunia 4 putra
  4. Ibu Nyai Hj Aniq Nadhirah menikah dengan KH. Su’ad dan berdomisili di Magelang, memiliki 2 putra
  5. Agus Abdul Qodir (alm). Beliau meninggal sebelum berumah tangga
  6. Agus H Ahmad Shidqi Mashyuri menikah dengan Ibu Eni Kartika Sari dan berdomisili di Krapyak, Yogyakarta menggantikan posisi KH. Masyhuri, mengasuh komplek IJ. Beliau dikaruniai seorang putra.

Pendidikan

KH. Masyhuri Ali Umar kecil memulai pendidikannya dengan belajar di Sekolah Rakyat sekaligus mondok di Pesantren Menara Al-Fatah di bawah asuhan KH. R. Abdul Fatah salah satu ulama yang masyhur di daerah Tulungagung.

Setelah tamat SR, beliau mengikuti kakaknya (KH. Abdul Rohman) nyantri ke Pondok Pesantren Tertek, Pare, Kediri, hingga tahun 1958. Pada tahun 1959, KH. Masyhuri melanjutkan perjalanan nyantrinya di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Beliau masuk di tingkatan ibtidaiyah, lalu tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah. Saat itu yang mengasuh adalah KH. Abdullah Affandi, KH. Ali Maksum, KH. Abdul Qadir. Selain itu juga dibantu oleh KH. Zainal Abidin dan KH. Warson.

Dalam diri KH. Masyhuri memang sudah kelihatan bahwa passion yang beliau miliki adalah belajar dan mengajar. Beliau mencurahkan seluruh hidupnya untuk belajar dan mengabdi menjadi santri.

Selama di Krapyak, beliau juga diberi amanah untuk mengajar Tsanawiyah dan Aliyah. Setelah sekian lama menimba ilmu agama di Krapyak, KH. Masyhuri memiliki keinginan untuk melanjutkan studinya di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga mengambil program studi Bahasa & Sastra Arab (BSA).

Dengan kesibukan KH. Masyhuri, justru menjadikan beliau semakin dekat dengan keluarga Pondok Pesantren Krapyak, hingga pada tahun 1965 sesuai dengan musyawarah ahlain KH. Masyhuri dijodohkan dengan Ibu Nyai. Hj. Umi Salamah binti KH. R. Abdul Qodir Munawwir. Beliau dipilih sebagai menantu dengan pertimbangan mampu membantu meneruskan perjuangan KH. R. Abdul Qodir.

Tidak hanya itu, dengan sikapnya yang mampu mengayomi, ngemong, KH. Masyhuri diamanahi untuk merawat 4 putra putri KH. R. Abdul Qodir yang masih yatim. Sosok beliau di mata ke empat adiknya sudah seperti ayahnya sendiri.

Peranan di Nahd​latul Ulama (NU)

KH. Masyhuri Ali Umar aktif di organisasi Nahdlatul Ulama. Pada saat Rais Syuriah PWNU DIY dijabat oleh KH. Asyhari Marzuqi, KH. Masyhuri diamanahi untuk menjadi Katib Syuriahnya.

Karir

Sebelum mendapat SK PNS dari Departemen Agama (Depag) Bantul pada tahun 1967, KH. Ali Masyhuri juga menjabat sebagai asisten dosen di jurusannya. Setelah resmi menjadi pegawai negeri, beliau ditempatkan untuk mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Gondowulung dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sabdodadi.

Perjalanan menjadi guru di 2 MTsN tersebut tidak berlangsung lama, karena KH. Ali Maksum menghendaki KH. Ali Masyhuri untuk mengajar di MTs Krapyak dengan alasan agar yayasan MTs dan MA bisa dipegang dan dipantau oleh keluarga. Kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh KH. Ali Masyhuri selain mengajar sekaligus menjabat sebagai Kepala Sekolah MTs, beliau juga membantu KH. Zainal Abidin mengajar di Madrasah Salafiyyah dan Ma’had Aly.

KH. Masyhuri juga merupakan salah satu keluarga yang mengikuti perkembangan Pondok Pesantren Al-Munawwir. Bahkan tidak jarang beliau mengutarakan ide-ide terkait kemajuan pondok pesantren. Pada mulanya, Pondok Pesantren Krapyak hanya memfokuskan pada Al-Qur’an (Madrasah Huffadz) dan Salafiyyah (Kajian Kitab).

Semua yang nyantri tidak diperbolehkan untuk nyambi beraktivitas di luar, seperti kuliah. Namun, setelah KH. Masyhuri melanjutkan perjalanan ilmiahnya dengan mengambil jalur pendidikan formal (IAIN Sunan Kalijaga), tidak sedikit teman-teman seperjuangan beliau ketika ­nyantri di Pondok Pesantren Al-Munawwir, mengikut jejaknya.

Dengan berbagai pertimbangan, KH. Masyhuri memberanikan diri untuk matur kepada KH. Zainal Abidin, mengutarakan kegelisahannya, bahwa para alumni yang akan kuliah masih menginginkan nyantri di Krapyak. Namun, KH. Zainal Abidin tetap menolak.

Pada akhirnya, teman-teman KH. Masyhuri yang notabennya merupakan alumni Krapyak meminta ijin untuk tinggal di ndalemnya KH. R. Abdul Qodir. Bermula dari satu orang, dua orang akhirnya ndalem KH. R. Abdul Qodir masyhur menjadi komplek tertua.

Akhirnya, ndalem dikembangkan menjadi gotakan yang diisi oleh beberapa santri, pengembangan kamar tersebut merupakan ide dari seorang santri yang bernama Edi dari Pati Jawa Tengah. Adapun penamaan komplek-komplek muncul setelah KH. Ali Maksum wafat dan MTs & MA diatasnamakan Yayasan Ali Maksum. Meskipun begitu, KH. Masyhuri tetap mengajar di sana.

Komplek-komplek tersebut di antaranya:

  1. Gedung Komplek A
  2. Gedung Komplek B
  3. Gedung Komplek C
  4. Gedung Komplek D
  5. Gedung Komplek E
  6. Gedung Komplek F
  7. Gedung Komplek H
  8. Gedung Komplek I
  9. Gedung Komplek J
  10. Gedung Komplek L
  11. Gedung Komplek M
  12. Saat ini, komplek I & J digabung menjadi satu.

Pada dasarnya KH. Masyhuri lebih mumpuni dalam beberapa bidang, yaitu Bahasa Arab, Balaghah, dan Nahwu. Namun, pengetahuan beliau yang lain juga dianggap cukup dan mampu untuk dibagikan pada umat. Keseharian beliau disibukkan dengan mengisi pengajian di kampung-kampung saat hari biasa, selapanan maupun saat Ramadhan.

Sebagai santri sekaligus pengajar senior, beliau tidak berlebihan dalam menyikapi keadaan. Perangainya yang pendiam, sabar, namun juga terkenal tegas di hadapan santri-santri. Beliau ada teladan bagi para santri.

Selain itu, sejarah mencatat bahwa KH. Masyhuri juga aktif di organisasi Nahdlatul Ulama. Ketika Rais Syuriah PWNU DIY dijabat oleh KH. Asyhari Marzuqi, beliau diamanahi untuk menjadi Katib Syuriah-nya.

 

Sumber: Diolah dan dikembangkan dari website resmi www.almunawwir.com

___________

Editor: Abd. Hakim Abidin

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya