Amalan di Malam Nishfu Sya’ban untuk Keamanan dan Keselamatan Diri

 
Amalan di Malam Nishfu Sya’ban untuk Keamanan dan Keselamatan Diri
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam menyambut Malam Nishfu Sya'ban yang istimewa, seyogyanya umat Islam mengisinya dengan berbagai amal kebaikan, doa, membaca Al-Qur'an, dzikir, dll. 

Malam Nishfu Sya'ban adalah malam yang dipenuhi dengan berbagai keutamaan, salah satunya adalah bahwa di malam ini Allah SWT akan mengabulkan segala doa umat Islam. Hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam Hadis berikut:

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَتَهَا، وَصُومُوا يَوْمَهَا، فَإِنَّ اللهَ تَعَالَى يَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مِنْ سَائِلٍ فَأُعْطِيَهُ، أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

"Apabila (tiba) malam pertengahan pada bulan Sya’ban, maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman, ‘Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku? maka Aku akan mengampuninya. Adakah orang yang meminta rezeki? maka Aku akan memberinya rezeki. Adakah orang yang meminta pada-Ku? maka akan Aku beri. Adakah yang begini, dan adakah yang begitu, hingga terbit fajar.’" (HR. Baihaqi)

Dalam Kitab Kanzun Najah was Surur dijelaskan, bahwa salah satu amalan di Malam Nishfu Sya'ban agar mendapatkan anugerah Allah SWT berupa keamanan dan keselamatan diri adalah dengan membaca kalimat doa Nabi Yunus sebanyak 2375 kali.

Berikut teks kalimatnya:

 لَااِلَهَ اِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ

"Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang berbuat zalim."

Demikianlah keterangan yang ada di dalam kitab tersebut, sebagaimana redaksi yang disampaikan oleh Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali bin Abdul Qadir Quds Al-Makki As-Syafi’i berikut ini:

ذَكَرَ بَعْضُ الصَّالِحِيْنَ اَنَّ مَنْ قَرَأَ لَااِلَهَ اِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ ٢٣٧٥ مَرَّةً لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ بِعَدَدِ حُرُوْفِهَا بِحِسَاب الْجُمَلِ وَهُوَ عَدَدُ (٢٣٧٥) خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ وَثَلَثُمِائَةٍ وَاَلْفَانِ فَاِنَّ تَلَاوَةَ هَذِهِ الْاَيَةِ فِى هَذَهِ اللَّيْلَةِ بِالْعَدَدِ الْمَذْكُوْرِ تَكُوْنُ اَمَانًا فِى ذَلِكَ الْعَامِ مِنَ الْبَلَايَا وَالْاَوْهَامِ

"Sebagian kaum sholeh menyatakan bahwa barang siapa yang membaca  لَااِلَهَ اِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ sebanyak 2375 kali di Malam Nishfu Sya'ban, sebagaimana jumlah hurufnya yang sebanyak bilangan tersebut (2375), maka akan mendapatkan (anugerah dari Allah) berupa keamanan dan selamat dari berbagai mara bahaya yang kegelisahan hidup.

Beliau kemudian melanjutkan pernyataannya mengenai faedah doa tersebut sebagaimana berikut:

قُلْتُ: كَيْفَ لَا تَكُوْنُ أَمَانًا وَقَدْ رَوَى اِبْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمَا، عَنْهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ أَنَّهُ قَالَ: لَقَدْ كَانَ دُعَاءُ أَخِيْ يُوْنُسَ عَجِيْبًا، أَوَّلُهُ تَهْلِيْلٌ وَأَوْسَطُهُ تَسْبِيْحٌ وَآخِرُهُ إِقْرَارٌ بِالذَّنْبِ: لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ، مَا دَعَا بِهِ مَهْمُوْمٌ وَلَا مَغْمُوْمٌ وَلَا مَكْرُوْبٌ وَلَا مَدْيُوْنٌ فِيْ يَوْمٍ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ إِلَّا اُسْتُجِيْبَ لَهُ

"Aku katakan; bagaimana mungkin doa tersebut tidak berfaedah untuk keamanan (keselematan), padahal ada keterangan yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, bahwa Nabi Muhammad pernah mengatakan terkait bacaan tersebut; 'Sungguh sangat mengagumkan doa saudaraku Nabi Yunus, awalnya adalah berupa tahlil, kemudian di tengahnya berupa tasbih dan diakhiri dengan pengakuan diri atas dosa, yaitu kalimat berikut ini: لَااِلَهَ اِلَّا اَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ, maka setiap orang yang sedang gelisah, khawatir, dirundung kesedihan dan mempunyai tanggungan, kemudian membaca doa dengan kalimat tersebut sebanyak tiga kali setiap hari, maka doanya akan dikabulkan oleh Allah."

Jadi, demikianlah bacaan doa ampuh yang bisa dibaca ketika Malam Nishfu Sya'ban, agar mendapat anugerah Allah SWT berupa keamanan diri dan selamat dari berbagai mara bahaya dan kegelisahan hidup. Wallahu 'Alam. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 08 April 2020. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim