Biografi KH. Abdullah Ubab MZ

 
Biografi KH. Abdullah Ubab MZ
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Abdullah Ubab MZ

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Mengasuh Pesantren
  4. Teladan
  5. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Abdullah Ubab MZ lahir pada 10 Agustus 1954 di Sarang, Rembang. Beliau merupakan putra pertama dari tiga bersaudara, dari pasangan KH. Maimoen Zubair dengan istri pertamanya ibu Nyai Hj. Fahimah binti KH. Baidhowi Lasem.

Pendidikan

KH. Abdullah Ubab MZ memulai pendidikannya dengan belajar di madrasah Darul Ulum, Jombang. Di Jombang, beliau belajar selama 3 tahun, di mulai dari 1971 sampai 1973. Setelah mengenyam pendidikan di Jombang, beliau memperdalam ilmunya dengan belajar di Pondok Pesantren Lirboyo pada tahun 1974-1977.

Setelah selesai dari Pondok Pesantren Lirboyo beliau melanjutkan pendidikannya dengan belajar ke tanah Haram. Di sana beliau belajar di bawah asuhan Sayyid Muhammad bin Alawi al Malikiy.

Setelah beberapa tahun beliau belajar di Tanah Suci Arab, beliau akhirnya pulang ke tanah air. Di kampung halamannya, beliau mengembangkan ilmu yang sudah beliau dapatkan dengan mengajar ushulul fiqh dan ilmu agama lainnya. Salah satu kitab yang beliau ajarkan adalah kitab Ghayatul Wushul.

Mengasuh Pesantren

KH. Abdullah Ubab MZ bersama para masyayikh ikut mengembangkan pesantren Sarang khususnya Pondok Pesantren Al Anwar. Di luar pesantren beliau pun gigih memperjuangkan Islam lewat medan politik. Terbukti dari tahun 1990 sampai sekarang beliau masih menjabat sebagai pengurus DPC PPP Kabupaten Rembang.

Teladan

Teladan yang dapat ditiru dari KH. Abdullah Ubab MZ adalah dengan pergaulan yang supel, baik dengan kawan maupun lawan, punya solidaritas tinggi dan tawadu.

Sumber: https://ppalanwar.com/

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Abdullah Ubab MZ dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 06 Oktober 2021, dan terakhir diedit tanggal 02 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya