Ikhtiar Batin Penting dalam Memerangi Covid-19, Ini Amalan dari Gus Mus

 
Ikhtiar Batin Penting dalam Memerangi Covid-19, Ini Amalan dari Gus Mus

LADUNI.ID, Jakarta - Di tengah meluasnya wabah virus corona atau Covid-19, KH Ahmad Mustofa Bisri selalu datang dengan membawa pesan penting. Kali ini, ulama besar Nahdlatul Ulama yang biasa disapa Gus Mus itu menilai bahwa segala ikhtiar dhahir atau fisik sudah dilakukan oleh semua kalangan dan diperlukan ikhtiar lebih untuk memerangi Covid-19.

Menurut Gus Mus, selain ikhtiar fisik yang sudah gencar dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, diperlukan ikhtiar bathin. Gus Mus pun mengingatkan warga untuk tetap melakukan ikhtiar batin dengan beribadah, memohon kepada Tuhan supaya terhindar dari virus corona. Gus Mus menyampaikan hal ini melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @s.kakung.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga kita semua dilindungi oleh Allah, selamat, sehat wal afiat lahir dan batin. Waba'du; menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip 'kepanikan umum'), Tapi, sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus,” tulis pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Senin (16/3) lalu.

Sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman suara.com pada Selasa (24/3) kemarin, Gus Mus kemudian menyampaikan amalan-amalan khusus untuk berdoa agar terhindar dari virus corona, kepada mereka yang beragama Islam, Gus Mus menyampaikan amalan-amalan khusus untuk berdoa agar terhindar dari virus corona.

Amalan dari Gus Mus meliputi:

  • 1. Menyempurnakan wudhu,
  • 2. Membaca 'BismiLlãhi lã yadhurru ma'asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii'ul 'Aliim, setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah,
  • 3. Wirid asma Allah (Ya Salaam, Ya Hafiizh dan ya Maani'u yaa Dhaarru) 20 kali sehabis salat,
  • 4. Membaca salawat Nabi Muhammad SAW setiap luang
  • 5. Berdoa 'Allahumma innã nas'aluKa al-'afwa wal-'ãfiata wal mu'ãfata ad-dãimata fiddiini waddunyã wal ãkhirah.