Biografi Gurutta Abdurrahman Ambo Dalle

 
Biografi Gurutta Abdurrahman Ambo Dalle

Daftar Isi Profil Gurutta Abdurrahman Ambo Dalle

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Mendirikan Pesantren
  5. Mengajar di Masyarakat
  6. Pejuang Ahlusunnah Wal Jamaah
  7. Menjadi Asisten AGH. Muhammad As’ad
  8. Hijrah Ke Parepare
  9. Perjuangan
  10. Kiprah di Politik
  11. Teladan
  12. Karya-Karya

Kelahiran

Gurutta Ambo Dalle lahir pada tahun 1900 M, di Desa Ujung Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, sekitar 7 km sebelah utara Sengkang. Beliau merupakan putra dari pasangan Ngati Daeng Patobo dengan Andi Candara Dewi.

Kedua orang tua beliau memberi nama Ambo Dalle yang berarti bapak yang memiliki banyak rezeki. Diharapkan anak itu kelak hidup dengan limpahan rezeki yang cukup. Adapun nama Abdurrahman diberikan oleh seorang ulama bernama KH. Muhammad Ishak, pada saat usia beliau 7 tahun dan sudah dapat menghapal al-Qur’an.

Wafat

Gurutta KH. Abdurrahman Ambo Dalle berpulang dalan usia senja mendekati satu abad. Namun, tahun-tahun menjelang beliau dipanggil Tuhan, tetap dilalui dengan segala kesibukan dan perjalanan-perjalanan yang cukup menyita waktu dan tanpa hirau akan kondisi beliau yang mulai uzur. Misalnya, dalam usia sekitar 80 tahun beliau masih aktif sebagai anggota MPR dan MUI pusat. Dalam rentanya dan kaki yang sudah tidak mampu menopang tubuhnya, beliau masih sempat berkunjung ke Mekkah untuk melakukan Umrah dan memenuhi undangan Raja Serawak (Malaysia Timur), meskipun mesti digendong.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya