Biografi Habib Ali Al-Jufri

 
Biografi Habib Ali Al-Jufri

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Nasab

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Aktif di Berbagai Kegiatan
3,2  Kisah dengan KH. Anwar Manshur

4.    Karir-Karir
5.    Prestasi
6.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Habib Ali Al-Jufri lahir di Kota Jeddah di Kerajaan Arab Saudi sebelum fajar pada hari Jumat 20 Safar 1391 H atau bertepatan pada tanggal 16 April 1971. Beliau merupakan putra dari pasangan Habib Abdul Rahman dengan Habibah Marumah binti Hassan bin Alawi putra Hassan dari Alawi bin Ali Al-Jufri.

1.2 Nasab
Ali Zain Al-Abidin bin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad bin Alawi bin Abu Al-Jufri bin Bakr bin Muhammad Ali bin Muhammad bin Ahmed bin Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Murbat Sahab Ali Khali `Qassam bin Alawi bin Muhammad bin Alawi bin Ubaidillah bin Ahmed Al-Muhajir bin Isa Muhammad Al-Naqib bin Ali Al-Uraidhi bin Ja'far Al-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Al-Abidin Zain bin Hussein bin Sayyidina Ali bin Abu Thalib dengan Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah SAW.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Di masa kecilnya, Habib Ali mulai menimba ilmu kepada bibi dari sang ibu, seseorang yang alimah dan arifah billah, Hababah Shafiyyah binti Alwi bin Hasan al Jifri. Wanita yang shalihah ini sangat berpengaruh besar dalam mengarahkannya ke jalan ilmu dan perjalanan menuju Allah SWT. Lalu Habib Ali al Jufri menimba ilmu kepada para tokoh-tokoh yang besar. Seperti Habib Abdul Qadir bin Ahmad As Segaf adalah salah satu guru utama beliau.

Kepadanyalah ia membaca dan mendengarkan suatu pembacaan kitab Shahih Al Bukhari dan Shahih Muslim, Tajrid Al Bukhari, Ihya Ulumuddin, dan kitab-kitab lainnya  yang sangat penting. Cukup lama beliau belajar kepadanya, sejak usia 10 tahun hingga berusia 21 tahun. Dia mulai mengambil pengetahuan dari masa kecilnya dari guru pertamanya, ibunya bibi sarjana dan berpengetahuan putri Safiah Allah anak Alawi dari Hassan al-Jifri, ia memiliki pengaruh besar pada dirinya dan arah ia dalam pengejaran pengetahuan dan spiritualitas.

Sebagai kelanjutan dari metodologi otentik menerima Pengetahuan Suci, dan pengembaraan di jalan spiritual, melalui rantai yang tak terputus master, semua jalan kembali ke Rasulullah saw, semoga Allah merahmati dia & keluarganya dan memberi mereka kedamaian, sebuah metodologi pelestarian dan pemeliharaan yang, lembah Hadramaut dan kota Tarim terkenal.

Karya ini dilanjutkan di Milieu intelektual Hijaz yang menjadi titik pertemuan bagi para Cendekiawan dari Sekolah Hadramaut ketika mereka diasingkan dari Selatan Yaman selama Peraturan Komunis, ia menerima pendidikan di Ilmu Suci dan Ilmu Spiritual di tangan Ulama dan Pendidik Spiritual, di antaranya:

  1. The Scholar dan Spiritual Pendidik Habib Abdul Qadir Bin Ahmad al-Saqqaf di Jeddah. Dengan siapa ia mempelajari Kompilasi Hadis Authentic Bukhari dan Muslim, serta Kebangkitan Ilmu Agama Imam Ghazali dan teks-teks penting lainnya. Dia terus belajar langsung di bawah gurunya dari usia 10 sampai ia berusia 21 tahun.
  2. The Scholar dan Spiritual Pendidik Habib Ahmad Bin Mashhur Taha Al-Haddad penulis buku terkenal. Di antara buku-buku yang belajar di bawah master ini adalah: 'The Klarifikasi Pengetahuan Rahasia dikenal oleh orang Dibawa Dekat dengan Hadirat Ilahi.
  3. The Scholar dan Nabi Muhammad Bin Alawi al-Maliki al-Hasani, Master Hadis Dua Tempat Kudus Kudus. Di bawah siapa ia belajar Hadis Terminologi, Prinsip-Prinsip Hukum dan Biografi Nabi.
  4. The Scholar dan Pendidik Al-Habib Attas al-Habshi.
  5. The Scholar Habib Abu Bakar al-Mashhur al-Adani, penulis sejumlah karya.
  6. The Scholar Syekh Muhammad Ba-Sheikh.

Kemudian, beliau masuk di Fakultas Studi Islam di Sana'a Yaman dari 1412 AH/1991 AD, sampai 1414 AH/1993 AD. Selama ini ia diberi kesempatan untuk belajar langsung di bawah Habib Muhammad Bin Abdullah al-Hadaar yang berada di hari-hari terakhirnya, jadi ia pergi ke Pusat Habib Pembelajaran di Kota Baeda di Yaman. Ia selama tahap ini bahwa ia mulai bergerak dari studi teoritis untuk karya menelepon untuk Allah, karena ia mendapatkan banyak manfaat dari metodologi Habib Muhammad Al-akhir Hadaar tentang hidup pengetahuannya, dan membuatnya berdampak realitasnya.

Selama fase bahwa hubungan antara dia dan Scholar yang sangat bagus di Pendidik Habib Umar Bin Muhammad Bin Salem Bin Hafiz, (yang salah satu orang terkemuka di Habib Muhammad Pusat Al-Hadaar tentang Learning) diperkuat Ia kemudian pergi ke Kota Sheher untuk bisa bersamanya. Beliau menetap di Tarim dalam Persahabatan dari Habib Umar Bin Muhammad Bin Hafiz 1993-2003.

2.2 Guru-Guru
Sudah tidak heran lagi jika Habib Ali Al-Jufri mempunyai segudang guru yang sangat mulia yang membantunya untuk mempelajari ilmu agama, beberapa guru yang sangat mulia adalah:

  1. Habib Abdul Qadir bin Ahmad As Saqqaf (Jeddah),
  2. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki (Makkah),
  3. Habib Attas Al Habsyi,
  4. Habib Ahmad Masyhur bin Thaha Al Haddad,
  5. Habib Umar bin Hafidz (Hadramaut),
  6. Habib Abu Bakar Al-Adani bin Ali Al-Masyhur,
  7. Habib Muhammad bin Abdullah Al-Haddad,
  8. Syaikh Umar bin Hussein Al-Khatib,
  9. Syaikh Ismail bin Shaadiq Al Adawi di Al Azhar Asy Syarif dan di Al Jami’ Al Hussaini, Mesir.
  10. Syaikh Sayyid Mutawalli Asy Syarawi,
  11. Syaikh Muhammad Zakiyuddin Ibrahim.

Beliau juga Habib Ali Al Jufri mengambil ijazah dari 300-an orang syaikh dalam berbagai cabang ilmu.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
Habib Ali Al-Jufri sudah lama mengemban tanggung jawab dalam menjalankan dakwahnya. Ia berdakwah kesegala penjuru negara dan hampir  berkeliling dunia sejak dari tahun 90-an. Habib Ali al Jufri berdakwah untuk menyampaikan risalah-risalah Islam yang sedang beliau embankan.

Watak dan perawakannya yang sangat menyejukkan diri kita membuatnya diterima di semua lapisan masyarakat bahkan sampai ke negara-negara barat sekalipun itu. Habib Ali al Jufri merupakan contoh ulama yang berdakwah dengan kelembutan dan memandang orang lain dengan kasih sayang dan rahmat sehingga kehadiran beliau diterima oleh sebagian masyarakat.

Tidak ada cacian atau pun hujatan sekalipun yang keluar dari perkataannya. Hanya nasehat dan risalah agamalah yang selalu ia sebarkan. Semuanya selalu disebarkan dengan kasih sayang sehingga sudah tak terhitung berapa orang yang masuk muslim ditangannya Habib Ali al Jufri.

Habib Ali al Jufri adalah sebagai contoh cerminan ulama muda yang berdakwah dengan tata cara ajaran Rasulullah Saw. Beliau masuk ke semua kalangan dari kalangan atas hingga ke kalangan yang paling bawah dan sangat diterima dengan sangat baik berkat akhlak mulianya.

Dakwahnya diberbagai negara selalu diterima secara hangat dan kehadirannya banyak dinantikan oleh banyak para jamaah. Berbagai acara di negara-negara barat sangat sukses dan selalu dihadiri banyak ummat Islam di negara-negara tersebut, contohnya saat ada acara di negara Inggris beliau terlibat pelaksanaan acara Maulid Nabi di Stadion Wembley.

Pengaruhnya di negara-negara Internasional pun sangat berpengaruh dan sangat diakui oleh banyak masyarakat. Hampir disetiap seminar para ulama tingkat internasional, beliau Habib Ali al Jufri selalu aktif.

Beliau juga mempelopori berdirinya sebuah organisasi islam yaitu dai sedunia yang fungsinya itu untuk meluruskan  shaf seluruh ulama dalam satu pemikiran yang bulat dan tidak terpecah belah.

Dia telah memberikan kelas untuk pengajaran, bimbingan, nasihat, untuk membangunkan orang untuk tanggung jawab mereka, dan untuk memanggil orang kepada Allah dalam banyak negara, ia mulai pada 1412 AH/1991 AD di kota-kota dan desa-desa di Yaman. Dia memulai perjalanan luar negeri di 1414 AH/1993 AD yang masih terus hari ini, dan yang termasuk negara berikut:

Negara Arab: UAE, Yordania, Bahrain, Arab Saudi, Sudan, Suriah, Oman, Qatar, Kuwait, Lebanon, Libya, Mesir, Maroko, Mauritania, Kepulauan Comoros, dan Djibouti.

  1. Negara Asia: Indonesia, Malaysia, Singapura, India, Bangladesh, dan Sri Lanka.
  2. Negara Afrika: Kenya, dan Tanzania.
  3. Negara Eropa: Inggris, Jerman, Perancis, Belgia, Belanda, Irlandia, Denmark, Bosnia & Herzegovina, dan Turki.
  4. Amerika Serikat: 3 perjalanan yang pertama adalah pada 1419 AH/1998 AD, yang kedua adalah in1422 AH/2001 AD, dan yang ketiga dari yang di 1423 AH/2002 AD, disamping itu ia juga mengunjungi Kanada.

Habib Ali al-Jufri telah menyampaikan sejumlah ceramah yang menjadi perhatian umat manusia pada umumnya di seluruh dunia termasuk:

  1. Kuliah di Santa Clara University.
  2. Kuliah di San Diego University.
  3. Kuliah di University of Miami.
  4. Kuliah di Universitas Southern California USC di LA
  5. Kuliah di S.O.A.S di London.

3.1 Aktif di Berbagai Kegiatan

  1. Konferensi A Common Word di London dan Cambridge 12-15 Oktober 2008.
  2. Konferensi A Common Word di Yale University bersama dengan Princeton dan Universitas Georgetown 24-31 Juli 2008.
  3. Konferensi Pusat Global untuk Pembaruan dan Bimbingan diadakan di Nouakchott, Mauritania Maret 2008.
  4. Konferensi Jalan Tengah di Amman, Yordania tahun 2007.
  5. Konferensi Hakim di Amman, Yordania tahun 2007.
  6. Konferensi Para Cinta Laut, Quran Mati, Yordania tahun 2007.
  7. 11 tahunan Konferensi 'Dialog dan Pemahaman' di Paris, Prancis 1427 AH/2006.
  8. 7 tahunan forum berjudul 'Quran sebuah Ajaran dan Way of Life' di Frankfurt, Jerman 1426 AH/2005.
  9. Konferensi Bimbingan, di Sana, Yaman tahun 2004.
  10. Berpartisipasi dalam 'Simposium Persatuan Islam' di Damaskus 1425 AH/2004.
  11. Berpartisipasi dalam 'Forum untuk penelepon ke Islam' di Beirut 1425 AH/2004.
  12. Berpartisipasi dalam Konferensi tentang "Pedoman Nabi di Abu Dhabi 1425 H / 2004.
  13. Berpartisipasi dalam Konferensi 'Persatuan untuk Sake Damai' di Sri Lanka 1424 AH/2003.
  14. Berpartisipasi dalam 'Forum Budaya Minoritas dari Perspektif Barat dan Islam - Pemahaman dan Praktek' di Paris, Prancis 1424 AH/2003.
  15. Simposium untuk Cendekiawan Muslim di Tarim, Yaman tahun 2002.
  16. Konferensi tentang "Etiket yang Berbeda 'di Sri Lanka 1422 AH/2001.

3.3 Kisah dengan KH. Anwar Manshur
Suatu hari Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri menghadiri Jalsatul Ilm di kediaman Habib Umar Muthohhar di Cepoko, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/12). Selain menyampaikan dakwahnya melalui lisan, ia juga menunjukkan lakunya sebagai dakwah. Menjelang akhir kegiatan tersebut, Habib Ali meminta KH. Anwar Manshur untuk meminum air yang sudah tersaji di meja.

KH. Anwar menerima gelas air minum itu, lalu membuka tutupnya dan menyerahkan kepada Habib Ali. Namun sang Habib menolak dan dengan isyarah tangannya meminta Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo itu meminumnya.

KH. Anwar pun meminum air tersebut. Ketika hendak menutup lagi gelas tersebut, Habib Ali bergegas menjemputnya. KH. Anwar pun menatap wajah habib kelahiran Jeddah, Arab Saudi itu dengan senyum sembari menyerahkannya. Lalu, Habib Ali meminum tiga kali air sisa yang diminum oleh Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur itu.

Belum sampai di meja ketika Habib Ali hendak meletakkan gelas tersebut, Kiai Anwar segera menyambut gelas tersebut yang masih menyisakan air di dalamnya. Ia pun kembali meminum air sisanya. 

Setelah diminum Kiai Anwar, gelas tersebut masih menyisakan beberapa mili air di dalamnya. Habib Soleh Al-Jufri tak mau kehilangan berkah tersebut dan langsung menyambutnya. Ia mengambil air dari gelas lainnya dan menyatukannya sehingga kembali banyak. Tentu saja ia meminumnya. Habib Soleh lalu meneruskan gelas tersebut kepada KH. Najih Maimoen Zubair.

4. Karir-Karir

  1. 1426 AH/2005 - sekarang: Direktur Jenderal Tabah Foundation.
  2. 1424 AH/2003 - sekarang: Anggota Dewan Direktur Dar Al-Mustapha Studi Islam di Tarim.
  3. 1428 H/2007 - sekarang: Member aktif dari Yayasan Aal al-Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam di Amman, Yordania.
  4. 1428 H/2007 - sekarang: Sekretaris Jenderal kepada Dewan Pengawas untuk Awards Mahabbah Al.
  5. 1424 H/2003 - sekarang: Anggota Dewan Pengawas Academy Eropa untuk Budaya Islam dan Sains di Brussels, Belgia.
  6. 1418 AH/1997 - Sekarang: Dosen (program musim panas) di Dar Al-Mustapha Studi Islam di Tarim.

5. Prestasi

  1. Mendirikan Yayasan Tabah - sebuah organisasi yang mengampuni adalah "pembaruan wacana Islam kontemporer agar sesuai dengan kebutuhan umat manusia" melalui tiga divisi: Penelitian, Proyek, dan Media.Memproduksi Paket Media untuk kuliah unik berjudul 'Agar Agama Tidak Menjadi Game' yang ditangani dengan beberapa krisis dan kesengsaraan dunia kontemporer yang merupakan akibat langsung dari orang memanfaatkan agama untuk ambisi mereka sendiri terbatas, kuliah itu baik analisis dan klarifikasi.
  2. Berkontribusi pada perumusan Surat Terbuka kepada Paus Benediktus XVI setelah kuliah serangannya mengenai Islam dan Nabi Tuhan memberkatimu dia & Beri dia Perdamaian, ia juga salah satu dari 38 ulama yang penandatangan surat yang mulia dan intelektual dalam Surat cara dalam konteks dialog yang konstruktif.
  3. Kontribusi dalam mengelola proyek sejarah tentang "A Common Word" sebuah dokumen yang ditandatangani oleh 138 Cendekiawan Muslim, ulama yang mewakili berbagai sekte dan aliran pemikiran serta negara. Dokumen ini dikirim ke Pemimpin Kristen di seluruh dunia, dan menerima reaksi yang sangat besar dan positif dari sisi Kristen.
  4. Berkontribusi pada perumusan 'Deklarasi oleh Pemimpin Agama Muslim yang dikeluarkan oleh 42 ulama dan Otoritas Islam dari siapa ia anggota dan yang dalam menjawab Kartun ofensif oleh koran Denmark.
  5. Mendirikan Perusahaan Bimbingan Media dan Majalah di Inggris.
  6. Mendirikan Dewan Pengawas untuk 'Akademi Eropa untuk Budaya Islam dan Ilmu Pengetahuan' di Brussels, Belgia.
  7. Mendirikan Pusat Noor untuk Pelestarian Dokumentasi / Renovasi, dan Mengedit Naskah 'di Tarim, Yaman.
  8. Pengawasan berdirinya Sekolah dan Pusat Pembelajaran dalam dan di luar Yaman untuk penyebaran metodologi otentik untuk penyebaran pelatihan pengetahuan, pendidikan dan spiritual.

6. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:

  1. Wix
  2. NU Online

Artikel Ini sebelumnya diedit pada tanggal 16 April 2023 dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 16 April 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya