Biografi KH. A. Rifa’i Romly

 
Biografi KH. A. Rifa’i Romly
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.2  Pendirikan
2.1  Guru-guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Kiprah di Pesantren
3.2  Kiprah di Politik

4.    Teladan
5.    Chat Silsilah Sanad

1. Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1 Lahir

KH. A. Rifa’i Romly lahir pada tanggal 22 April 1942 M. di Rejoso, Suwaru, Mojoagung. Beliau merupakan putra pertama dari pasangan KH. Romly Tamim dari Ibu Nyai Chodijah.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. A. Rifa’i Romly menikah dengan Nyai. Hj. Ummu Aiman binti KH. Mahrus Aly Lirboyo kediri. Dari pernikahnya, beliau dikaruniai depalan anak. Putra-putri beliau diantaranya:

  1. Ning Nawang Wulan Jannatul Firdaus
  2. Ning Cholilatussaidah
  3. Gus Syarif Hidayatulloh
  4. Gus Rokhmatul Akbar
  5. Gus Kenedy Muammar Kadafi
  6. Ning Nurlaili Kamali
  7. Ning Yulinah Kasinah
  8. Ning Indira Zulikha

1.3 Wafat
KH. A. Rifa’i Romly wafat pada 12 Desember 1995 M. di di Rejoso Suwaru Mojoagung.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Pada masa kecil, Kyai Rifa’i dididik dan diasuh langsung oleh ayahnya, KH. Romly Tamim. Setelah beranjak dewasa, Kyai Rifai melanjutkan pendidikannya di Madrasah Ibtida’iyah dan Muallimin (setingkat SLTP) di Darul ‘Ulum, kemudian mondok di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Setelah cukup menempa diri dipendidikan pesantren, pendidikan formalnya dilanjutkan ke Fakultas Ushuluddin UNDAR dan IAIN Sunan Ampel Kediri. Beliau juga pernah di Fakultas Hukum UNDAR Jombang.

2.2 Guru-guru

  1. KH. Romli Tamim,
  2. KH. Mahrus Aly.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Kiprah di Pesantren
KH. A. Rifa’i Romly berkiparah di Darul ‘Ulum mulai tahun 1972 M. sebagai Kepala Sekolah SMP Darul ‘Ulum 1. Kemudian menjadi Ketua Umum Ikatan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum (IKAPPDAR) pada tahun 1976 M. dan Menjadi Mursyid Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah menggantikan almarhum Dr. KH. Musta’in Romly pada tahun 1985 M.

3.2 Kiprah di Politik
Sementara diluar Darul Ulum, Kyai Rifai juga pernah menjadi anggota DPRD Jombang mulai tahun 1972 -1992 M. dan menjadi anggota DPRD Jawa timur mulai tahun 1992 sampai wafatnya.

4. Teladan
KH. A. Rifa’i Romly adalah sosok yang sangat bersahaja, memandang hidup apa adanya sehingga terkesan tanpa beban. Kalau berceramah kerap kali menggunakan bahasa yang elementer dan akrab dengan bahasa harian orang-orang Jawa Timur, karenanya mudah dipahami mulai dari jamaah Tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah maupun santri-santri Darul Ulum.

Dalam memompa semangat murid-muridnya di medan perjuangan, Beliau selalu berkata “Duk tali layangan awak situk ilang-ilangan“ (Duk tali untuk layang-layang, badan satu perlu dikorbankan sampai darah penghabisan dalam perjuangan).

5. Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. A. Rifa’i Romly dapat dilihat DI SINI.

Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 01 September 2022, dan terakhir diedit tanggal 12 Desember 2023.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya