Pesantren Ummul Qurok Assyauqi Boyolali

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD4 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Ummul Qurok Assyauqi Boyolali

PROFIL

Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” adalah salah satu pondok pesantren yang berdomisili di Dukuh Jlegong, Desa Banyuurip Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Pondok Pesantren ini pada awal mulanya hanya satu dan dua santri saja itu pun penempatan santrinya di rumah beliau sendiri dengan ditambah kegiatan dilakukan diruang tamu sebagai tempat pasholatan.

Ketika dirintis pada Hari Sabtu tanggal 15 Januari 2000 M Pondok Pesantren yang dulu bernama ”Tahfizhul Qur’an Al-Mardhotillah”. Dengan adanya kemajuan dan perkembangan zaman dari tahun-ketahun Pendiri Pondok Pesantren ini mulai menampakkan diri baik dilingkungan sekitar maupun diluar daerah.

Kini dengan adanya Keberkahan Allah SWT. Kepada beliau itu sendiri karena sifatnya yang welas asih Pondok Pesantren berkembang dengan pesat kini santrinya sudah mencapai + 100 orang santri baik laki- laki maupun perempuan. Itupun masih di tambah santri non-mukim (warga sekitar).
Pondok Pesantren “Tahfizhul Qur’an Al-Mardhotilah” yang pendanaannya di danai oleh beliau sendiri tanpa campur tangan dari pihak manapun hingga kini walau perjalananya tidak semudah apa yang dibayangkan.

Pada tahun 2006 Pondok Pesantren “Tahfizhul Qur’an Al- Mardhotillah “ itu berganti nama menjadi Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” hingga kini. Hari-kehari, bulan-kebulan, bahkan tahun-ketahun sungguh banyak hal–hal yang menyedihkan, mengharukan, dan memilukan dalam sejarah hidup Pondok Pesantren “UMMUL QUROK” dengan bapak kyai itu sendiri. Sebab tak jarang kadang-kadang masih saja kekurangan beras. Namun, untuk menanggulanginya tak heran bila Bapak Kyai pun mengolah pemikirannya dengan merubah singkong (gaplek) menjadi makanan utamanya. Walaupun dalam keadaan apapun, Bapak Kyai menerima dengan hati penuh keikhlasan dan dirasakan dengan ketulusan hati dan juga penuh dengan rasa kesabaran.

Kecil hati, tidak cemaspun tidak, meski tak jarang mendapat fitnahan dari lingkungan desa maupun dari luar desa, itu semua tidak dirasakan sama sekali, itulah yang dinamakan “Keikhlasan Seorang Kyai”.

Bapak Kyai diBantu oleh Ustadz-Ustadzahnya, sering kali diamati oleh ratusan hingga sampai ribuan masyarakat untuk menyimpan barang mati akan lebih mudah diselenggarakan dengan sebaik-baiknya, tetapi dalam menerima amanat itu berupa manusia (yang berjiwa) yang diharapkan oleh masing-masing wali santri tidak semudah itu.

Dari pengalaman masa lalu Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” banyak dahulunya santri diantara orang tuanya adalah santri yang tidak terkendali (setres) maupun kenakalan remaja dikehidupan dunia luar.

Dan tak jarang dari segi kehidupan orang tua santri yang tak mampu dalam arti kata perekonomiannya rata-rata dibawah garis kemiskinan (tak mampu).

 

Pengasuh

  1. KH. Mukri Effendi

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. MI
  2. MTs Ummul Qurok
  3. SMA Sauqi Nusantara

Pendidikan Non Formal

  1. Madrasah Diniyah Awaliyah, Wustho dan Ula
  2. Tahfidzul Qur'an
  3. Sorogan Kitab

EKSTRAKURIKULER

  1. Kitab Kuning
  2. Bahtsu Masa'il
  3. Pidato
  4. Seni Kaligrafi
  5. Seni Hadroh
  6. Seni Tilawah Qur'an
  7. Khitobiyah
  8. Pembacan Maulid & Sholawat Majelis Sholawat Kubro
  9. Jam'iyyah Santri
  10. Pramuka
  11. Sepakbola
  12. Basket
  13. Volly Ball 
  14. Badminton.
  15. Paskibra
  16. PMR



 


FASILITAS

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor
  15. Kantin
  16. Ruang Praktekum Ketrampilan: Menjahit, Bengkel, Komputer, 
     


 




ALAMAT

Dusun Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego, Jawa Tengah

Kode Pos: 57385

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.