Kecanduan Nonton Anime, Apa yang Harus Dilakukan?

 
Kecanduan Nonton Anime, Apa yang Harus Dilakukan?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya seneng banget nonton anime. Tiap kali pulang sekolah, saya cepet-cepet pulang biar bisa segera nonton anime, walaupun anime itu pernah saya tonton sebelumnya. Saya jarang bergaul dengan teman dan selalu menghabiskan waktu untuk mencari-cari anime yang terbaru. Saya sadar menghabiskan banyak waktu.

Saya sangat ingin menghentikan kebiasaan saya menonton anime, apalagi saat ini saya sudah kelas 2 SMA. Saya cemas nilai saya jelek atau tidak lulus ujian nasional nantinya. Apa yang harus saya lakukan, agar saya bisa menghentikan kebiasaan menonton anime. Terima kasih atas sarannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Fajri di Tangerang

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Halo Fajri, bagi sebagian orang anime adalah hiburan yang sangat menarik, mulai dari jalan ceritanya yang sering bikin baper sehingga membuat penasaran untuk melanjutkan episode berikutnya.

Selain itu karakter-karakter dan gambar tokohnya penuh dengan visualisasi yang memanjakan mata. Tidak heran, banyak yang akhirnya kecanduan untuk menonton anime. Kalau sudah kecanduan nih, biasanya penikmat anime akan lebih senang menyendiri dan jarang bersosialisasi karena lebih menyukai menonton anime.

Hal ini memberi dampak buruk antara lain membuang waktu, malas keluar rumah, tugas keteteran, susah tidur, mengantuk saat aktivitas (karena semalaman begadang nonton anime), nilai akademik menurun, kaku saat berinteraksi dengan orang  lain, lalai beribadah dan bahkan bisa mengalami gangguan psikologis.  Namun, di balik dampak negatif tersebut sebenarnya ada beberapa dampak positif menonton anime misalnya mudah belajar bahasa Jepang dan budayanya, banyak quotes-quotes yang memotivasi dan menghibur.

Mungkin awalnya Fajri menonton anime hanya untuk menghibur diri, namun menjadi kecanduan dan tidak bisa menentukan batasan-batasan untuk menonton. Melepaskan diri dari kecanduan anime bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan sesuatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Nhah, mbak Nur akan membantu memberikan tips-tips untuk bisa terlepas dari kecanduan anime, simak yuk.

1. Bangun niat
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun niat di dalam diri untuk menghentikan menonton anime. Buatlah dirimu sadar bahwa anime bukanlah kebutuhanmu. Lihatlah ke belakang dan introspeksilah berapa lama waktu yang terbuang untuk menonton anime, apakah akan seperti ini terus mengurung diri dalam kamar, tidak memiliki teman, nilai-nilai akademik turun, dan lain-lain. Buktikan kamu bisa menjadi seorang tokoh yang hebat dalam ceritamu sendiri dengan meraih cita-citamu.

2. Kurangi frekuensi dan lama waktu menonton anime
Apabila kamu kesulitan untuk langsung menghentikan kebiasaan menonton anime, maka tentukan batasan dalam menonton anime. Kamu bisa mulai mengurangi menonton anime dengan cara membatasi hanya satu jam sehari menonton anime atau seminggu sekali. Bisa juga kamu  anggap anime sebagai sesuatu yang spesial dan menggunakan anime untuk menghadiahi diri sendiri, misalnya melihat satu judul anime jika nilai ulangan bagus.

3. Temukan kegiatan menarik di luar rumah dan bermanfaat
Ada banyak hal di luar rumah yang sangat menarik, coba temukan hobi yang bisa mengalihkanmu dari kebiasaan menonton anime. Berolah raga dan mengikuti les mapel bisa memberimu banyak manfaat, antara lain membuatmu bersosialisasi dengan teman-temanmu, memperbaiki nilai – nilai akademik. Aktivitas-aktivitas di luar rumah tersebut tentunya membuat fisikmu capek, sehingga ketika di rumah kamu akan memilih untuk beristirahat daripada menonton anime.

4. Jauhkan benda-benda yang berhubungan dengan anime
Penggemar anime biasanya juga menyukai komik, manga, stiker, action figure, dan barang lainnya yang berhubungan dengan anime. Jauhkan benda-benda tersebut dan hentikan untuk membeli barang-barang tersebut. Jauhi situs-situs web penggemar anime dan hapuslah dari bookmark.

5. Tingkatkan ibadah
Allah telah berfirman dalam surat Al – Ashr yang artinya “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.” [al-‘Ashr/103:1-3].

Jadi gunakanlah waktu kita sebaik-baiknya. Meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengisi waktu luang kita. Selain mendapatkan pahala, kita juga tidak akan merugi dengan membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna (menonton anime).

Nah tips-tips di atas dapat kamu lakukan untuk melepaskan diri dari kecanduan anime. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bulatkan tekad untuk berhenti nonton anime, selanjutnya ikuti tips-tipsnya. Semoga dapat membantu ya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun