Safari Ziarah dan Bertawassul di Makam Habib Ja'far Bin Syaikhon Asseggaf Pasuruan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Safari Ziarah dan Bertawassul di Makam Habib Ja'far Bin Syaikhon Asseggaf Pasuruan

Sekilas Biografi

Habib Ja’far bin Syaikhon as-Seggaf merupakan  seorang ulama besar dan waliyullah di kota Pasuruan yang bertarekat Alawiyah, seperti diketahui, tarekat ini dinamakan alawy selain disandarkan pada pendirinya, Imam Alawi al-Muhajir, adalah tarekat yang dikaitkan dengan kaum Alawiyyin atau lebih dikenal sebagai sadat yang berasal dari keturunan Nabi Muhammad SAW.  

Nama lengkap beliau Habib Ja’far bin Syaikhan bin Ali bin Hasyim bin Syeikh bin Muhammad bin Hasyim Assegaf. Lahir di kota Ghurfah, Hadramaut pada tahun 1298 H. Sejak kecil hinga remaja beliau berguru kepada para ulama ulama masyhur di Hadromaut. Sebagaimana kebanyakan dari para ulama ulama salafus soleh di Hadromaut pada waktu itu yang hijrah dan berdakwah keberbagai pelosok.

Habib ja’far pun mengikuti pendahulunya untuk hijrah dan berdakwah keluar dari Hadromaut, Yaman. Dan beliau menetap pertama kali di kota Surabaya hingga akhirnya beliau menetap di Pasuruan serta mendirikan Majlis ta’lim dan Dzikir yang hingga sekarang masih di teruskan oleh salah seorang cucu beliau bernama Habib Taufiq bin Abdul qodir Assegaf.

Sepanjang hidupnya Habib Jafar bin Syaikhon Assegaf menghabiskan untuk berdakwah dan beribadah maka tak heran beliau sangat dicintai masyarakat kkhususnya Pasuruan yang mendapat berkah tersendiri oleh kehadiran Habib Ja’far assegaf,.

Hari senin Tanggal 07 Februari 1955 atau 14 Jumadil akhir 1374 Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf kembali ke Rahmatulloh dalam usia yang ke 76 tahun dan di makamkan di masjid jami’ Al anwar Pasuruan dan setiap tahun di bulan Jumadil akhir diadakan haul beliau yang dihadri oleh ribuan Muhibbin dari pelosok daerah.

 
Makam Habib Ja'far Bin Syaikhon Asseggaf
 
Makam Habib Ja'far Bin Syaikhon Asseggaf berada di masjid Al Anwar Pasuruan, Jawa Timur