Wisata Ziarah dan Berdo'a di Makam KH. Abdus Syukur Banjarmasin

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Berdo'a di Makam KH. Abdus Syukur Banjarmasin

Sekilas Sejarah

KH Abdussyukur dilahirkan pada malam Jum'at tanggal 11 Sya'ban 1346 H bertepatan dengan 8 Agustus 1928 M, di desa Melayu Tengah Martapura. Karena kealiman, sifat zuhud beliau biasa dipanggil "ayah" oleh warga dan masyarakat pada umumnya. Beliau hidupnya sangat sederhana semasa hidupnya dan menghabiskan waktu mengajar di Ponpes Darussalam dan guru-guru di Darussalam belajar dengan beliau di kediaman di Jalan Komplek Darussalam.

KH. Abdussyukur mulai tahun 1950 mengajar di Pondok Pesantren Darussalam, dan ditunjuk oleh KH. Salim Ma’ruf (sewaktu sakit) untuk menjabat sementara bersama KH. Muhdar sebagai Wakil. Beliau dipercaya untuk menjadi Ketua MUI Kabupaten Banjar sampai tahun 2007, selain itu Beliau juga menjabat sebagai Ketua Nazir Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Mustasyar/sesepuh Nahdlatul Ulama Cabang Kabupaten Banjar, dan menjadi Pimpinan Umum PP. Darussalam dan Ketua Yayasan PP. Darussalam Martapura sejak tahun 1992 s/d 2007.


Beliau banyak mengaji dan menimba ilmu agama kepada guru beliau yang sangat beliau cintai, yaitu KH. Sya’rani Arif dan mendapat Futuh dari beliau yakni terbukanya hijab robbani sehingga dapat mengetahui/menguasai segala cabang ilmu agama yang beliau pelajari dengan seketika.

KH. Abdussyukur wafat pada hari Sabtu tanggal 5 Robi’ul Awwal 1428 H bertepatan pada tanggal 24 Maret 2007 M. Pada jam 12.20 Wita dan dimakamkan di samping guru beliau KH. Sya’rani Arif di kubah Kampung Melayu Tengah Martapura.

 

Lokasi Makam

KH. Abdus Syukur Banjarmasin dimakamkan di samping guru beliau KH. Sya'rani Arif di kubah Kampung Melayu Tengah Martapura.