Ziarah di Makam Ki Ageng Purwoto Sidiq (Ki Ageng Banyubiru), Guru Joko Tingkir

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Ki Ageng Purwoto Sidiq (Ki Ageng Banyubiru), Guru Joko Tingkir

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Ki Ageng Purwoto Sidiq beliau adalah guru spiritual dari Jaka Tingkir, pendiri kerajaan Islam Pajang yang menggantikan Dinasti Kerajaan Demak. Selain berguru kepada Ki Ageng Purwoto Sidiq, Jaka Tingkir juga berguru dengan Sunan Kalijaga, syech Siti Jenar (Syech Ali Hasan atau Syech Lemah Abang). Dalam Kehidupan Spiritual beliau sering mengembara dan berpindah-pindah dari daerah satu ke daerah lain. maka tak heran bila dalam pengembaraan tersebut, Ki Ageng Purwoto Sidiq banyak meninggalkan petilasan-petilasan yang sekarang disebut sadranan atau punden.

Raden Fatah adalah pendiri dan raja Demak pertama dan memerintah tahun 1500-1518.

- iOS: https://sin.do/u/ios

Profil
Kyai Ageng Banyu Biru lahir sekitar tahun 1472 an dan terlahir dengan Nama Raden Kebo Kanigoro. Beliau adalah Cucu dari Prabu Brawijaya V dari permaisuri Putri Champa ( Vietnam Tengah) yang mempunyai putri dan diberi nama Ratu Pembayun. Dan ayah beliau adalah Prabu Handayaningrat atau Sayyid Muhammad Kabungsuan atau Kyai Ageng Sepuh, raja dari Pengging Pajang. Beliau juga dikenal dengan nama Kyai Ageng Purwoto Sidik.

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. Prabu Handayaningrat
  2. Prabu Brawijaya V Bhre Kertabhumi
  3. Sunan Ampel
  4. Sunan Bonang
  5. Sunan Kalijaga
  6. Syekh Siti Jenar

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi  Kyai Ageng Banyu Biru (Kyai Ageng Purwoto Sidik)

Lokasi Makam
Kyai Ageng Kyai Ageng Banyu Biru di perkirakan wafat sekitar tahun akhir tahun 1600 an Masehi dan dimakamkan di Kawasan Desa Jatingarang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Ki Ageng Purwoto Sidiq banyak dikunjungi para peziarah. Tidak hanya datang dari wilayah Sukoharjo saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek pemakaman Makam Ki Ageng Purwoto Sidiq, Sukoharjo.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa, dan bertawassul di makam Ki Ageng Purwoto Sidiq, maka segala hajat pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Ki Ageng Purwoto Sidiq bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang barokah, Diberi kemudahan dalam mencari ilmu.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Sukoharjo di antaranya:
Serbat Jahe, Roti Ganep, Roti Widoro Kepuh, Abon Mesran, Srabi, Klengkam,Kripik Belut, Kripik Balung Kethek, Jenang Krasikan.