Wisata dan Ziarah di Makam Syeikh Tholabuddin Batang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata dan Ziarah di Makam Syeikh Tholabuddin Batang
Lingkup Sejarah
 
Syeikh Tholabuddin yang bernama asli  Kanjeng Kyai Syeikh Sayyid Abdullah bin Sayyid Husein bin  Yahya Ba'alawiy, beliau adalah keturunan ke- 8 dari Sunan Giri dan bila  dirunut silsilahnya maka akan sampai pada Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Syeikh Tholabuddin yang mengasuh dua pesantren di daerah Padurungan Pemalang dan Warungasem, Batang Pekalongan, pada tanggal 24 Januari 1575 pernah mengambil  sumpah jabatan Benowo sebagai Bupati Pemalang  yang pertama.
 
Ketika Sultan Agung menyerang Belanda ke Batavia  yang dipimpin oleh tiga penglima perangnya yang bernama : Tumenggung Suro Agul-agul, Tumenggung Alap-alap dan Tumenggung Bahurekso pada tahun 1628 – 1629, melewati wilayah Warungasem, pada saat itu pula utusan Kerajaan Mataram yang dipimpin Syeikh Iibrahim Sami'an dan beberapa Senapatinya membantu usaha Sultan Agung itu.
 
Sementara  Syeh Tholabuddin bertugas mengumpulkan bahan pangan / logistik di wilayah Warungasem, bersama Syeikh Kyai Agung Singo Negoro di Pegandon Kendal dan Kyai Agung Gringsing di wilayah Gringsing.
 
Pada  tahun 1751 – 1752 Syeh Tholabuddin bersama dua sahabatnya Syeikh Hasan Dipuro DAN Syeikh Hasan Muradi membantu laskar Mataram yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I ) berjuang melawan VOC ( Belanda ) di wilayah Batang. Syeikh Tholabuddin wafat pada tanggal 20 Sya’ban 1212 yang bertepatan pada tahun 1795 M, dan dimakamkan di Desa Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.
 
 
Lokasi Wisata Ziarah


Makam Syeh Tholabuddin berada di Desa Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.