Pesantren Sabilul Hadi Kab. Jepara

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Sabilul Hadi Kab. Jepara

Profil

Pondok Pesantren Sabilul Hadi, Surodadi, Kedung, Jepara, didirikan oleh  K.H. Yusuf Bin Ahmad  pada tahun 1870 M. Waktu itu, warga setempat belum banyak yang memahami syariat agama Islam. Salah satunya ditandai dengan masih banyaknya masyarakat yang belum bisa mengerjakan sholat dan baca tulis Al-Qur’an.
 
Untuk itu, surau dibangun KH. Yusuf bin Ahmad agar bisa menampung minat belajar dan ngaji masyarakat sekitar. Setiap siang, malam dan sore tidak kurang dari 20 orang yang datang untuk menuntut ilmu di surau itu kepada Kyai Yusuf.
 
Saking ramainya minat ngaji, surau (pondok) tersebut tidak hanya didatangi oleh masyarakat Surodadi saja. Banyak masyarakat dari luar daerah berdatangan dan tinggal di pondok tersebut, sehingga setiap tahun mampu meluluskan lebih dari 15 santri. Merekalah yang dipersiapkan untuk membina masyarakat ketika pulang kampung.
 
Generasi kedua setelah KH.Yusuf Bin Ahmad wafat pada tahun 1892 M adalah KH. Makhfud Bin Yusuf, putra Kyai Yusuf, yang mengampu pesantren hingga 1928 M. Pengasuhan pesantren dilanjutkan kemudian oleh KH. Asro mulai hingga tahun 1976 M.
 
Kyai Asro terkenal berdedikasi tinggi dengan landasan keimanan yang kuat. Pada kepemimpinan generasi ketiga inilah Pondok Pesantren Sabilul Hadi santrinya berkembang hingga mencapai ratusan orang.
 
Banyak santri dari luar daerah yang ngangsu kaweruh ke KH. Asro untuk belajar Ilmu Hikmah dan Tasawuf, selain tentunya belajar sholat, hukum, baca Al-Qur’an dan Ilmu Alat. Sehingga nama pesantren terdaftar dalam buku Nama dan Data Potensi Pesantren seluruh Indonesia pada nomor: 512332001021.
 
Kyai Asro yang punya semangat mengembangkan pesantren dipanggil ke rahmatullah  tanggal 2 November 1976 M/13 Dzul Hijjah 1396 H, tepatnya hari  Rabu. Setelah 48 tahun mengabdi, kepemimpinan Kyai Asro dilanjutkan oleh generasi ke-4, yakni KH. Jasichun.
Pada masa Kyai Jasichun ini, Sabilul Hadi membangun pondok putri. Asramanya intensif dibangun pada tahun 1999, bertepatan dengan haul Kyai Asro ke-25. Pesantren putri ini diasuh Kyai Abdullah yang dibantu oleh Ibu Nyai Hj. Hibatun Wafiroh sampai sekarang. Pada masa inilah, kegiatan-kegiatan yang sebelumnya tidak ada, diselenggarakan. Misalnya muwadda’ah, haul para perintis pondok dengan agenda acara dialog interaktif, lomba dan pengajian.
 
Selain itu pesantren intensif meningkatkan kegiatan ngaji sorogan beberapa kitab kuning masyhur di pesantren. Antara lain Safinatun Najah, Sulamut Taufiq, Tijan Darori, Bina’ul Izzy dan lainnya.
 
Pesantren kian banyak diminati masyarakat. Atas rahmat Allah, pada tahun 2003, Sabilul Hadi mendirikan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dipimpin oleh Usth. Syahiyatus Shofa, A.Ma. Pada tahun ini pula, pesantren berhak mengeluarkan ijazah setara SMP karena sudah mengantongi ijin operasional wajib belajar sembilan tahun.
 
Setelah 3 tahun diakui setara SMP, KH KH. Jasichun wafat. Tepatnya 3 Desember 2006 M/ 12 Dzul Qo’dah 1427 H, Ahad pagi jam 03.00 WIB. Masa khidmah beliau 30 tahun ikut mengembangkan pesantren. Allah yarham.
 
Sepeninggal KH. Jasichun, roda pesantren putra diteruskan Kyai Samich Asro, putra dari KH. Asro yang dibantu Ust. Alamul Yaqin, putra ketiga KH. Jasichun, sampai sekarang. Kini, Sabilul Hadi sudah memiliki Madrasah Diniyah (Madin).
 

       Pengasuh

  1. K.H. Yusuf Bin Ahmad 
  2. KH. Makhfud Bin Yusuf
  3. KH. Asro
  4. KH. Jasichun
  5. Kyai Samich Asro

Pendidikan

                 Pendidikan Formal

  1. Persamaan SMP

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Life Skill
  8. Marchingband
  9.  Komputer
  10. Pramuka
  11. Seni Hadroh
  12. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  13. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Pertanian
13. Perkebunan
14. Peternakan
 

Alamat

Surodadi Rt.06/02, Kedung, Kabupaten Jepara

Telpon: 081326 285432

Kode Pos : 59463

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.