Pesantren Roudlotul Muta'abbidin Kab. Lamongan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium4
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Roudlotul Muta'abbidin Kab. Lamongan

Profil

Pondok pesantren Roudlotul Muta’abbidin berdiri pada era 50an setelah kemerdekaan Indonesia,yang didirikin oleh KH. Basyir Anwar, beliau adalah seorang kiai pendatang alias bukan asli pribumi Payaman, kala itu masyarakat payaman yang mayoritas orang awam membutuhkan sosok seorang kiai yang bisa mengayomi masyarakat, bisa di jadikan panutan masyarakat, kiai Basyir bukanlah seorang diri berjuang di Payaman.

Beliau di Payaman mempunyai sahabat seperjuangan yaitu KH. Abdurrohman Musthofa Kranji yang masih ada hubungan keluarga dengan beliau, dengan adanya dualisme kIai di Payaman ini, beliau berdua sepakat membagi lahan perjuangan,yakni kIai Abdurrohman dalam pendidikan formalnya sedangkan kyai bBsyir berjuang di bidang keagamaan atau non formal, kiai Abdurrohman menetap di Tlogo dan beliau mendirikan sebuah pondok pesantren yang terkenal dengan sebutan pondok Tlogo yang sekarang bernama pondok pesantren Darul Ma’arif, sedangkan kyai Basyir mendirikan surau yang dalam bahasa jawa di sebut langgar, yang popular bernama langgar kidul,disinilah cikal pondok pesantren Roudlotul Muta’abbidin bermula.

Dari analisa makna, Roudlotul Muta’abbidin menurut gramatika arab terdiri dari kata ar-Roudloh mempunyai arti taman, dan al-Muta’abbidin yang berarti orang-orang beribadah, maka ketika di gabungkan menjadi Roudlotul Muta’abbidin mempunyai maksud tempat orang-orang beribadah dan menghambakan diri kepada Allah, nama ini di cetuskan oleh al maghfurlah KH. Mujib basyir beliau termasuk salah satu putra al-maghfurlah KH. Basyir Anwar menetap di Solokuro sekaligus pengasuh PP. Miftahul Ulum Solokuro.

Dalam perjalananya Muta’abbidin sudah mengalami masa empat priodesasi yaitu priode pertama yang diasuh langsung oleh al-maghfurlah KH. Basyir Anwar (1950-1971), dalam priode pertama ini KH. Basyir Anwar telah berhasil mendirikan pondok pesantren yang ketika itu masih bernama pondok kidul atau langgar kidul, disebut langgar atau pondok kidul karena letaknya di desa Payaman bagian selatan.

Periode kedua di teruskan oleh putra KH. Basyir Anwar yang kelima yaitu al-maghfurlah KH. Habib Basyir (1971-1998), dalam priode ini langgar kidul sudah berganti menjadi pondok pesantren Roudlotul Muta’abbidin, di bawah asuhan KH. Habib Basyir PP. Roudlotul Muta’abbidin mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat, dengan didirikannya YAYASAN PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUTA’ABBIDIN, tidak hanya itu, kemajuannya juga di tandai dengan berdirinya pendidikan formal yaitu MA (madrasah aliyah) unit pendidikan formal pertama kali di Muta’abbidin, kemudian di ikuti oleh unit-unit pendidikan yang lain baik formal maupun non formal.

Periode ketiga diasuh oleh al-maghfurlah K. Anwar Basyir (1998-2001), yang tak lain juga putra KH. Basyir Anwar, namun perjuangan beliau di pondok pesantren Roudlotul Buta’abbidin tidak berlangsung lama hanya empat tahun, beliau sudah di panggil kehadirot Alloh dalam sebuah kecelakaan, dengan singkatnya masa pengabdian beliau di Muta’abbidin bukan berarti beliau tidak menghasilkan karya apa-apa, akan tetapi cita-cita beliau dalam memajukan pondok bisa di bilang fenomenal, karena hanya dalam masa sesingkat itu beliau sudah mampu meneruskan perjuangan pendahulunya, dengan di bangunkannya gedung pondok pesantren putri dan gedung MI roudlotul muta’abbidin.
Periode keempat adalah priode sekarang yang dalam asuhan KH. Bastho Basyir juga putra KH. Basyir Anwar, dalam periode inilah yang sampai saat ini berjalan
Pendiri
KH. Basyir Anwar
Pengasuh
1. KH. Basyir Anwar
2. KH. Moh. Basthoh Basyir

Pendidikan

Pendidikan Formal
1. SMP Dr Mustain Romly
2. SMA Dr Mustain Romly
3. MI Roudlotul Muta'abbidin
4. MTS Roudlotul Muta'abbidin
5. MA Roudlotul Muta'abbidin
6. PAUD
7. TK MNU

Pendidikan Non Formal:
1. Pondok pesantren
2. Pengajian Takhasus Al Qur'an dan Kitab Kuning
3. TPQ An-Nadliyah
4. Madrasah Diniyah (Ula, Wustho, dan Ulya)
5. LPQ An-Nashr
6. Kursus Bahasa Inggris (CEC)
7. Kursus Ketrampilan (Life Skill)

Ekstrakurikuler

Pesantren Roudlotul Muta’abbidin memiliki ekstrakurikuler sebagai berikut:
    1. Tahfidzul Qur’an
    2. Seni Qoriah
    3. Kajian Kitab kuning
    4. Kaligrafi
    5. Tahlil
    6. Imamah
    7. Khitobah
    8. Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
    9. Life Skill
    10. Marchingband
    11. Komputer
    12. Desain Grafis
    13. Pramuka
    14. Paskibra
    15. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
    16. Seni Hadroh
    17. Kursus B. Arab dan B. Inggris
    18. Olahraga: Sepakbola, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, dan Memanah
    19. Kursus Ketrampilan (Life Skill)


Hadrah di pesantren Roudlotul Muta’abbidin


Pencak Silat di pesantren Roudlotul Muta’abbidin

Fasilitas

Pesantren Roudlotul Muta’abbidin memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Santri dan Sisiwa representatif
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Ruang Multimedia
6. Laboratorium (IPA, Bahasa, Komputer, dan Matematika)
7. Sarana Olahraga
8. Asrama Pondok
9. Balai Pengobatan
10. Radio Ar-Roudloh FM 105.3
11. Aula


Gedung Sekolah di pesantren Roudlotul Muta’abbidin


Gedung Sekolah di pesantren Roudlotul Muta’abbidin

Alamat

Jln. Ponpes Roudlotul Muta’abbidin No. 102 Payaman Solokuro Lamongan, Jawa Timur
Telpon      : 0322- 663643, 0856-4514-6014, 0856-4615-1365, 0856-4874-7420
Kode Pos : 62265

KUNJUNGI JUGA



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.