Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan

Profil
Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama khususnya agama Islam yang berpengaruh mewakili sub culture yang tersendiri dalam masyarakat. Tradisi pesantren di Indonesia baru mendapat perhatian para ahli yang mempelajari islam di Indonesia sejak pertengahan abad ke 19 (1857) sejak 141 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1866 pondok pesantren Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan Jawa Timur berdiri, Kikil adalah sebuah tempat terletak kurang lebih 11 km disebelah utara dari kota pacitan 0,5 km dari kecamatan Arjosari.

Yang menempati area seluas 10.614.76 m. Berdirinya pondok pesantren Al-Fattah Kikil tidak terlepas dari sosok KH. Ali mortadlo. Beberapa kemajuan baik dibidang pendidikan maupun pembangunan sarana fisik terus mengalami peningkatan dan bahkan mampu menyiapkan generasi yang tidak hanya cakap dalam bidang agama namun mampu pula berperan ditengah-tengah masyarakat.

Kemudian untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dasar 9 (Sembilan) tahun serta untuk menjadikan madrasah yang terjangkau. Madrasah Tsanawiyah membuka kelas jauh (filial). Pada tahun 1990 dibuka didesa karang gede kecamatan Arjosari, selanjutnya tahun 2000 dibuka didesa Sempu kecamatan Nawangan serta yang paling muda dibuka didesa Temon dengan semangat kejujuran, keikhlasan, dan perjuangan menjadi modal utama KH. Moch. Burhanuddin HB (sosok kebangkitan) dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil .

Dari semangat ini keinginan untuk mendirikan perguruan tinggi di Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil, Alhamdulillah. Sejak awal anime masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya ke Pondok Pesantren Al-Fattah sangatlah besar, bahkan cenderung meningkat dari tahun ketahun. Mereka bukan saja datang dari penjuru tanah air Indonesia tercinta ini.  Maka dengan jumlah peminat yang begitu besar, pesantren perlu melakukan seleksi masuk pada setiap penerimaan calon santri santrinya.

Dan sekarang pesantren telah mengeuarkan lebih dari 1000 alumni yang melanjutkan pendidikannya diperguruan tinggi negri dan swasta, dalam dan luar negri, bahkan tidak sedikit dari mereka telah mengabdikan dirinya dimasyarakat Didorong oleh besarnya harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap para muwajjihin-muwajjihat yang berkafa’ah memadai.

Diantaranya disampaikan oleh para wali santri agar Pondok Pesantren Al-Fattah menyelenggarakan sekolah tinggi untuk kelanjutan pembinaan dan pendidikan putra putri mereka yagn telah tamat Madrasah Aliyah dan SMK, dan besarnya jumlah alumni yang rata-ratanya mencapai 160 santri pertahun serta sadar akan potensinya berupa sdm maupun sarana dan prasarana yang dimilikinya.

Maka dengan bertawakal kepada Allah SWT., mulai tahun akademik 2011 ini, yayasan pondok pesantren Al-Fattah Kikil menyelengarakan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Fattah (STAIFA) sekaligus membuka pendaftaran mahasiswa baru yang diawali dengan program studi Ekonomi Syariah jurusan Syariah dan program studi pendidikan guru Roudlotul Athfal jurusan Tarbiyah.

Pengasuh:
1. KH. Ali Murtadlo (1866-1906)
2. KH. Hasbullah (1906-1932)
3. KH Bakri Hasbullah (1932-1976)
4. KH. Moch. Burhanuddin HB (1976-sekarang)
5. KH. Hamam Fatullah HB

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. Madrasah Tsanawiyah Pembangunan(MTs-P)
2. madrasah aliyah pembangunan(MAP)
3. SMK
4. Sekolah Tinggi Agama Islam AL-Fattah (STAIFA)

Pendidikan Non Formal
1. Madin
2. Tahfidul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Pecinta Alam (PA)
  5. Olahraga (Bola Voli, Bola Basket, Karate, Tenis Meja, Tenis Lapangan)
  6. Kerohanian / IRMA (Ikatan Remaja Mesjid Al-Forqon), dan
  7. Koperasi Sekolah (Kopsis)
  8. Marching Band
  9. Karya Ilmiyah Remaja (KIR)

 


Mutholaah kitab di pesantren Al-Fattah Kikil


Pramuka di pesantren Al-Fattah Kikil


Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gedung Balai Pengobatan
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan Serbaguna
13. Gudang


Gedung pesantren di pesantren Al-Fattah Kikil


Gedung pesantren di pesantren Al-Fattah Kikil

Alamat
Jl. Nawangan, Km. 01, Arjosari, Krajan, Arjosari, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan
Kode Pos: 63581

Telepon: (0357) 631008
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi: https://www.alfattahkikil.net

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.