Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apakah Kepribadian Bisa Berubah?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apakah Kepribadian Bisa Berubah?

Assalamu’alaikum Mbak Nur.
Mbak Nur,  mau tanya donk. Waktu masih SMP, saya orangnya pendiam, pemalu, jarang bergaul dengan teman-teman. Sekarang ini saya sudah kuliah. Saya senang bergabung hang out bareng teman, berinteraksi dan becanda dengan banyak orang. Apakah kepribadian saya telah berubah ?  Mohon penjelasannya.
Terima kasih atas penjelasan yang diberikan.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Asyana di Bandung

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Asyana, banyak yang bertanya pada mbak Nur, apakah kepribadian seseorang itu bisa berubah ? Dulu ketemu si A anaknya ceria, banyak teman, pinter bergaul eh sekarang si A kok pendiam, tidak pernah main, lebih suka sendirian. Ada juga kasus lain yang mirip seperti itu.

Sebelumnya mbak Nur akan menjelaskan pengertian dari kepribadian. Pengertian kepribadian dari beberapa ahli berbeda-beda namun memiliki makna yang sama. Mbak Nur berikan pengertian kepribadian yang paling mudah diterima orang umum ya. Kepribadian adalah keseluruhan cara individu bereaksi terhadap satu situasi dan bereaksi dengan individu lain.

Ada banyak hal yang membentuk kepribadian. Pada dasarnya setelah mencapai masa dewasa atau minimal remaja, kepribadian telah tertanam kuat pada diri seseorang. Sangat sulit mengubah kepribadian seseorang yang telah bertahun-tahun melekat dan bertahan.

Setelah kepribadian terbentuk di usia remaja atau dewasa, bisakah berubah ? Jawabannya bisa Ya dan Tidak. Fase hidup yang dialami seseorang bisa mengubah kepribadian seseorang tersebut. Pengalaman yang membahagiakan, menyakitkan, menyedihkan, traumatis, atau bersifat religius bisa mengubah seseorang. Namun, berubah atau tidaknya kepribadian seseorang itu tergantung dari seberapa kuat suatu pengalaman tertanam dalam diri seseorang dan juga seberapa kuat niat seseorang untuk berubah.

Terkadang orang terjebak dengan istilah introvert dan ekstrovert. Seringkali orang beranggapan bahwa orang introvert itu tidak bisa bergaul atau tidak punya banyak teman. Introvert adalah seseorang yang orientasinya subyektif. Seorang introvert memiliki energi yang kuat dari dalam dirinya, sehingga menyukai kegiatan yang dilakukan sendirian. Pengertian extrovert kebalikan dari introvert. Seorang yang ekstrovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif. Energi orang yang ekstrovert akan muncul berlipat ganda jika dia berinteraksi dengan banyak orang.

Jadi, jangan terburu-buru jika menyimpulkan misalnya anak B bersifat pemalu adalah orang yang introvert. Seorang yang pemalu, biasanya segan berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan orang introvert senang melakukan kegiatan sosial mereka sendiri, namun tidak segan berhubungan dengan orang lain. Walaupun tidak dipungkiri orang introvert ada yang pemalu.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaanmu ya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun