Rayakan Sebuah Pernikahan, Ekstremis Yahudi Kunjungi Masjid Al-Aqsa

 
Rayakan Sebuah Pernikahan, Ekstremis Yahudi Kunjungi Masjid Al-Aqsa

LADUNI.ID, Jakarta - Rabbi Yehuda Glick, yang merupakan anggota parlemen Israel dan pemimpin kelompok ekstrem Yahudi, diketahui memasuki masjid Al-Aqsa bersama sejumlah pemukim Yahudi ekstrem, dalam rangka merayakan pernikahannya.

Situs berita Palestine News Network memublikasikan bahwa, saksi mata yang mengatakan bahwa pada Senin lalu (28/1) Glick terlihat mendokumentasikan acara “pengudusan pernikahannya menurut ritual Talmud” dengan ponselnya. Tunangannya kemudian memasuki masjid.

Sekitar tahun 2014, pernah mengalami upaya pembunuhan di Yerusalem, setelah menyampaikan pidato yang memprovokasi agar kaum Yahudi dibolehkan berdoa di Temple Mount (yang oleh umat Muslim disebut ‘Haram Asy-Syarif’), sebuah kawasan di dalam kompleks Masjid Al Aqsa. Glick kemudian menjadi anggota parlemen untuk partai Likud, partai sayap kanan yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Bukan hanya mendesak agar Haram Al Syarif dibebaskan untuk kaum Yahudi,  Glick juga mendukung gerakan perluasan pembangunan permukiman Yahudi di atas wilayah Palestina dan mengintegrasikan wilayah-wilayah permukiman illegal itu ke dalam wilayah negara Israel.

Berdasarkan penilaian dari penjaga masjid Al-Aqsa bahwa kedatangan Glick merupakan pendahuluan bagi serangan terhadap masjid suci ini. Beberapa hari setelah kejadian itu, gerombolan pemukim Yahudi melakukan aksi-aksi provokasi di kompleks Al Aqsa.