Pesantren Raudhatul Mujawwidin Jambi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Raudhatul Mujawwidin Jambi

PROFIL

Pesantren Raudhatul Mujawwidin merupakan lembaga pendidikan islam berasrama yang berlokasi di Jalan Meranti Timur, Desa Tirta Kencana, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Pesantren Raudhatul Mujawwidin  dirintis oleh KH. M. Burhan Jamil dengan membentuk Yayasan Pendidikan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) Raudhatul Mujawwidin.

Pondok pesantren Raudhatul Mujawwidin adalah pondok pesantren yang paling disiplin terbanyak santrinya di Kabupaten Tebo. Di tahun 2018 lalu jumlah santrinya sudah mencapai 1.500.dan lembaga pendidika formal mencakup RA PLUS, MI, MTs, M3 (MADRASAH MUALLIMIN MUALLIMAT), MA, MAK (KEAGAMAAN), SMK.

Sedangkan pendidikan non formal diselenggarakan dalam bentuk pengajian kitab-kitab kuning yang mu‟tabaroh dan sistem pendidikan full day dengan pembiasaan dan keteladanan akhlak. Di dalamnya juga terdapat pendidikan Tahfidzul Quran yang mengajarkan dan membimbing para santri untuk
bisa menghafal Al Quran dengan baik dan lancar bahkan santri-santri tahfidz ini ada yang mulai menghafal Al Quran sejak usia dini yaitu usia sekolah dasar (SD), selain itu pondok pesantren Raudhatul Mujawwidin juga turut serta memberantas buta huruf Al Quran dengan membimbing para guru Al Quran di masing-masing daerah untuk tidak berhenti belajar dan mendorong mereka untuk mendirikan dan melestarikan lembaga pendidikan Al Quran dalam hal ini TPQ dengan menggunakan metode Qiroati.

Pondok pesantren Raudhatul Mujawwidin sudah memiliki 5 lokasi pondok pesantren yang berbeda. Pada tahun 2022 santri sudah mencapai 2.000 an.

Sejarah

Rimbo Bujang merupakan salah satu daerah program transmigrasi paling suskses di Indonesia sejak tahun 1977 M. Hal tersebut terlihat jelas dari etos kerja masyarakatnya sangat tinggi. Sehingga perkembangan masyarakat Rimbo Bujang tersebut terjadi sangat pesat, termasuk semangat pembangunan di bidang pendidikan. Melihat peluang tersebut KH. M. Burhan Jamil, yang datang dari sebuah Desa Penganten-Klambu, Purwodadi Grobogan Jawa Tengah, sekaligus alumni Madrasah Diniyah NU Kudus yang dipimpin oleh KH. Ahmad Sya’roni Achmadi, memiliki i’tiqad baik untuk mengajarkan agama di daerah transmigrasi.

Pada tahun pertama (1995) Kiyai Burhan hanya memiliki dua orang santri yang diasuh di rumah gubug sederhana. Namun ternyata banyak masyarakat  sekitar berminat menitipkan putra-putrinya untuk belajar agama. Hal itu yang kemudian menjadi cikal-bakal lahirnya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada tahun 1996 M yang beliau pimpin. Seiring dengan perjalanan waktu, pada tahun 1998 M dikembangkan menjadi sebuah yayasan, dengan nama Yayasan Pendidikan Ilmu Al-Qur’an (YPIQ) Raudhatul Mujawwidin.

Kemudian pada tahun 2000 M. Kyai Burhan bermaksud mengembangkan kiprahnya di bidang pendidikan yang lebih luas dalam mencerdaskan anak bangsa di daerah.Akhirnya beliau mengelola pendidikan dengan Sistem Pondok Pesantren. Para santri datang berduyun-duyun dari berbagai daerah Kota/Kabupaten di Propinsi Jambi.

Bahkan juga termasuk dari berbagai propinsi lainnya seperti Sumatra Barat, Medan, Sumatra Selatan, Riau, Bengkulu dan bahkan termasuk dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hingga saat ini, jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Raudhatul Mujawwidin sebanyak _+ 2000 orang.

Banyak tokoh bangsa, maupun para alim ulama’ yang telah bersilaturrahim ke Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin untuk memberikan do’a, motivasi maupun dukungan terhadap kelangsungan pendidikan Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin agar nantinya menjadi lembaga pendidikan yang berkembang, maju serta penuh berkah.

Diantara para tokoh tersebut adalah dari kalangan Nahdhatul Ulama (NU) Seperti KH. Abdurrahman Wahid,  Prof Dr. KH. Said Aqil Siraj, MA, KH. Hasyim Muzadi. Juga para ‘alim ulama’ seperti KH, Maimun Zubair, Habib Umar Assegaf Semarang, KH. Imran Jamil, KH. Abdul Mu’thy Nur Hadi (Jam’iyyah Ahlitthariqah al-Mu’tabarah An-Nahdhiyyah), maupun para akademisi seperti Prof. Dr. H. Imam Suprayogo (Rektor UIN Maliki Malang), Prof. Dr. Ibrahim Bafadhal, M.Pd (Direktur Pengembangan Pendidikan TK-SD Kementrian Pendidikan Nasional), Dr. KH. Mukhotob, MA (Rektor UNSIQ Wonosobo, Jawa Tengah) serta para tokoh lainnya.

Selain itu, Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin sebagai Lembaga Koordinat Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’aty untuk wilayah Propinsi Jambi, dan telah melakukan pembinaan, serta mendorong terhadap pendirian Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan saat ini lebih dari 36 lembaga TPQ sekaligus membina terhadap para calon guru pengajar Al-Qur’an di beberapa kabupaten/kota di Wilayah Propinsi Jambi, bahkan Sumatra Selatan dan Sumatra Barat. Animo masyarakat daerah  yang berminat untuk mendidik putra-putrinya di Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin sangat tinggi.
Pendiri
KH. M. Burhan Jamil
Pengasuh
1. KH. M. Burhan Jamil
2. KH. Muhammad Anshor Wijaya Al Hafidz
3. Ny. Hj.Ulil Azmi Dewi Hafsoh

PENDIDIKAN
Unit Pendidikan
1. Raudhatul Athfal (RA)
2. Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ)
3. Madrasah Burhanoiyah Syafiiyah (MBS)
4. Madrasah Ibtidaiyah (MI) 
5. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
6. Madrasah Mualimin Mualimat (M3)
7. Madrasah Aliyah (MA)
8. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
9. Tahfidz Qur'an 30 juz

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Raudhatul Mujawwidin memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Kaligrafi
9. Tari Sufi
10. Keterampilan Wirausaha: Tata Busana, Farmasi, Komputer,
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
13. Pramuka
14. PMR
15. Marching Band
16. Olahraga: Pencak silat Pagar Nusa, Sepakbola/Futsal, Voli, Basket, Tenis meja, Bulitangkis, Senam
17. Kaligrafi
 


Hadrah di pesantren Raudhatul Mujawwidin


Pramuka di pesantren Raudhatul Mujawwidin

FASILITAS

Pesantren Raudhatul Mujawwidin memiliki fasilitas meliputi:
1. Masjid Nurul Burhan
2. Asrama Putra
3. Asrama Putri
4. Aula Pesantren
5. Gedung Madrasah
6. Lap Komputer dan Internet
7. Lapangan Olahraga
8. Kamar Mandi Putra
9. Kamar Mandi Putri


Gedung pesantren di pesantren Raudhatul Mujawwidin


Laboratorium Komputer di pesantren Raudhatul Mujawwidin

ALAMAT

Jl. Meranti, Desa Tirta Kencana, Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Jambi
Kode Pos  :
37253
Telepon     : 0812-3444-4269, 0823-7243-4107,0822-7815-8398, 0822-8465-4468


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id
 

KUNJUNGI JUGA

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.