Amalan Rabu Wekasan Bulan Shofar

 
Amalan Rabu Wekasan Bulan Shofar

LADUNI.ID - Rabu Pungkasan atau Rabu Kasan atau Rabu Wekasan adalah Rabu yang terakhir di bulan Safar sebelum memasuki bulan Maulid atau Mulud atau Rabbiul Awal. Di hari itu pula Rasulullah Muhammad SAW awal dari jatuh sakitnya beliau. Selama 12 hari berturut turut dimulai sakitnya di Hari Rabu terakhir bulan Safar dan di hari Ke-12 hari Senin Maulid Rasulullah Muhammad SAW wafat meninggal dunia.

Di hari itu pula (Rabu Pungkasan) Allah menurunkan ke dunia yang dijelaskan dalam beberapa kitab-kitab sebanyak 360.000 macam bala/ musibah baik kecil atau besar termasuk apes. Berlaku untuk seluruh mahluk di langit dan bumi yang dimulai dari sejak Fajar Shubuh di hari Rabu 29 Safar 1440 H besok pagi.

Maka dari itu para ulama menyarakan untuk buat lah doa bersama dan bersedakah lah, karena sedakah di antaranya kekuatan dan keutamaan sedekah yaitu mampu menolak bala/musibah, seperti yang diriwayatkan dalam hadist.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah". Bersedekalah dalam bentuk apapun tidak harus dengan uang atau sesuatu.

Bisa dengan ber-tasbih, ber-tahmid, ber-tahlil menyingkirkan batu/ duri/ sesuatu yang berbahaya di jalan dan lain-lain, namun lebih afdhal-nya dengan sesuatu atau uang. Dan berdoalah sendirian atau berjama'ah memohon kepada Allah agar dihindarkan dari bala yang Allah turunkan selama seharian penuh di hari Rabu pungkasan besok.

Semoga kita semua, keluarga anda, orang tua anda, anak cucu anda, saudara-saudara Anda, tetangga Anda, dan kaum muslim dan muslimah di belahan bumi manapun terhindar dari bala besar atau kecil dengan wasilah/jalan doa dan sedekah anda semua.

Amalan Rabu Wekasan Bulan Shofar

Rabu Wekasan atau Rabu Pungkasan adalah hari Rabu terakhir bulan Shofar. Sebagian ulama ahli kasyf mengatakan bahwa pada hari itu diturunkan 360.000 macam bala’.

Karenanya kita disunahkan melaksanakan amalan sholat awwabin untuk tolak bala’ (hajat lidaf’il bala’).  Dan pada tahun ini, Rabu wekasan jatuh pada hari Selasa Pon malam Rabu Wage tanggal 29 Shofar 1440 H/ 7 November 2018 M.

Sholat dilaksanakan empat roka’at dua kali salam, dengan niat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ لِدَفْعِ الْبَلَاءِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

atau niat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ لِدَفْعِ الْبَلَاءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

  1. Al Fatihah, kemudian membaca surat Al-Kautsar 17x
  2. Al Fatihah surat Al-Ikhlash 5x
  3. Al Fatihah kemudian surat Al-Falaq 1x
  4. Al Fatihah surat An-Nas 1x

Selesai sholat membaca Do’a ini: 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللّٰهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَآ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ بِرَحْمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللّٰهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيْ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Aamiin Aamiin Aamiin Yaa Rabbal'alamiin...


*) Naskah ini telah terbit sejak tanggal 18 November 2018 dan telah diperbarui kembali dengan perbaikan. Semoga bermanfaat.